Notifikasi Pop Up Adalah

  • Bagikan
Notifikasi Pop Up Adalah
Notifikasi Pop Up Adalah

Notifikasi Pop Up adalah. Istilah Popup digunakan dalam berbagai sistem operasi sebelum Android seperti desktop PC. Pop Up adalah tampilan mengambang di atas tampilan utama yang sedang aktif.

Saat popup muncul, halaman aktif biasanya otomatis dinonaktifkan oleh program sehingga halaman tampak buram.

Secara teknis, popup adalah area tampilan antarmuka pengguna grafis (GUI). Yang biasanya berupa jendela kecil, yang tiba-tiba muncul di depan antarmuka visual saat kita melakukan sesuatu. Seperti memilih tombol atau membuka halaman tertentu.

Notifikasi Pop Up adalah

Anda mungkin pernah melihat notifikasi masuk di layar saat ponsel dalam keadaan mati. Notifikasi berupa ringkasan pesan disebut popup. Yang fungsinya tergantung pada perintah pengaturan di dalam aplikasi itu sendiri.

Fungsi notifikasi Pop Up adalah

Nah, selanjutnya kita akan sedikit membahas tentang fungsi dan kegunaan dari fitur ini. Pasalnya, fitur ini tidak hanya sekedar kosmetik untuk mempercantik penampilan karena banyak fungsi dan kegunaannya.

1. Sebagai pemberitahuan

Skrip popup biasanya dibuat untuk menampilkan notifikasi atau panel peringatan khusus yang mengapung di layar sehingga pengguna melakukan tindakan seperti memilih, memeriksa, atau bahkan hanya menampilkan informasi di layar.

Pop Up berisi item menu yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat.

Popup yang muncul untuk menutupi halaman aktif biasanya digunakan sebagai opsi tertentu. Seperti ketika pengguna pergi ke pengaturan android dan memilih opsi jaringan.

Sebuah opsi akan muncul yang menutupi layar aktif sehingga pengguna harus memilih salah satu opsi yang diperlukan seperti memilih 2G, 3G atau 5G dan bahkan memilih Otomatis, ini hanyalah sebuah contoh.

2. Sebagai peringatan sistem

Adanya notifikasi Pop Up adalah juga berfungsi menunjukkan kepada pemilik ponsel bahwa ada masalah dengan sistem. Misalnya ketika aplikasi crash atau program tidak dapat berjalan normal. Halaman popup sering muncul menginformasikan bahwa aplikasi telah berhenti atau peringatan lainnya.

3. Sebagai alat promosi

Contohnya seperti iklan di halaman surat kabar online atau website seperti klikdetik.com misalnya. Harus ditutup dulu agar kita bisa mengakses isi beritanya.

Biasanya popup juga muncul ketika halaman web tertentu dibuka. Yang secara otomatis atau tidak sadar ketika pengguna smartphone tidak menyadari kapan popup itu muncul.

Ini karena ada script khusus yang sengaja dipasang oleh pembuat aplikasi atau pemilik situs agar layar bisa terbaca.

Bahkan memaksa pengguna seluler untuk mengambil tindakan terhadap pesan yang muncul untuk menutupi halaman yang sedang dibuka dengan iklan atau penawaran.

Cara mematikan Pop Up notifikasi WhatsApp

Notifikasi pesan WhatsApp dalam bentuk popup akan otomatis menampilkan isi pesan di layar perangkat. Beberapa pengguna merasa tidak nyaman karena ketika menerima pesan, orang-orang di sekitar pengguna dapat mengetahui bahwa pesan tersebut.

Itulah mengapa beberapa pengguna memilih untuk menonaktifkan notifikasi pop-up tersebut. Ingin tahu caranya? Mari mencoba!

  • Luncurkan WhatsApp seperti biasa, lalu ketuk tombol Opsi – Pengaturan.
  • Di panel pengaturan, silakan klik Notifikasi.
  • Selanjutnya, cari opsi Popup Notification, dan Anda akan menemukan dua opsi dengan label yang sama.
  • Tapi yang kita buat adalah opsi pertama, ya opsi pertama. Karena opsi kedua adalah pengaturan grup chat.
  • Ketuk opsi, lalu Anda akan melihat pop-up yang menampilkan beberapa opsi.
  • Pilih Tidak ada popup jika Anda ingin mematikan notifikasi popup.
  • Sedangkan jika ingin mengaktifkan notifikasi popup, pilih Always show popup atau hanya saat layar mati.
  • Kemudian silahkan keluar dari aplikasi dan tunggu sampai terjadi perubahan. Silakan dicoba.

Itulah pengertian tentang notifikasi Pop Up adalah. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan