Begini Cara Penarikan Bantuan Sosial Tunai 2021 Bisa Cair

  • Bagikan
Cara Bantuan Sosial Tunai 2021
Ilustrasi Cara Bantuan Sosial Tunai 2021 Cair

JAKARTA – Berikut cara cek uang tunai penerima Bantuan Sosial Tunai 2021 Rp 300.000 dan cara penarikannya. Tahun ini, Kementerian Sosial kembali bermitra dengan PT Pos Indonesia sebagai pemasok BST dengan cakupan hingga daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) . Program BST akan dilaksanakan mulai Januari hingga April 2021. Bantuan Rp. 300K diberikan kepada 10 juta keluarga penerima dengan total anggaran Rp. 12 triliun.

“Pos Indonesia berusaha dengan semaksimal mungkin supaya bisa menyampaikan Bantuan Sosial Tunai 2022 (BST) tepat pada waktu.” “Sebanyak 21.000 karyawan di seluruh Indonesia siap mendistribusikan program BST pada 2021,” kata Presiden PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengutip Posindonesia.co.id. Bagi penerima yang sudah memiliki rekening dibank maka BST akan disalurkan ke rekening penerima melalui Bank Himbara ( Himpunan Bank Milik Negara) yaitu Bank BTN, BRI, BNI dan Mandiri. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, kantor cabang, atau e-warong dengan kartu Kesejahteraan Keluarga (KKS).

Berikut cara cek penerima BST Rp 300 ribu melalui website dtks.kemensos.go.id:

Cara check ID di dtks.kemensos.go.id
Ilustrasi Cara check ID di dtks.kemensos.go.id

Cara menarik Rp 300.000 untuk Bantuan Sosial Tunai 2021

1. Buka halaman dtks.kemensos.go.id.

2. Pilih ID posting yang diinginkan.

Pilihan yang tersedia adalah Nomor NIK, DTKS / BDT, Kartu Sembako / BPNT, dan Nomor PBI JK / KIS.

3. Masukkan nomor keanggotaan untuk ID yang ditentukan.

4. Masukkan nama yang cocok dengan pengenal yang ditentukan.

5. Masukkan kode yang diberikan.

6. Klik Cari.

7. Informasi menunjukkan apakah ID yang dimasukkan terdaftar di DTKS atau tidak.

Mengutip Kompas TV, penerima harus datang ke kantor pos untuk mencairkan uang Rp. 300 ribu dengan tunai. Masyarakat penerima harus membawa surat undangan dari ketua RT setibanya di kantor pos. Selain itu, masyarakat wajib membawa KTP atau Kartu Keluarga. Setelah KTP atau KK diperlihatkan, karyawan akan memindai barcode yang tertera pada surat undangan. Masyarakat bisa menerima Bantuan Sosial Tunai 2021 ini tanpa potongan sebulan sekali.

Dilansir dari TRIBUNNEWS.COM. Begitu Cara mendapatkan semoga bisa bermanfaat.

  • Bagikan