Cara Mengecek Saldo Kartu Keluarga Sejahtera

  • Bagikan
Saldo Kartu Keluarga Sejahtera
Saldo Kartu Keluarga Sejahtera

Gampang banget cara mengecek saldo Kartu Keluarga Sejahtera , simak ulasanya. Cara cek kartu KKS (2 cara) lengkap dan mudah. Pemerintah menyikapi kebijakan di semua lapisan masyarakat yang terkena dampak kondisi ekonomi kali ini melalui pengenalan Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp. 500.000 dengan melampirkan Kartu KKS, tetapi Anda harus tahu cara memeriksa Kartu KKS untuk menerima uang.

Tidak dapat disangkal bahwa penggunaan kartu itu cukup lama sejak tahun 2019.

Cara mengecek saldo Kartu Keluarga Sejahtera

Kementerian Sosial (Kemensos) jelas menetapkan beberapa syarat bagi penerima BST karena yang menerima bukanlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang datang lebih dulu untuk menutupi kesulitan ekonomi masyarakat.

Perlu diketahui bahwa bantuan tersebut hanya diberikan satu kali dan penerima BST adalah penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), atau Kartu Sembako. Pada umumnya penerima menerima beras, minyak goreng dan telur senilai Rp 200.000. Bantuan ini diberikan langsung kepada penerima melalui rekening bank masing-masing. Yang harus disertai dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Tidak hanya itu, pemegang kartu berhak menarik uangnya melalui penarikan ATM atau cabang bank nasional yang mendukung program Kementerian Sosial seperti BIS, BNI, BTN dan Mandiri. Anda juga dapat menarik uang tunai melalui e-warung, yang tidak dikenakan biaya tambahan.

Bagaimana cara mengecek saldo Kartu Keluarga Sejahtera

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) pada umumnya masih belum diketahui oleh sebagian besar masyarakat. Terutama mereka yang membutuhkan. Pasalnya, pemerintah daerah belum mendaftarkan seluruh warganya dan program bantuan negara tidak berlaku bagi mereka yang terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Peluang ini masih terbuka lebar bagi Anda yang belum pernah mengikuti kedua program tersebut. Bagaimana cara mendaftar dan memeriksa Kartu KKS? Jawaban yang masih menjadi misteri akan terangkum secara gamblang dan lengkap dalam pembahasan ini.

Jangan sampai terlewatkan untuk meminimalisir risiko kesulitan ekonomi di masa seperti sekarang ini. Oleh karena itu, ikuti dan baca ulasan berikut ini untuk memastikan keluarga Anda berhak atas bantuan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia.

Bagaimana cara cepat dan lengkap memeriksa kartu KKS?

Kartu KKS sudah menjadi kebutuhan utama yang diandalkan masyarakat yang memerlukan di saat – saat seperti sekarang. Dengan KKS Anda bisa mendapatkan dan menerima dukungan keuangan dari pemerintah pusat.

Bagaimana cara mendapatkan kartu KKS? Bagaimana cara mengeceknya dengan cepat dan mudah? Kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui pembahasan yang terangkum lebih jelas sebagai berikut:

1. Melalui website resmi Kementerian Sosial (Kemensos)

Website Kemensos merupakan sarana untuk cara mengecek saldo Kartu Keluarga Sejahtera dengan mudah.

  • Gunakan aplikasi browser web di ponsel cerdas Anda.
  • Kunjungi website resmi Kementerian Sosial (Kemensos) di https://www.cekbansos.siks.kemsos.go.id/.
  • Tunggu beberapa saat hingga Anda dibawa ke halaman utama.
  • Masukkan nomor kartu KKS Anda pada kolom yang sesuai.
  • Jika Anda sudah terdaftar, otomatis nomor Kartu KKS akan muncul.

Selesai.

2. Melalui aplikasi SIKS Dataku

  • Pertama, unduh aplikasi SIKS-Dataku dari Google Play Store (Android).
  • Tekan tombol Instal.
  • Buka dan instal aplikasi seperti biasa.
  • Pilih menu Cek Bansos, tunggu sampai muncul halaman cek bansos.

Anda dapat memilih jenis langganan yang Anda inginkan, meskipun saat ini Anda memilikinya. SIKS-Dataku menambahkan tiga opsi berbeda seperti NIK, Nomor Kepesertaan BPJS Kesehatan, dan Nomor Induk Kesejahteraan Sosial (DTKS).

  • Tentukan jenis partisipasi dan catat informasi yang diperlukan.
  • Silakan gunakan kode captcha sesuai dengan huruf atau angka yang ditampilkan.
  • Tekan tombol Pencairan. Dan tunggu informasi terbaru muncul di layar ponsel.

Jika cara mengecek saldo Kartu Keluarga Sejahtera telah tercatat sebagai penerima bansos sebesar Rp500.000, maka penerima manfaat yang memenuhi syarat dapat mencairkan dananya.

Bagaimana cara mengurus kartu KKS dengan benar?

Perlu Anda ketahui, kartu KKS sebelumnya bernama Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada keluarga penerima manfaat.

Oleh karena itu, pemerintah pusat berinovasi menciptakan KKS untuk meningkatkan kesejahteraan mereka dan membantu mereka dari segi ekonomi. Beberapa langkah untuk mengurus KKS adalah:

  • Mendaftar sebagai calon Anggota Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Pemerintah Daerah (Pemda) terdekat seperti RT atau RW setempat.
  • KKS bisa ditanyakan kepada ketua RT atau RW, Kelurahan di lingkungan perumahan KPM bahkan Humas Kemensos.
  • Jika sudah mendaftar KPM, calon KPM dapat menerima surat pemberitahuan teknis pendaftaran di lokasi yang telah ditentukan.

Data yang disampaikan oleh calon penerima program akan diolah secara paralel dan sinergis oleh bank nasional yang berkompeten. Kementerian Sosial bekerja sama dengan Bank Negara (Himbara). Kantor kelurahan dan kantor Walikota maupun Kabupaten.

Setelah verifikasi data, penerima bansos dapat membuka rekening di bank. Dan kemudian menerima KKS yang berguna sebagai kartu non tunai untuk mendapatkan bantuan sembako.

Apa manfaat KKS

Secara umum, KKS memiliki fungsi menyimpan manfaat bansos yang diperuntukkan bagi penerima manfaat. Selain itu, uang elektronik dan ATM dapat digunakan untuk operasional perbankan seperti pembayaran tagihan, pembelian pulsa atau penarikan dana bansos.

Masyarakat yang ingin memverifikasi status penerima manfaat atau tidak dapat mengakses situs resmi Kementerian Sosial di https://www.cekbansos.siks.kemensos.go.id/. Namun demikian, pemerintah pusat baru sekali membayarkan santunan bansos sebesar Rp500.000 kepada penerima manfaat.

Perlu Anda ketahui, tidak semua orang yang memerlukan bantuan bisa menerima. Hal ini karena semuanya harus didaftarkan. Sudah ada 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar saat ini.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) harus memahami dan dapat mengunduh aplikasi DTKS untuk mengetahui lebih dalam tentang bantuan sosial yang diberikan sesuai dengan tujuan pemerintah.

Selain itu, data masyarakat yang memerlukan bantuan yang diverifikasi dan divalidasi oleh Kementerian Sosial telah disepakati dengan pemerintah daerah untuk proses pemutakhiran. Sehingga calon penerima bantuan sosial dapat menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan sehari-hari sesuai keperluan.

Inilah cara mengecek saldo Kartu Keluarga Sejahtera dengan mudah. Semoga memberikan manfaat.

  • Bagikan