Bisnis  

Apa itu Pay Pal

Apa Itu Pay Pal
Apa Itu Pay Pal

Apa itu Pay Pal. Ini adalah pengertian dan cara menggunakan PayPal. Saat ini, jika Anda mengetik kata “PayPal” ke halaman mesin pencari Google, setidaknya ada 1,7 miliar hasil pencarian yang bisa Anda dapatkan. Ya, PayPal sudah lama populer di kalangan blogger dan netizen yang memiliki kegemaran belanja online. Seiring berjalannya waktu, banyak pengguna di Indonesia yang menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran selain transfer bank.

Apa itu Pay Pal

Belanja online tidak lagi sulit hari ini. Pasalnya, ada banyak situs belanja online yang bisa Anda manfaatkan untuk menemukan barang impian Anda.

PayPal adalah alat pembayaran digital yang dapat digunakan untuk membeli barang-barang penting di pasar lokal dan internasional. Sistem transaksi yang digunakan PayPal sepenuhnya elektronik, sehingga tidak memerlukan buku rekening atau ATM seperti yang biasa digunakan.

Tidak seperti metode pembayaran konvensional, PayPal sebagian besar tidak terbatas pada satu negara. Sedangkan untuk direct debit dan pembayaran hampir real time tanpa harus menunggu antrian atau jam buka bank.

Apa itu Pay Pal dan Cara Menggunakannya

Sejak PayPal pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999, langsung membawa manfaat yang signifikan untuk memenuhi kebutuhan transaksi digital. Buktinya, beberapa tahun setelah PayPal resmi melantai di bursa yang juga dikenal dengan IPO, PayPal langsung menerima akuisisi dari eBay untuk diintegrasikan ke dalam layanan marketplace-nya.

Berikut ini adalah penggunaan layanan PayPal, yang pada tahun 2003 dapat memiliki 1,7 juta pengguna, dan seperlima dari mereka sudah menggunakan bisnis PayPal atau akun berbayar.

BACA JUGA:   Produk - Produk Tabungan Terbaik Bank BCA

1. PayPal digunakan untuk pembelian

  • Paypal dapat melakukan pembayaran yang aman tanpa dibatasi wilayah
  • Lebih cepat saat checkout
  • Penggantian rekening online untuk bank konvensional
  • Bisa menerima pembayaran mata uang asing dari pelanggan asing
  • Sumber pembayaran bisa dari kartu kredit atau debit

2. PayPal digunakan untuk penjual

Apa itu Pay Pal untuk penjual? Tentunya, ada beberapa hal yang bisa membantu seller di dunia online.

  • Alternatif pembayaran untuk pembeli yang tidak memiliki rekening bank
  • Terima pembayaran kartu kredit tanpa melalui proses aplikasi di merchant bank lokal

Cara Membuat Akun PayPal

Cara membuat akun PayPal sebenarnya sangat sederhana, asalkan Anda sudah memenuhi syarat yang diperlukan. Menyiapkan akun PayPal sendiri tidak serumit dulu. Bahkan proses verifikasi bisa dilakukan dalam hitungan jam.

Untuk membuat akun PayPal, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan kartu identitas pribadi. Yang dapat berupa kartu identitas, SIM atau paspor. Selanjutnya, Anda juga harus memiliki alamat email aktif dan nomor telepon yang digunakan untuk melindungi akun Anda dari serangan hacker.

Syarat terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah kartu kredit tahunan yang masih aktif dan bisa digunakan. Untuk apa? Selain sebagai sumber saldo akun PayPal Anda, kartu kredit juga berfungsi untuk menerima kode verifikasi dari PayPal yang dikirimkan ke rekening bank Anda.

Setelah menyiapkan semua persyaratan, Anda bisa masuk ke halaman PayPal.com > lalu klik Daftar. Isi berbagai formulir dengan data nyata untuk memudahkan Anda jika terjadi larangan dan pembatasan karena terlalu sering menerima uang dalam jumlah besar.

Buat akun PayPal jika perlu. Jika hanya digunakan untuk melakukan pembayaran beberapa kali dalam sebulan, sebaiknya gunakan jenis akun pribadi. Sementara itu, jika bisnis Anda besar dan sering bertransaksi dengan nilai nominal ribuan dolar, sebaiknya gunakan akun bisnis PayPal.

BACA JUGA:   Kode Tf BNI ke BCA

Setelah mengetahui Apa itu Pay Pal dan cara membuat akunnya, kini kita membahas cara menggunakannya.

Cara Transaksi Online dengan PayPal

Anda sudah tahu apa itu Pay Pal dan cara membuatnya. Kini adalah cara transaksi online dengan Paypal.

Seperti alat pembayaran digital lainnya, transaksi online melalui PayPal hanya memerlukan username dan password login saat checkout. Anda tidak akan diminta untuk memasukkan nomor kartu kredit atau informasi sensitif lainnya.

Menariknya, sebagian besar toko online saat ini memiliki tombol pembayaran PayPal di dalam faktur pembelian mereka. Jadi jika pengguna ingin melakukan pembayaran, cukup klik tautan dan Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran resmi PayPal.

Beli Domain dan Hosting Murah dengan PayPal

Seperti yang kita ketahui, PayPal merupakan salah satu alternatif metode pembayaran jika ingin membeli barang atau jasa dari website luar negeri. Beberapa provider hosting Indonesia dan domain murah di Indonesia juga menggunakan metode pembayaran melalui PayPal.

Penutup

Tidak dapat disangkal lagi, PayPal merupakan salah satu sistem pembayaran digital yang memberikan dampak signifikan di era digital. Fleksibilitas dan kemudahan bertransaksi menjadi aset utama layanan ini. Selain itu, pengguna lama yang tidak melakukan banyak transaksi akan dibebaskan dari biaya administrasi dengan memilih jenis akun pribadi.

Ini adalah penjelasan singkat tentang apa itu Pay Pal, cara menggunakannya, serta tutorial cara membuat akun PayPal. Bagaimana menurutm Anda? Apakah Anda tertarik menggunakan PayPal sebagai alternatif pembayaran saat berbelanja online?