Cara Mengunci Akun FB

  • Bagikan
Cara Mengunci Akun FB
Cara Mengunci Akun FB

Tahukah anda bagaimana cara mengunci akun FB anda? kalau belum simak artikel dibawah. Facebook adalah media sosial yang memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan keluarga, teman lama, dan siapa pun yang ingin Anda ajak bicara. Namun, ini berdampak pada Anda, terutama di bagian “privasi”.

Ya, bukan rahasia lagi bahwa ketika Anda membagikan sesuatu di Facebook, itu secara tidak langsung menjadi konsumsi publik.

Saya melihat banyak teman saya mencari cara memblokir profil Facebook di mesin pencari. Anda mungkin berpikir ada cara untuk memblokir profil Facebook, seperti memblokir profil Instagram.

Pada kenyataannya, tidak ada pengaturan default yang dapat langsung memblokir profil Facebook Anda dengan satu klik. Namun, ada beberapa cara untuk melindungi privasi Anda di Facebook dengan lebih baik.

Cara mengunci akun FB

Tentunya seseorang memiliki beberapa alasan untuk mengubah akun Facebook mereka secara pribadi. Alasan berikut bisa menjadi salah satu alasan mengapa Anda ingin menjadikan akun Anda pribadi. Yang mana mereka?

Status apa pun yang Anda buat dapat dilihat oleh orang lain, termasuk bos Anda, guru Anda, mantan Anda, dll. Teman Anda tidak pernah benar – benar perlu tahu semua tentang diri Anda, kan. Jika akun FB Anda blokir dari mereka?

Orang-orang yang terhubung dengan Anda dan yang disebut “teman” tidak pernah benar-benar peduli dengan apa yang Anda alami. Karena Anda tahu bahwa sebagian besar “teman” Anda di Facebook adalah orang yang bahkan tidak Anda kenal.

Jadi, jika kita tidak update mereka juga tidak terlalu memperhatikan. Tampaknya, setiap orang lebih peduli updatenya dibaca orang daripada membaca update orang lain. Jadi, tidak masalah jika kita agak “mundur” dari media sosial. Selain itu, hubungan yang sehat jarang juga datang dari Facebook.

Seseorang tidak lagi percaya pada Facebook. Di satu sisi, orang-orang ini melihat Facebook sebagai rentan terhadap peretasan dan tidak aman. Oleh karena itu, semua data pribadi dapat dipublikasikan.

Cara mengunci akun FB dengan akun private

Ini adalah beberapa alasan umum mengapa orang ingin mengubah akun Facebook mereka menjadi private / pribadi.

Seperti disebutkan di atas, Anda tidak dapat membuat akun Facebook private dengan satu klik. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Yang mana mereka? Yuk, kita simak bersama.

  • Pertama, buka aplikasi Facebook Anda, perhatikan ikon tiga baris di pojok kanan atas, lalu klik.
  • Kedua, gulir ke bawah dan temukan menu Pengaturan dan Privasi dengan logo roda gigi di atasnya dan klik di atasnya.
  • Ketiga, masuk ke menu “Pengaturan”.

Setelah masuk ke pengaturan, cari pengaturan di bagian privasi. Mungkin langsung muncul. Tetapi Anda mungkin juga perlu menggulir ke bawah untuk menemukannya.

1. Pengaturan Privasi FB

Di sini kita akan mengatur menu “pengaturan privasi”. Ketuk “Pengaturan Privasi”

Di Pengaturan Privasi, Anda dapat membuat beberapa informasi di profil Anda menjadi pribadi untuk penggunaan umum. Anda dapat memilih untuk mengizinkan akses informasi kepada Anda, teman Anda, atau siapa pun (publik).

Buka semua pengaturan pada halaman di atas dan baca dan ubah opsi dari “publik” menjadi “teman” atau “hanya Anda”. Misalnya, Anda dapat memilih informasi profil mana yang ingin Anda jadikan pribadi: pekerjaan, pendidikan, tempat tinggal, dll.

Ada banyak pengaturan lain di bagian ini, jadi pastikan untuk mengakses semuanya satu per satu.

2. Pesan (teks, foto atau video)

Cara mengunci akun FB untuk postingan. Selain profil Anda, Anda juga dapat membuat postingan (konten) yang Anda jadikan private, baik berupa teks, foto maupun video.

