Kapan Boleh Naik Motor Setelah Operasi Caesar

  • Bagikan
Kapan Boleh Naik Motor Setelah Operasi Caesar
Kapan Boleh Naik Motor Setelah Operasi Caesar. Sumber Gambar: Google.com

Kapan boleh naik motor setelah operasi caesar yang aman atau tidak membahayakan? Kondisi medis memungkinkan seorang ibu melahirkan melalui operasi caesar. Karena waktu pemulihan yang lebih lama, hal ini sering menjadi tantangan bagi ibu dengan mobilitas tinggi. Pertanyaan yang sering muncul adalah kapan seseorang bisa mengendarai sepeda motor setelah operasi caesar.

Menurut laporan American Pregnancy Association, masa nifas adalah salah satu masa tersulit bagi ibu dan keluarga dan menjadi lebih menantang lagi bagi Anda yang melahirkan melalui operasi caesar.

Kapan boleh naik motor setelah operasi caesar

Setelah operasi, Anda perlu menjahit beberapa jahitan dan butuh beberapa waktu bagi Anda untuk pulih sepenuhnya. Karena itu, tingkat aktivitas sangat perlu dipertahankan tetap rendah. Hindari mengangkat beban berat dan sementara tidak perlu mengerjakan pekerjaan rumah Anda.

Namun tentu saja ada ibu-ibu yang harus beraktivitas seperti biasa karena hanya sedikit orang terdekat yang bisa membantu. Misalnya belanja kelontong sendiri, kendaraan roda dua menjadi pilihan untuk efisiensi waktu.

Pada tahap awal pemulihan, mulailah dengan aktivitas ringan sehari-hari. Association College of Obstetrics and Gynecologist (ACOG) merekomendasikan untuk menghindari keterlibatan langsung dalam aktivitas berat dan mengangkat beban berat.

Tidak mengherankan, ini membutuhkan kontraksi otot, dan ada kekhawatiran bahwa ini dapat memperlambat proses penyembuhan dari operasi caesar. Anda sebaiknya menunggu dengan sabar dan menjalani masa pemulihan.

Pasalnya, Anda akan mengalami kram ringan saat menyusui, pendarahan pascapersalinan selama 4-6 minggu, dan nyeri di area sayatan saat pemulihan.

Jadi, kapan boleh naik motor setelah operasi caesar?

Aktivitas seperti mengemudi dapat dilanjutkan 4-6 minggu setelah operasi karena luka biasanya mulai mengering pada saat ini. Perlu dicatat bahwa ini juga tergantung pada seberapa cepat luka Anda sembuh, karena setiap orang berbeda.

Anda juga dapat menemui dokter kandungan, karena dokter mungkin memiliki pandangan yang berbeda. Misalnya, setelah 3 bulan istirahat, dokter belum menganjurkan aktivitas berat.

Meski mengendarai sepeda motor, tetap beresiko mempengaruhi jahitan dan proses penyembuhan secara keseluruhan.

Seperti disebutkan sebelumnya, aktivitas berat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan pendarahan atau jahitan terbuka di perut. Hal ini membuat luka lebih sulit kering. Juga, hal-hal berikut tidak boleh dilakukan terlebih dahulu.

6 pantangan setelah operasi caesar

  • Bergerak terlalu cepat

Segera setelah Anda pulang dari rumah sakit, beri tahu orang yang mengemudikan mobil agar mereka tidak terlalu kencang. Anda akan mengalami rasa sakit yang tak tertahankan setelah melahirkan. Ada baiknya membawa bantal untuk meremas perut dari rasa sakit.

Juga, hindari bergerak terlalu cepat di rumah. Jangan ragu untuk meminta bantuan suami atau keluarga lain ketika Anda perlu berdiri, duduk, dan beristirahat. Juga, ketahui cara menyusui bayi Anda sehingga Anda dapat menemukan posisi yang nyaman untuk menyusui.

Jadi, kapan boleh naik motor setelah operasi caesar? Jika bergerak terlalu cepat masih berbahaya atau terasa sakit, pastinya belum boleh naik motor.

  • Makan makanan yang mengandung gas

Ini adalah kebutuhan biologis seseorang untuk menekan gas segera, dan ibu postpartum tidak terkecuali. Untuk merasa baik, kurangi makanan yang mengandung gas.

Anda harus menghindari makanan seperti kubis, brokoli, atau jahe karena dapat mengeluarkan gas lebih sering. Makan banyak serat sebagai gantinya untuk menjaga diri Anda dari sembelit. Meremas saat buang air besar juga tidak boleh karena dapat membuka jahitan di perut.

  • Berhenti mengerjakan pekerjaan rumah Anda

Kegiatan yang lebih kecil seperti mencuci piring juga harus berhenti untuk sementara. Delegasikan semuanya kepada anggota keluarga atau pekerja rumah tangga dan istirahatlah sepenuhnya.

Untuk kapan boleh naik motor setelah operasi caesar, sebaiknya Anda menunggu minimal 5 minggu atau saat merasa sakitnya sudah hilang.

  • Mandi terlalu lama

Segera setelah operasi, kemungkinan besar dokter meminta Anda tidak mandi. Oke, operasi caesar tidak sepenuhnya kering. Jika ada izin, jangan mandi terlalu lama agar luka cepat sembuh.

  • Tertawa terlalu keras

Percaya tidak bahwa tertawa, bahkan batuk atau bersin akan menyakitkan jika Anda melakukannya setelah operasi caesar. Jangan lupa makan makanan bergizi untuk menghindari flu yang memicu bersin.

Jika perlu, siapkan juga bantal untuk menekan perut jika Anda perlu tertawa, batuk, atau bersin untuk menghilangkan rasa sakit.

Kesimpulan

Last but not least, jangan pernah menyesal harus melahirkan melalui operasi caesar. Semua ibu di dunia ini adalah pahlawan wanita sejati, terlepas dari bagaimana proses kelahirannya.

Jadi, kapan boleh naik motor setelah operasi caesar adalah minimal 4 sd 6 minggu. Tetapi, sebaiknya Anda mengetahui apakah sakitnya masih terasa atau tidak. Jika masih terasa, jangan sekali – sekali melakukannya. Tunggu hingga badan benar – benar sudah terasa enak.

  • Bagikan