Tips  

Cara SS di iPhone

Cara SS di iPhone
Cara SS di iPhone

Cara ss di iPhone. Anda baru membeli iPhone? Untuk mengambil screen shoot di iPhone sebenarnya mudah. Ada fasilitas khusus untuk melakukannya.

Apple telah membuat sangat mudah untuk mengambil tangkapan layar di iPhone Anda. Memungkinkan Anda untuk menangkap apa pun yang ada di layar Anda untuk dibagikan dengan cepat kepada teman-teman melalui email atau teks. Atau mungkin Anda ingin mempostingnya di jejaring sosial populer seperti Facebook dan Twitter. Anda juga dapat mengirim tangkapan layar ke dukungan teknis perusahaan Anda untuk analisis lebih lanjut. Atau menggunakannya untuk menyiapkan panduan yang mengumpulkan berbagai tip dan trik Pokemon Go. Terlepas dari keperluannya, inilah semua yang perlu Anda ketahui.

Cara ss di iPhone (generasi apa pun)

1. Cara ss di iPhone menggunakan tombol fisik

  • Pilih tombol yang diperlukan

Mengambil tangkapan layar semudah menekan dua tombol fisik secara bersamaan, tetapi dua tombol mana yang harus ditekan bergantung pada model iPhone yang Anda gunakan.

Langkah 1: Tombol pertama yang perlu Anda tekan adalah tombol di dekat sudut kanan atas iPhone Anda. Itu akan terletak di samping atau di atas sudut, tergantung pada modelnya. Ini adalah tombol yang sama yang biasanya Anda tekan untuk mematikan layar dan mengunci iPhone Anda.

Langkah 2: Jika Anda menggunakan model iPhone yang lebih baru dengan ID Wajah dan tidak ada tombol di bagian depan, tombol lain yang perlu Anda tekan adalah Volume Naik, yang terletak di sisi kiri iPhone Anda. Perangkat ini termasuk iPhone X, iPhone XR, semua model iPhone XS, iPhone 11, iPhone 12, dan iPhone 13.

Langkah 3: Jika iPhone Anda memiliki tombol Home melingkar di bagian depan, ini adalah tombol kedua yang akan Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar. iPhone dengan tombol beranda depan termasuk iPhone SE 2020 saat ini, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan setiap model iPhone yang dirilis sebelum 2017. Kecuali Anda menggunakan model iPhone yang sangat lama, tombol ini juga berfungsi sebagai sensor sidik jari untuk Kontak identitas.

  • Ambil tangkapan layar Anda dengan tombol fisik

Sekarang, cara ss di iPhone dengan tombol fisik yang sudah tersedia. Memang, tampaknya perlu sedikit latihan supaya terbiasa.

Langkah 1: Buka layar tempat Anda ingin menyimpan gambar. Ini bisa berupa layar beranda, layar kunci, atau hampir semua aplikasi di perangkat Anda.

Langkah 2: Jika Anda memiliki iPhone dengan ID Wajah, tekan tombol Samping dan tombol Volume Naik secara bersamaan. Jika iPhone Anda memiliki tombol beranda, tekan tombol itu dan tombol samping/atas secara bersamaan.

Langkah 3: Jika Anda menekan tombol dengan benar, layar iPhone Anda akan berkedip putih sebentar, menunjukkan bahwa tangkapan layar berfungsi dengan baik. Jika perangkat Anda tidak dalam mode senyap, Anda juga akan mendengar suara rana yang sama dengan yang Anda dengar saat mengambil foto di app Kamera iPhone.

Menggunakan tombol samping pada iPhone X dan model yang lebih baru membuatnya sangat mudah, karena pada dasarnya Anda hanya perlu menekan sisi iPhone dengan satu tangan. Ini bisa lebih rumit dengan model yang menggunakan tombol beranda, karena Anda mungkin perlu menggunakan dua jari. Jika Anda menekan tombol samping atau atas sepersekian detik sebelum tombol beranda, layar iPhone akan mati alih-alih mengambil tangkapan layar. Mungkin perlu beberapa latihan untuk mendapatkan waktu yang tepat.

BACA JUGA:   Cara Daftar Go Kilat Online, Mudah Bisa dapat Jutaan!