Anda dapat mengatur di awal apakah posting Anda selanjutnya akan dilihat oleh publik atau tidak dalam metode A. Selama Anda berhati-hati, Anda pasti akan menemukan pengaturan ini.

Di sini saya akan memberitahu Anda cara untuk mengubah privasi posting secara manual setiap kali Anda memposting.

Anda dapat menulis posting, tetapi tidak segera mempublikasikannya. Kemudian perhatikan bahwa “Teman” ada di bawah nama Anda. Anda dapat mengkliknya untuk memilih siapa yang dapat melihat postingan Anda.

Setelah mengkliknya, Anda akan diarahkan ke kotak privasi pesan. Anda dapat memilih untuk menampilkan pesan (konten) Anda kepada semua orang, teman Anda, teman teman Anda, hanya Anda, dll. Dengan bebas.

Jika demikian, yang harus Anda lakukan adalah mengklik pesan Anda. Pos yang Anda bagikan sesuai dengan yang ingin Anda atur.

3. Timeline dan tag (tag)

Cara mengunci akun FB pada riwayat akun FB Anda pribadi agar tidak mengandung posting/konten dari orang lain.

Jadi, jika Anda ditandai oleh seseorang, Anda juga dapat memilih untuk membatasi dan memoderasinya sebelum memposting.

Masuk ke bagian pengaturan seperti di bawah ini lalu pilih “Timeline and Marker”

Anda kemudian akan dibawa ke kotak Timeline. Pada opsi Timeline, terdapat tiga pertanyaan, antara lain:

  • Untuk pertanyaan pertama, “Siapa yang dapat memublikasikan timeline?”
  • Untuk pertanyaan kedua, “Siapa yang dapat melihat timeline?”
  • Untuk pertanyaan ketiga, “Apakah Anda mengizinkan berbagi postingan di cerita?”

Pilih salah satu yang paling cocok untuk Anda. Atau bisa juga contoh pilihan saya di bawah ini.

Anda juga dapat membatasi Tagging di akun FB Anda. Untuk caranya, Anda hanya perlu menggulir ke bawah dan memilih opsi yang paling sesuai.

Selain membatasi timeline dan tag, Anda juga dapat memilih untuk melihat pratinjau tag sebelum muncul.

Ada dua pilihan. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan konten yang memperingatkan Anda sebelum muncul di Facebook dan timeline.

4. Postingan Publik

Pergi ke pengaturan dan kemudian pilih “pesan publik.”.

Di baris pertama bagian “Siapa yang dapat mengikuti saya” ini, Anda dapat mengatur siapa yang dapat mengikuti Anda di Facebook.

Di bagian “Balasan ke pos publik” Anda dapat mengatur siapa yang dapat membalas pos. Hanya ada tiga opsi di sini: publik, teman dari teman, dan teman Anda.

Terakhir di bagian “informasi profil publik”. Di sini Anda dapat mengatur siapa yang dapat mengomentari informasi profil publik, termasuk gambar profil, video profil, foto sampul, foto unggulan, dan pembaruan bio singkat Anda.

Keuntungan dan kerugian dari cara mengunci akun FB

Ketika Anda memutuskan untuk menjadikan akun Facebook Anda pribadi, itu secara otomatis memiliki plus dan minus. Jadi apa plus dan minus dari akun Facebook pribadi?

Tentu saja, bagi mereka yang memilih untuk membuat akun Facebook mereka menjadi pribadi. Anda tidak akan terganggu oleh notifikasi dari timeline Facebook Anda dan tentu saja Anda tidak akan dirujuk oleh orang lain. Selain itu, Anda juga bebas dari komentar negatif jika akun Anda terkenal misalnya.

Sedangkan kekurangan dari akun Facebook private adalah sulitnya mendapatkan teman dan like/share Facebook. Apalagi jika Anda adalah tipe orang yang tidak bisa hidup jika tidak ada yang menyukai postingan Anda setiap hari. Belum lagi jika Anda menggunakan Facebook sebagai alat promosi, Anda mungkin tidak dapat membuat akun Anda menjadi pribadi.

Nah, itulah 5 langkah mudah untuk cara mengunci akun FB. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya. Terima kasih!

  • Bagikan