Jenis Kain dan Namanya

  • Bagikan
Jenis Kain dan Namanya
Jenis Kain dan Namanya

Ada banyak jenis kain yang digunakan untuk membuat pakaian. Tentunya setiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Faktanya, karena desain pakaian terus berkembang pesat dengan berbagai jenis kain, ini secara alami menciptakan kebingungan. Inilah yang harus Anda ketahui sebelum membeli pakaian agar Anda mengetahui jenis kain dengan karakteristiknya sehingga nyaman saat Anda menggunakannya. Karena pada umumnya seseorang memilih jenis kain untuk pakaian yang sejuk, dapat menyerap keringat dan tidak mengurangi tampilan sehingga tetap terlihat trendi. Dibawah akan kami jelaskan singkat mengenai jenis jenis kain dan namanya.

Jenis kain dan namanya

Mungkin, jika Anda ingin membeli baju langsung di toko, Anda bisa menanyakan jenis kain apa yang cocok. Namun jika harus membelinya dari toko online, bisa jadi tidak sesuai keinginan jika tidak mengetahui jenis kainnya karena tidak bisa langsung menyimpannya.

Pilihan jenis kain dan namanya

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui jenis kain agar tidak terjadi kesalahan. Berikut beberapa jenis kain yang biasa digunakan untuk pakaian. Yuk simak ulasannya

1. Jenis kain katun

Jenis kain pertama yang terdengar familiar adalah kain katun. Jenis ini sudah banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Kain ini memiliki fitur yang sejuk dan memiliki daya serap keringat yang baik karena terbuat dari serat kapas. Kalau beli baju dari jenis kain ini awet banget lho.

2. Jenis kain spandex

Spandex merupakan jenis kain dan namanya cukup terkenal. Jenis ini sangat nyaman digunakan. Hal ini karena jenis kain ini memiliki elastisitas yang sangat baik, hampir sebanding dengan karet. Selain itu, kain spandex memiliki bahan 100% sintetis yang memang dibuat untuk menggantikan karet.

Biasanya bahan ini digunakan untuk celana olahraga atau legging karena memiliki sifat yang sangat fleksibel. Bahan spandex mengikuti lekuk tubuh sehingga nyaman dan membantu Anda lebih fleksibel dalam bergerak.

3. Kain Poliester

Jenis kain selanjutnya yang digunakan untuk pakaian adalah polyester. Polyester sendiri memiliki sifat kain yang tidak licin seperti spandex dan kainnya tidak dapat menyerap keringat. Jenis kain ini memiliki karakter warna yang mudah pudar. Akibatnya, harga pakaian yang menggunakan poliester biasanya lebih murah.

4. Jenis Kain Linen

Jenis kain dan namanya berikut masih merupakan turunan kain katun. Linen juga merupakan salah satu jenis kain yang paling umum digunakan untuk membuat pakaian. Linen sebenarnya adalah bagian dari keluarga kain katun. Kain ini memiliki keistimewaan berupa serat benang yang tersusun rapi dan terlihat jelas. Linen juga sangat elastis, sehingga tidak mudah melar meski diregangkan. Selain itu, kain linen lembut, sejuk dan mudah menyerap keringat. Biasanya linen sering digunakan untuk membuat jubah.

5. Kain rayon

Jenis kain selanjutnya yang perlu diketahui adalah rayon. Jenis kain ini merupakan bahan sintetis yang terbuat dari kayu dengan kandungan selulosa yang tinggi. Kain rayon juga memiliki sifat menyerap keringat karena bahannya lembut dan kainnya jatuh. Biasanya kain rayon ini digunakan untuk membuat rok yang sangat nyaman dipakai. Kualitas kain jenis ini tidak diragukan lagi bagus.

6. Jenis kain Sutra

Untuk nomor 6, jenis kain dan namanya sudah terkenal karena halus. Sutra merupakan jenis kain yang juga disukai masyarakat. Kain ini terbuat dari kepompong ulat sutera. Sutera sendiri merupakan jenis kain yang menyerap air namun mudah sobek. Penggunaan dan perawatan kain jenis ini harus sangat hati-hati. Sutra juga merupakan kain dengan kualitas terbaik dengan harga yang sangat mahal. Tak heran jika sutra jarang digunakan sebagai bahan utama pakaian sehari-hari.

7. Jenis kain Rajut

Seperti namanya, kain jenis ini dibuat dengan cara merajut beberapa benang untuk membuat sebuah kain. Struktur kain ini dibentuk dengan melilitkan benang yang melilit satu sama lain. Paling sering, kain rajutan digunakan sebagai pakaian hangat. Kain ini juga tidak menyerap keringat sehingga tidak cocok digunakan di cuaca panas.

8. Kain Boron

Nomor 8 adalah jenis kain dan namanya yang terkenal kuat dan mahal. Jenis kain yang biasa digunakan untuk pakaian adalah kain boron. Kain ini memiliki serat diagonal dan memiliki benang yang sangat kuat. Kain boron sendiri memiliki keunggulan seperti daya tahan, teksturnya unik, warnanya tidak pudar, segar dan tidak mudah kusut.

Tak heran jika harga kain jenis ini cukup mahal. Kain ini sering digunakan untuk membuat celana panjang, kemeja, jaket safari, pakaian olahraga dan blus.

9. Kain Denim

Jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian adalah denim. Kain ini memiliki ciri khas dan tekstur yang tebal, namun tetap mudah untuk dicuci, bahkan dengan tangan. Kain ini terbuat dari katun twill dan tersedia dalam berbagai warna. Denim adalah kain yang sering digunakan untuk membuat celana panjang dan jaket.

10. Jenis kain Hyget

Terakhir,  kain hyget terbuat dari campuran polyester dan katun, namun dengan bahan yang lebih tipis. Oleh karena itu, harga kain jenis ini lebih murah. Sifat dari jenis kain hyget ini adalah memiliki tampilan yang sangat glossy, tidak mudah kusut dan sedikit hangat saat digunakan. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat rok dan tidak cocok digunakan sebagai kemeja karena panas.

Ini adalah berbagai jenis kain dan namanya yang biasa digunakan dalam pembuatan pakaian. Dengan mengetahui jenis Anda, semoga Anda tidak lagi bingung dalam memilih jenis kain yang tepat. Saya harap ini membantu.

  • Bagikan