Cara Mengecek Akun Google

Cara Mengecek Akun Google
Cara Mengecek Akun Google

Cara mengecek akun Google. Mengetahui apakah akun Google aman atau tidak, cari tahu cara memverifikasinya! Mengetahui apakah akun Google Anda aman atau tidak cukup mudah. Keamanan akun Google menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan pengguna.

Akun ini berisi berbagai data pribadi yang dapat disalahgunakan oleh pihak lain. Pengguna dapat memeriksa keamanan akun Google.

Cara mengecek akun Google

Selain itu, pengguna juga dapat melihat apakah komputer, smartphone, atau perangkat lainnya sedang membuka atau telah menggunakan akun Google pengguna.

Dalam hal ini, pengguna dapat memeriksa informasi untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain yang menggunakan akun pengguna. Jadi Anda bisa yakin bahwa akun Google Anda aman dari peretas.

Saat ini, serangan malware Gooligan, atau kombinasi Google dan Hooligan yang menargetkan perangkat Android, telah menginfeksi jutaan akun Google.

Kasus pada perangkat Android yang terkena malware Gooligan, saat ini terjadi peningkatan 13.000 pengguna per hari.

Berdasarkan studi Check Point, Gooligan secara umum menargetkan perangkat Android 4 (Jelly Bean dan Kitkat) dan Android 5 (Lollipop).

Lebih buruk lagi, infeksi Gooligan menyebar melalui aplikasi pihak ketiga di toko aplikasi. Kemudian serangkaian link phishing pesan singkat untuk mencuri informasi pribadi untuk mengetahui apakah akun Google Anda aman atau tidak.

Selain itu, infeksi Gooligan akan mengunduh perangkat lunak untuk mencuri token di Google Drive, Google Play, Gmail, dan berbagai jenis program lainnya tanpa sepengetahuan pengguna.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penting untuk mengetahui apakah akun Google Anda aman atau tidak karena berkaitan dengan berbagai data pribadi yang tersimpan. Jangan sampai data pribadi tersebut disalahgunakan oleh pihak lain.

Bagaimana cara mengecek akun Google apakah aman atau tidak?

Sebagai pengguna ponsel, kita perlu lebih waspada ketika hal ini terjadi. Namun, untuk memastikannya, Anda bisa mencari tahu sendiri apakah akun Google Anda telah diretas atau tidak.

Berikut beberapa cara untuk mengetahui apakah akun Google Anda aman atau tidak:

1. Melalui situs web Check Point

Langkah-langkahnya adalah:

  • Langkah pertama, masukkan alamat email Anda dan sistem kemudian akan menampilkan hasil apakah akun Google Anda telah diretas atau tidak.
  • Selanjutnya, periksa posting blog di situs Check Point untuk menemukan daftar aplikasi yang terinfeksi Gooligan. Siapa tahu di antara aplikasi ini ada aplikasi yang sudah kamu install

Jika memang benar akun Google Anda telah diretas, jangan panik dulu. Cobalah untuk menghapus akun Anda di perangkat Android. Kemudian lakukan instalasi bersih atau metode instalasi sistem operasi (OS). Anda juga dapat menghapus data pada partisi yang Anda buat sebagai tempat untuk menginstal sistem operasi.

  • Langkah terakhir, ubah kata sandi akun Google di perangkat yang Anda gunakan.
BACA JUGA:   Penyebab Laptop Mati Tiba - Tiba dan Solusinya

Cara selanjutnya untuk menemukan akun Google yang aman adalah dengan menggunakan alamat web https://myaccount.google.com/. Berikut caranya:

2. Otentikasi perangkat untuk akses

Cara mengecek akun Google dengan verifikasi perangkat yang digunakan untuk akses akun.

  • Langkah pertama, buka akun Google dengan masuk ke https://myaccount.google.com/.
  • Kemudian klik opsi keamanan di panel navigasi kiri.
  • Kemudian gulir ke bawah sampai Anda menemukan panel perangkat.
  • Kemudian pilih opsi Kelola perangkat, dan pengguna akan melihat perangkat mana yang saat ini dikaitkan dengan akun Anda.

Untuk informasi lebih rinci, klik pada perangkat.

3. Periksa perangkat yang baru Logout

Cara mengecek akun Google dengan memeriksa perangkat yang baru saja keluar dari akun Google Anda.

  • Pertama buka akun Google dengan masuk ke https://myaccount.google.com/. Kemudian, di panel navigasi kiri, pilih Keamanan.
  • Gulir ke bawah dan temukan panel untuk Perangkat. Pilih “Kelola perangkat”. Lalu gulir ke bawah ke “Perangkat yang Anda gunakan untuk logout”. Anda kemudian akan melihat perangkat yang digunakan untuk keluar dari akun Google dalam 28 hari terakhir.

4. Logout dari perangkat yang tidak lagi digunakan

Untuk mengetahui apakah akun Google Anda aman atau tidak, ada baiknya Anda keluar dari perangkat yang hilang atau yang bukan lagi milik Anda.

  • Sebagai langkah untuk logout di perangkat yang sudah tidak digunakan lagi, Anda bisa melakukannya dengan membuka akun Google dengan login ke https://myaccount.google.com/.
  • Kemudian klik Keamanan di panel navigasi kiri. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan panel Perangkat dan pilih “Kelola Perangkat > Perangkat > Keluar.

Cara mengecek akun Google dari perangkat tidak dikenal

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka akun Google dengan masuk ke https://myaccount.google.com/. Kemudian klik Keamanan di panel navigasi kiri.