Perlu juga dicatat bahwa meskipun iPhone Anda memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dari hampir semua aplikasi, tangkapan layar yang diambil di aplikasi streaming premium seperti Netflix dan Disney+ akan menghasilkan gambar hitam, bukan gambar film atau acara TV. Ini bukan bug – aplikasi ini dirancang khusus untuk mencegah Anda mengambil tangkapan layar video karena alasan hak cipta.

Cara edit dan beri anotasi pada tangkapan layar yang diambil

Setelah Anda berhasil dengan cara ss di iPhone, Anda akan melihat pratinjau kecil di sudut kiri bawah layar Anda. Pratinjau ini akan hilang secara otomatis dalam beberapa detik. Tetapi Anda juga dapat menggesernya ke kiri untuk mengabaikannya. Dalam hal ini, tangkapan layar disimpan dengan aman di perpustakaan foto Anda dan Anda dapat melanjutkan apa pun yang Anda lakukan sebelumnya.

Namun, Anda juga dapat menyeret tangkapan layar untuk melakukan beberapa pengeditan dan anotasi cepat sebelum itu terjadi. Begini caranya.

Langkah 1: Setelah mengambil tangkapan layar, klik gambar mini yang muncul di sudut kiri bawah layar Anda.

Langkah 2: Tangkapan layar Anda akan terbuka di jendela pengeditan yang disederhanakan, siap untuk dipotong atau diberi keterangan.

Langkah 3: Jika Anda lebih suka menyimpan hanya sebagian dari tangkapan layar Anda, Anda dapat menyesuaikan ukuran pemangkasan untuk menggambar kotak di sekitar bagian yang ingin Anda simpan. Anda juga dapat menggunakan gerakan cubit-untuk-memperkecil atau memperbesar sebagian tangkapan layar.

Langkah 4: Anda juga dapat menambahkan tag dan anotasi lain ke tangkapan layar Anda dengan menggambar dengan jari Anda. Berbagai alat anotasi dapat ditemukan di bagian bawah layar pengeditan. Anda juga dapat menemukan tombol Undo dan Redo di bagian atas layar sehingga Anda dapat kembali ke pengeditan yang tidak Anda sukai.

Langkah 5: Untuk menambahkan anotasi lanjutan, seperti kotak teks, kaca pembesar, atau tanda tangan Anda, klik tombol Plus di sudut kanan bawah dan pilih opsi yang sesuai dari menu popup.

Langkah 6: Setelah selesai mengedit, ketuk Selesai di sudut kiri atas.

Layar iPhone menampilkan opsi untuk menyimpan atau menghapus tangkapan layar.

Langkah 7: Pilih Simpan ke Foto atau Simpan ke File untuk masing-masing menyimpan foto yang dihasilkan ke HP atau iCloud Drive. Anda juga dapat mengklik Hapus tangkapan layar jika berubah pikiran dan tidak ingin menyimpannya.

  • Catatan

Perhatikan bahwa jika Anda mengambil beberapa tangkapan layar secara berurutan, semuanya akan muncul di jendela pengeditan secara bersamaan. Anda dapat menggeser ke kiri dan kanan untuk berpindah di antara mereka dan mengedit masing-masing satu per satu. Anda dapat membuang satu tangkapan layar dari tampilan pengeditan ini dengan mengeklik ikon tempat sampah di bagian atas layar. Mengklik Selesai akan meminta Anda untuk menyimpan atau menghapus seluruh grup.

Cara bagikan tangkapan layar

Secara default, tangkapan layar secara otomatis disimpan ke perpustakaan foto Anda. Ini adalah tempat Anda dapat membagikannya dengan cara yang sama seperti foto lainnya. Namun, jika Anda mengambil tangkapan layar khusus untuk dibagikan dengan seseorang atau diposting di media sosial, Anda dapat langsung membagikannya. Ini juga memungkinkan Anda untuk menghindari menyimpan salinan ke perpustakaan foto Anda jika Anda tidak perlu menyimpannya setelah itu. Begini caranya.

Langkah 1: Setelah mengambil tangkapan layar, klik gambar mini yang muncul di sudut kiri bawah layar Anda.

BACA JUGA:   Cendo Xitrol Untuk Apa

Langkah 2: Tangkapan layar Anda akan terbuka dalam mode anotasi yang ditunjukkan di bagian terakhir.

