Gambaran Motor BeAT

Gambaran Motor BeAT
Gambaran Motor BeAT

Gambaran motor BeAT. Sudah 13 tahun sejak Honda BEAT pertama kali diluncurkan. Ada alasan mengapa Honda tetap mempertahankan skuter matik entry-level ini di pasaran. Motor ini merupakan skutik terlaris Honda hingga saat ini. Berbagai perubahan terjadi dan kini Honda BeAT 2022 sudah mengalami peningkatan spek dan unggul di kelasnya.

Saat diluncurkan pada 2008, BEAT masih berbasis karburator. Kini lebih irit berkat teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Hingga 2015, Honda akhirnya mengekspor BEAT ke negara tetangga.

Gambaran Motor BeAT Secara Umum

Honda BEAT 2022 tidak memiliki pesaing dari Yamaha. Pasalnya Yamaha tidak lagi merilis skutik 110 cc. Honda BeAT cocok dibandingkan dengan Suzuki Nex II. Nex II mungkin tidak lebih baik dari BEAT 2022 dalam hal fitur dan teknologi. Namun, jika Anda mencari harga yang terjangkau, Nex II adalah yang terbaik. Karena skutik ini sedikit lebih murah dibandingkan Honda Beat 2022.

Gambaran Motor BeAT Generasi Pertama (2016-2020)

Saat pertama kali diluncurkan, Honda Beat Street hanya hadir dalam satu varian yaitu CBS (Combi Brake System). Belum ada ISS (Idling Stop System). Pengaman kunci kontak magnet tidak menyatu dengan jok. Dan sistem penerangan masih berbasis lampu biasa. Kapasitas tangki bahan bakar masih 4 liter. Kapasitas bagasi di bawah jok masih 11 liter. Konsumsi bahan bakar skutik ini diklaim hingga 55 km/l.

Gambaran Motor BeAT Generasi Kedua (2020 – Sekarang)

Tampilannya berubah drastis untuk Honda Beat Street generasi kedua. Desain lampu depannya diubah dan sistem pencahayaannya juga menggunakan LED. Namun, Honda belum memasang fitur ISS. Panel tetap sepenuhnya digital. Kalau dulu warna orange, sekarang warna biru.

Kapasitas tangki bahan bakar telah ditingkatkan menjadi 4,2 liter. Sedangkan kapasitas bagasi bertambah menjadi 12 liter. Kunci kontak masih menggunakan pengaman magnetik, namun terintegrasi untuk membuka kunci jok. Perubahan lain pada desain pelekyang bentuk palangnya telah berubah.

1. Fitur Honda BeAT Street 2022

Dari segi fitur, Honda BeATe Street 2022 lebih canggih lagi. Semua sistem penerangan, terutama lampu depan, kini sudah menggunakan LED. Panel instrumen sepenuhnya digital dengan latar belakang biru. Oleh karena itu, pengemudi dapat melihatnya dengan lebih baik saat dalam gelap.

BACA JUGA:   RI 9 Mobil Siapa

Area bagasi 12 liter juga berguna, meskipun tidak mampu menampung helm full-face atau half-face. Fitur standar masih disertakan. Seperti Smart Stand Switch,. Parking Brake Lock. Secure Key Shutter  dan banyak lagi.

2. Harga Honda BeAT Street 2022: Rp 17,25 juta

Untuk gambaran motor BeAT Street 2022 hadir hanya dalam satu versi. Skuter entry-level yang masuk dalam seri BEAT ini dibandrol dengan harga Rp 17,25 juta (on the road Jakarta).

3. Desain

Penampilan Honda BeAT Street

Sepintas, perubahan sangat tidak terlihat. Namun nyatanya, desainnya tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Perubahan utama ada pada lampu depan dan lampu belakang. Sedangkan untuk bagian lainnya, Honda masih menyimpan DNA skutik aslinya.

Honda Beat 2022 memiliki panjang 1.877 mm, lebar 1.074 mm, dan tinggi 740 mm. Ketinggian jok sangat bersahabat dengan postur Indonesia. secara keseluruhan 740mm. Jarak sumbu roda skuter ini adalah 1.256 mm dan ground clearance minimum adalah 147 mm.

Sasisnya sudah cukup canggih menggunakan teknologi eSAF (Enhanced Intelligent Architectural Framework) tipe back bone. Honda mengklaim sasis yang terakhir ini lebih tahan terhadap defleksi saat dikendarai alias lebih kuat dari sasis sebelumnya. Pada bagian kaki-kaki, Honda Beat 2022 dibekali suspensi konvensional. Suspensi depan adalah model teleskopik dan suspensi belakang menggunakan peredam kejut tunggal.