Kemudian gulir ke bawah hingga Anda menemukan panel Perangkat. Pilih Kelola perangkat dan pilih opsi Jangan kenali perangkat. Anda dapat melihat beberapa tanda di bawah ini ketika orang lain menggunakan akun Anda. Dengan cara ini Anda dapat yakin bahwa akun Google Anda aman.

1. Anda tidak mengenali perangkatnya

Dalam hal ini, Anda mungkin tidak mengenali aktivitas yang perlu Anda lakukan jika:

  • Anda akan menggunakan perangkat baru
  • Anda menggunakan perangkat orang lain atau komputer umum. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari cara keluar dari perangkat publik yang tidak lagi berada di wilayah Anda.
  • Anda baru saja menyetel ulang perangkat ke setelan pabrik. Perangkat Anda akan tetap ditampilkan selama proses ini.

2. Anda tidak berada di tempat pada waktu yang tercantum di akun

Cara mengecek akun Google apakah digunakan orang lain. Yaitu apakah akun memperlihatkan lokasi yang kita belum pernah ada disana? Atau di waktu berbeda?

Pengguna mungkin juga tidak dapat mengenali lokasi sebenarnya dari area Anda jika:

  • Anda melihat tempat terdekat, tetapi bukan lokasi persisnya. Di sini Anda juga harus mempelajari cara menentukan lokasi perangkat.
  • Pergi ke area tersebut atau berhenti sejenak, seperti di bandara.
  • Anda tidak ingat menggunakan Akun Google Anda pada tanggal dan waktu tertentu seperti yang tercantum.
  • Anda mungkin juga tidak mengenali tanggal dan waktu tertentu jika Anda memiliki aplikasi yang ditautkan ke akun Google Anda.
  • Dibuka di browser berbeda dari yang biasa digunakan.
BACA JUGA:   HP yang Ada Slowmonya

3. Melalui Avast  web

Cara selanjutnya untuk mengetahui apakah akun Google Anda aman atau tidak adalah dengan mengeceknya melalui website avast. Melalui situs ini, pengguna hanya perlu memasukkan alamat email di kotak centang.

Avast kemudian mengirimkan hasil pemeriksaan ke alamat email untuk Anda tinjau secara detail. Juga ketika terhubung ke situs mana. Dalam kasus lain, kata sandi bocor dalam bentuk enkripsi  tetapi masih berpotensi hilang. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda mengubah semua kata sandi dengan alamat email tersebut.

4. Have I Been Pwned  (HIBP)

Seperti Avast, Have I Been Pwned juga dapat memeriksa keamanan akun Google Anda. Cara mengecek akun Google hampir sama. Yaitu dengan memasukkan alamat email atau username Anda di halaman https: haveibeenpwned.com/.

Selain itu, situs HBIP juga menampilkan hasil test. Selain itu, HBIP juga dapat memeriksa akun untuk tautan langsung ke akun tertentu.

Melalui fitur ini, Anda bisa mendapatkan hasil instan untuk alamat email tertentu. Apalagi jika Anda berencana untuk melakukan banyak penelitian.

5. 1Password

1Password adalah pengelola kata sandi yang direkomendasikan oleh banyak pakar keamanan. Sehingga pengguna dapat memastikan dan mengetahui bahwa akun Google aman. Selain dapat menyimpan kata sandi dalam basis data terenkripsi, itu juga dapat menghasilkan kata sandi yang kuat, unik, dan acak untuk layanan dan situs apa pun.

1Password juga dapat memperingatkan pengguna jika kata sandi telah diretas.

6. Google Chrome

Cara mengecek akun Google mudah dengan Google Chrome.

Browser web Google Chrome bisa menjadi langkah selanjutnya untuk mengetahui apakah akun Google aman atau tidak. Google Chrome telah menghadirkan pembaruan dengan fitur pemeriksaan kata sandi yang bertujuan untuk melihat apakah kata sandi Anda telah diretas.

Mengutip Forbes, fitur ini berfungsi paling baik bagi pengguna yang memanfaatkan pengelola kata sandi yang sudah tersedia di Google Chrome.

Untuk versi terbaru, Chrome 79, pengguna akan menerima peringatan jika kata sandi situs yang Anda masuki telah diretas. Hal ini dilakukan tanpa harus menyimpannya ke browser terlebih dahulu.

Jika versi ini tersedia dan Anda memilikinya, Anda dapat memeriksanya dengan membuka pengaturan browser Anda di bawah “Sinkronisasi dan layanan Google”.

Secara umum, cara untuk melihat apakah akun Google aman.

  • Langkah pertama adalah login terlebih dahulu lalu klik tombol “Akun”.
  • Kemudian pilih Pengaturan Pemeriksaan Keamanan lalu klik Mulai untuk Memeriksa Akun Google
  • Proses pemeriksaan pertama yang dapat Anda lakukan terkait dengan informasi pemulihan. Pastikan informasi pemulihan akun Anda benar. Selalu up to date. jika sudah klik Selesai.
  • Jadi periksa aktivitas akun Anda, jika ada yang mencurigakan, segera laporkan.
  • Langkah selanjutnya adalah memeriksa izin atau izin mana pada perangkat yang terkait dengan akun Google
  • Jika semuanya terlihat baik, klik Selesai dan pemeriksaan keamanan akun Anda selesai.

Cara mengecek akun Google dan mengetahui apakah akun Google aman atau tidak merupakan salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Karena setiap produk Google ditautkan ke sebuah akun.

Mulai dari Gmail, Google Drive, YouTube dan berbagai produk Google lainnya. Jika sebuah akun dicuri, data dari masing-masing produk tersebut menjadi mudah diakses oleh pihak lain. Sekarang Anda dapat mengetahui apakah akun Google Anda aman atau tidak.