Langkah 3: Jika Anda ingin memotong atau membubuhi keterangan pada tangkapan layar sebelum membagikannya, silakan.

Langkah 4: Setelah selesai cara ss di iPhone, klik tombol Bagikan di sudut kanan atas.

Langkah 5: Lembar berbagi iOS standar akan muncul, memungkinkan Anda mengirim gambar melalui teks atau email, mempostingnya ke media sosial, mengirimkannya ke perangkat Apple lain melalui AirDrop, atau bahkan menyimpannya di tempat lain, seperti di Apple Notes.

Langkah 6: Jika Anda ingin membagikan tangkapan layar Anda dengan layanan lain, klik tombol Bagikan lagi. Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini sesering yang Anda suka untuk berbagi di banyak tempat.

Langkah 7: Setelah selesai berbagi, ketuk Selesai di sudut kiri atas.

Langkah 8: Pilih Simpan ke Gambar atau Simpan ke File jika Anda ingin menyimpan salinan tangkapan layar Anda; Jika tidak, ketuk Hapus Tangkapan Layar. Opsi ini hanya memengaruhi apakah tangkapan layar disimpan ke Perpustakaan Foto Anda atau ke iCloud Drive—dan akan tetap dikirim atau disimpan ke semua tempat lain yang telah Anda bagikan.

Cara ss di iPhone dengan AssistiveTouch

AssistiveTouch memungkinkan pengguna untuk melakukan perintah berbasis sentuhan yang lebih kompleks di iPhone — seperti zoom, swipe dengan beberapa jari, atau mengaktifkan 3D Touch — dengan menu sederhana hanya dengan beberapa klik saja. Ini berguna untuk banyak hal, tetapi dalam hal ini merupakan cara alternatif untuk cara mengambil tangkapan layar di iPhone jika salah satu tombol tidak berfungsi dengan baik karena Anda tidak dapat menekan keduanya secara bersamaan. Berikut cara mengatur dan menggunakannya.

Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan.

Langkah 2: Ketuk Aksesibilitas.

Langkah 3: Ketuk Sentuh.

Langkah 4: Ketuk AssistiveTouch

Langkah 5: Aktifkan AssistiveTouch. Anda akan melihat tombol AssistiveTouch muncul di layar Anda, sebagai rangkaian lingkaran konsentris yang samar.

Langkah 6: Klik dua kali.

Layar iPhone menampilkan pengaturan AssistiveTouch.

Langkah 7: Gulir ke bawah dan ketuk Tangkapan Layar.

Langkah 8: Geser ke atas untuk kembali ke layar beranda. Tombol AssistiveTouch harus tetap berada di layar.

Langkah 9: Saat Anda menemukan layar yang ingin Anda simpan gambarnya, klik dua kali tombol AssistiveTouch. Layar iPhone Anda akan berkedip putih untuk beberapa saat dan Anda juga akan mendengar suara rana yang sama dengan yang Anda dengar saat mengambil foto di aplikasi Kamera iPhone, selama perangkat Anda tidak dalam mode senyap.

Langkah 10: Thumbnail dari tangkapan layar akan muncul di sudut kiri bawah layar. Setelah beberapa detik, ini akan hilang dan tangkapan layar akan secara otomatis disimpan ke Photo Library Anda. Anda juga dapat menyeretnya kapan saja untuk menyimpannya ke perpustakaan foto Anda secara instan, atau mengkliknya untuk memotong, membubuhi keterangan, atau membagikannya menggunakan langkah-langkah yang diuraikan sebelumnya.

  • Catatan

Perhatikan bahwa AssistiveTouch menawarkan sejumlah cara lain untuk melakukan ini juga. Misalnya, jika Anda mau, Anda dapat mengatur pintasan tangkapan layar ke tekan lama alih-alih tekan dua kali. Anda juga dapat mengklik sekali tombol AssistiveTouch untuk membuka menu yang mencakup berbagai fungsi lainnya. Anda juga dapat mengambil tangkapan layar dari menu ini dengan mengeklik Perangkat > Lainnya > Tangkapan Layar, yang mungkin berguna jika Anda lebih suka menyetel tindakan klik dua kali dan tekan lama untuk melakukan tugas lain.

Inilah cara mengambil tangkapan layar di iPhone, semoga bermanfaat.