Sedangkan pada bagian rodanya, Honda BeAT 2022 menggunakan ban depan 80/90-14 dan ban belakang 90/90-14. Ukurannya memang tidak lebar, namun tetap cukup proporsional, karena bodinya juga ramping. Ban juga menggunakan tipe tubeless, yang meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Sedangkan dalam pengeremannya, Honda Beat 2022 hanya menggunakan rem cakram di bagian depan. Rem belakang masih bergantung pada model tromol. Honda BeAT 2022 ditawarkan dalam tiga varian, yakni CBS, CBS-ISS, dan Deluxe. Untuk genre CBS ada 4 pilihan warna yaitu Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black.

Kemudian untuk tipe CBS-ISS hadir dengan 3 pilihan warna, Garage Black, Electro Blue dan Fusion Magenta Black. Sedangkan tipe Deluxe terdiri dari dua pilihan warna yaitu Deluxe Black dan Deluxe Silver, beserta logo 3D. Gambaran motor BeAT soal desain, kini lebih keren dan bodynya tampak lebih besar dari generasi pertama.

4. Handling

Suspensi konvensional dengan peredam kejut depan terintegrasi dan peredam kejut satu sisi di belakang. Skuter ini nyaman karena kualitasnya yang sangat baik dan getaran mesin yang lebih rendah. Posisi duduk nyaman dengan ruang yang cukup di area pijakan kaki depan untuk bergerak. Handlingnya lincah karena BEAT kecil dan ringan. Paling cocok untuk jalan perkotaan serta jalan di sekitar kota.

BACA JUGA:   Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Mobil yang Ada di Indonesia

Honda Beat Street 2022 menawarkan posisi berkendara yang nyaman dan kendali penuh. Pasalnya skutik 110cc ini dibekali setang lebar layaknya motor super moto. Posisinya juga sangat nyaman antara posisi tangan, badan dan kaki. Dengan tinggi jok 740 mm, skutik entry level yang banyak diminati ini juga cocok untuk penumpang dengan posisi badan kurang dari 170 cm. Apalagi bobotnya terbilang ringan, hanya 95 kg.

5. Mesin dan bahan bakar

Gambaran motor BeAT tentang mesin dan performa.

Performa Honda Beat Street berasal dari mesin empat langkah, satu silinder. SOHC, eSP dengan kapasitas silinder 109,5 cc. Dengan diameter piston 47 mm dan langkah 63,1 mm, rasio kompresi yang dihasilkan adalah 10:1.

Tenaga maksimum mesin tersebut tercatat sebesar 9 hp pada 7.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Mesin tersebut juga dikawinkan dengan transmisi otomatis V-matic.

Untuk mengurangi kecepatan roda akibat performa mesin, Honda BeAT Street 2022 tetap menggunakan rem cakram depan dan rem tromol belakang. Sistem pengeremannya masih berbasis CBS, dan belum ada fitur ABS.

6. Pengereman dan keselamatan

Tidak dapat disangkal fakta bahwa skuter ini hadir dengan harga yang terjangkau. Sering dikatakan bahwa ini karena kekurangan ini dalam hal keamanan. Namun, Honda menawarkan BeAT dengan rem hidrolik tunggal di bagian depan dan sistem rem gabungan. Sistem pengereman komposit depan belakang mengerem pada saat yang sama saat tuas rem ditarik. Sistem ini kemudian memperpendek jarak pengereman dan memberikan kepercayaan diri yang lebih. Rem juga memiliki sistem penguncian cerdas yang membuat rem tetap terkunci saat parkir dan mengurangi insiden kecelakaan lalu lintas. Jika standar samping turun, mesin juga mati.

Kesimpulan Gambaran Motor BeAT

Tak heran jika Honda BeAT 2022 jadi favorit banyak orang. Tidak hanya harganya yang terjangkau, fitur dan teknologi yang diusung juga cukup bisa diandalkan. Untuk penggunaan sehari-hari, BEAT 2022 juga sangat bisa diandalkan. Performanya cocok untuk penggunaan perkotaan dan konsumsi bahan bakarnya juga irit. Ya, konsumen di segmen ini sangat sensitif terhadap harga jual dan konsumsi bahan bakar.