Cara Memperbaiki Suara HP Xiaomi yang Hilang

  • Bagikan
cara memperbaiki suara hp xiaomi yang hilang
cara memperbaiki suara hp xiaomi yang hilang

Cara memperbaiki suara HP Xiaomi yang hilang. Biasanya, jika HP Anda tidak sempat jatuh atau terkena air, speaker ponsel Anda secara alami akan mengeluarkan suara. Tentu ketika ada notifikasi telepon, video call, atau pemutaran musik. Kenapa HP Xiaomi tiba-tiba tidak ada suara?

Banyak elemen penyebab ponsel xiaomi. Tidak ada suara dan seringnya kerusakan pada komponen hardware seperti speaker/buzzer, microphone atau komponen IC. Bagian – bagian tadi mungkin akan menjadi sumber masalah jika kita membawa handphone ke service center.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan langkah-langkah cara memperbaiki suara HP Xiaomi yang tidak terdengar. Dan cara mengatasi hp xiaomi tanpa suara berikut bisa juga kita terapkan pada xiaomi redmi note 4, xiaomi redmi 4a, xiaomi redmi 5 plus. redmi 5a, note 5, xiaomi redmi 6a bahkan redmi 3s.

Cara memperbaiki suara HP Xiaomi yang hilang

Berikut beberapa solusi jika hp xiaomi tidak mengeluarkan suara berdasarkan kerusakan:

1. Periksa pengaturan suara, notifikasi, atau nada dering untuk ponsel Xiaomi

Mari kita coba untuk memastikan bahwa di pengaturan ponsel xiaomi mungkin speaker tidak mengeluarkan suara apa pun karena pengaturan suara, notifikasi, atau nada dering dalam mode senyap. Jadi selain memeriksa pengaturan suara ponsel xiaomi, kita juga harus memeriksa pengaturan suara perangkat apakah disetel senyap atau mode jangan diganggu.

2. Bersihkan lubang headphone

Lubang earphone yang kotor dapat menyebabkan kesalahan pembacaan sistem ponsel xiaomi.

Jika ada error seperti ini: Suara ponsel hilang setelah menggunakan headset, Kemudian ikon headset tidak hilang setelah melepas headset. Dan xiaomi tidak akan mengeluarkan suara karena logo headset masih ada meskipun sudah dicopot.

Solusinya, coba bersihkan lubang earphone handphone kita. Saya juga menyiapkan langkah-langkah untuk membersihkan port headset dan langkah-langkah lainnya jika masih tidak ada suara setelah dibersihkan.

Apakah cara memperbaiki suara HP Xiaomi yang hilang diatas berhasil? Jika belum, lanjutkan kebawah.

3. Gunakan kode khusus untuk memperbaiki speaker HP

Kita juga bisa menggunakan kode khusus jika dirasa speaker HP Xiaomi memang rusak. Padahal, kode khusus ini digunakan lebih akurat untuk memastikan ada kerusakan pada komponen speaker/buzzer, microphone atau IC. Namun terkadang, setelah pengujian menggunakan kode khusus, bahkan dapat memperbaiki speaker ponsel Xiaomi yang tidak mengeluarkan suara.

Untuk mengakses menu tes hardware HP Xiaomi, kita hanya perlu masuk ke layar depan ponsel >> masukkan kode *#*#64663#*#*>>27 menu dengan indikator akan muncul secara otomatis untuk menunjukkan kerusakan pada HP Xiaomi. Saya sendiri juga menggunakan kode khusus ini untuk mengontrol speaker ponsel Xiaomi yang tidak keluar suara di masa lalu.

4. Putar suara dari perangkat lunak Sound Cleaner

Langkah ini sebenarnya cukup sederhana namun sangat ampuh. Cara memperbaiki suara HP Xiaomi yang hilang setelah terkena air. Biasanya setelah membersihkan ponsel xiaomi, speaker ponsel sering tidak mengeluarkan suara atau ada suara, tetapi lambat dan terdengar berderak.

Cara memperbaikinya dengan memainkan software untuk memperbaiki speaker handphone xiaomi kita yang tidak mengeluarkan suara. Maka dijamin kualitas suara speaker handphone akan jernih dan nyaring kembali.

5. Lakukan hard reset

Cara ini tentunya bisa kamu lakukan jika masih tidak ada suara dari speaker buzzer smartphone Xiaomi. Untuk melakukan hard reset, Anda dapat mengaksesnya di menu pengaturan ponsel Anda dan melanjutkan dengan memilih menu recovery dan backup. Namun sebelum melakukan hard reset, pastikan untuk membackup semua data dan dokumen penting Anda ke kartu memori atau harddisk komputer atau laptop.

Semua data dan aplikasi tambahan akan terhapus.

6. Ganti Speaker HP Xiaomi

Jika hingga langkah 5 belum berhasil, cara memperbaiki suara HP Xiaomi yang hilang mungkin perlu mengganti speaker ponsel Xiaomi. Namun kita juga harus menjaganya kembali karena mungkin suara handphone yang rusak bukan speakernya, melainkan microphone handphone Xiaomi tersebut.

Fitur mikrofon ponsel xiaomi yang rusak akan dirasakan oleh lawan bicara di telepon.. Suara kita tidak terdengar apakah itu di: telepon, panggilan video atau catatan suara WhatsApp. Kita dapat merekam suara untuk mengkonfirmasi kerusakan pada mikrofon ponsel, jika tidak ada suara, kita dapat yakin bahwa mikrofon ponsel xiaomi rusak.

7. Ganti IC audio

Untuk langkah terakhir masalah crash pada smartphone HP Xiaomi tidak terdengar suara apapun. Modifikasi dapat dilakukan pada komponen IC audio jika komponen yang dijelaskan pada langkah 6 tidak ditemukan kerusakan yang berarti.

Kode IC audio untuk setiap seri Xiaomi mungkin berbeda. Pastikan tidak terjadi kesalahan saat mengganti IC. Namun jika anda merasa kesulitan untuk menangani perubahan IC audio pada smartphone Android Xiaomi. silahkan bawa saja ponsel Anda ke layanan telepon terpercaya di dekat tempat tinggal Anda.

Kesimpulan cara memperbaiki suara HP Xiaomi yang hilang

Demikian cara memperbaiki suara HP Xiaomi tidak terdengar. Setiap masalah kerusakan ponsel dapat disebabkan oleh beberapa hal. Jadi sebaiknya lakukan analisis dan perbaikan dengan langkah-langkah sederhana sebelum melakukan perbaikan yang detail dan kompleks.

  • Bagikan