Tips  

Kenapa Jaringan Telkomsel Lemot

Kenapa Jaringan Telkomsel Lemot
Kenapa Jaringan Telkomsel Lemot

Ini dia penyebab kenapa jaringan Telkomsel lemot. Padahal, biasanya kencang. Mengapa jaringan telkomsel lambat? Ini penyebab dan solusinya. Sebagai pengguna internet, tentunya Anda merasa tidak nyaman menggunakan internet jika jaringan kencang. Saat seperti browsing, chatting dan streaming akan lancar. Jika jaringan lemot, maka pengguna kartu AS. simpati dan loop pasti akan bertanya: “Kenapa jaringan internet telkomsel lemot?” Untuk itu selain membahas penyebab jaringan internet telkomsel lemot, pada kesempatan kali ini saya juga akan membahas solusi dan cara agar jaringan telkomsel tidak lemot/lelet.

Kenapa jaringan Telkomsel lemot

Penyebab jaringan Telkomsel lemot

#1.  Kuota internet sudah habis

Banyak teman-teman pengguna internet terkadang tidak menyadari bahwa kuota internetnya habis karena jarang mengecek kuota internetnya. Perlu Anda ketahui bahwa ada berbagai macam kuota internet yang ditawarkan oleh Telkomsel. Ada berbagai jenis kuota yang hanya dapat digunakan dalam kondisi dan waktu tertentu. Untuk lebih jelasnya sobat bisa baca artikel saya sebelumnya mengenai kuota internet Telkomsel.

Tambahan juga, apakah kuota lokal sesuai dengan lokasi Anda. Jika tidak, maka bahkan tidak ada sinyal. Untuk mengetahui, bisa dibaca tentang posting Kuota Lokal Telkomsel. Juga, Anda bisa membaca: kenapa jaringan Telkomsel lemot

#2. Sinyal internet hanya EDGE

Jika Anda hanya menerima sinyal EDGE (E) atau bahkan hanya GPRS (G). bisa dipastikan koneksi internet Anda lambat. Ini karena sinyal Edge tidak mendukung akses internet kecepatan tinggi Telkomsel. Jika Anda ingin mendapatkan kualitas internet yang cepat, setidaknya Anda harus mendapatkan sinyal HSDPA(H) dan 4G.

BACA JUGA:   Tahapan Dalam Pembuatan Produk Kerajinan Dari Bahan Alam Maupun Buatan Adalah

#3.  Lokasi sulit mendapatkan sinyal bagus

Salah satu alasan kenapa jaringan Telkomsel lemot yang paling sering ada, Keberadaan suatu tempat sangat mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima. Semakin lemah sinyal internet yang Anda dapatkan, semakin lemah kualitas jaringannya. Terdapat ruangan yang sempit dan juga dilapisi bahan yang menghalangi sinyal internet masuk dengan baik sehingga menyebabkan koneksi internet lambat.

Begitu juga jika lokasi rumah tertutup pegunungan. Sinyal juga akan jelek.

#4. Aplikasi dan situs web yang terbuka terlalu berat

Jika Anda membuka aplikasi atau website yang berat (membutuhkan waktu lama untuk membukanya), maka secara otomatis koneksi internet Telkomsel akan melambat.

#5. Lalu lintas data internet terlalu padat

Alasan lain kenapa jaringan Telkomsel lemot adalah banyak pengguna. Jika area sobat sudah mendukung sinyal 4G Telkomsel, menurut saya koneksi internet Telkomsel yang lambat akan sulit. Namun, jika Anda menggunakan jaringan 3G atau jaringan yang lebih rendah seperti 2G. Koneksi internet Anda mungkin lambat karena lalu lintas internet yang padat.

#6. Ada masalah teknis dengan internet

Tidak hanya lambat, terkadang tidak ada koneksi internet. Hal yang jarang bisa terjadi di pulau Jawa. Namun saat berada di Papua, hal itu sudah tidak asing lagi. Dalam 3 bulan terakhir, terjadi pemadaman internet sekitar 2 bulan di Merauke (Papua) akibat putusnya kabel optik bawah air. Hal ini menyebabkan koneksi internet tidak berfungsi karena hanya mengandalkan koneksi internet satelit yang sangat lambat saat digunakan oleh banyak pengguna.

BACA JUGA:   Memperbesar Resolusi Gambar Online

Solusi kenapa jaringan Telkomsel lemot

Pastikan kuota internet Anda masih tersedia dan dapat digunakan di wilayah Anda. Untuk mengetahui kuota internet Telkomsel sobat bisa cek melalui aplikasi mytelkomsel dan juga sms format FLASH INFOV2 ke 3636

Pastikan Anda mendapatkan sinyal internet yang mendukung akses internet berkecepatan tinggi. Bagaimanapun, Anda mendapatkan sinyal HSDPA(H) atau yang tercepat saat ini, yaitu 4G.

Jika Anda berada di ruangan atau tempat yang kualitas sinyalnya kurang bagus, Anda bisa berpindah posisi untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Jika sobat membuka aplikasi atau website dan merasa lambat untuk mengakses halaman tersebut, bisa jadi karena aplikasi atau situs tersebut membutuhkan koneksi internet yang besar. Untuk mengetahui apakah kecepatan internet yang Anda gunakan cepat atau lambat, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengetahui kecepatan internet. Teman-teman bisa membaca artikel saya sebelumnya di [Check speed internet Anda dengan cara ini]

Wilayah Anda tidak terjangkau oleh sinyal 4G Telkomsel dan pengguna internet di wilayah Anda banyak. Untuk ini solusi untuk tidak memperlambat koneksi Anda adalah dengan melakukan aktivitas di internet pada saat jumlah pengguna sedikit (seperti tengah malam atau dini hari)

Jika ada masalah teknis yang disebabkan oleh operator, maka kita hanya bisa berdoa semoga jaringan segera normal kembali.

Jika penyebab lemot telkomsel di internet dan solusi yang saya sebutkan diatas tidak sesuai dengan keinginan anda. Anda maunya segera cepat, Anda bisa menghubungi telkomsel di 188 dengan nomor telkomsel anda. Atau bisa juga lewat email cs@telkomsel.co.id, atau di twitter @telkomsel, dan juga di laman www.faceboo.com/telkomsel. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk solusi kenapa jaringan Telkomsel lemot.