Notif WA Tidak Muncul
Notif WA Tidak Muncul

Notif WA Tidak Muncul

Notif WA tidak muncul ada beberapa alasan. Mulai salah setting hingga error di apliaksi. Bahkan, terkadang ada juga error yang random dan tak diketahui asalnya.

Tetapi, jangan khawatir, ini daftar cara mengatasi notif Wa yang tidak bisa muncul.

Pesan WhatsApp adalah cara populer dan gratis untuk terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega di ponsel pintar Android, iPhone, dan Windows. Terkadang pemberitahuan aplikasi berhenti berfungsi dengan benar, memaksa Anda membuka aplikasi untuk memeriksa secara manual apakah Anda telah menerima pesan langsung ke chat pribadi WA Anda. Hal ini membuat frustrasi dan memakan waktu.

Masalah yang mencegah notifikasi tampil ternyata juga dapat menyebabkan notifikasi WhatsApp hilang di layar kunci. Cobalah solusi ini untuk memecahkan masalah dan kembali berhubungan lebih mudah dengan teman, rekan kerja, dan anggota keluarga.

Informasi dalam artikel ini berlaku untuk WhatsApp di ponsel dengan Android 4.0.3 dan lebih baru, iPhone dengan iOS 9 dan lebih baru, Windows 10, dan Windows 8.

Apa saja penyebab Notif WA tidak muncul

Saat notifikasi WhatsApp Anda tidak berfungsi, pengaturan atau preferensi aplikasi yang salah mungkin dipilih. Di lain waktu, beberapa izin perangkat mungkin telah dinonaktifkan. Terkadang tidak ada penyebab yang jelas.

Cara memperbaiki notifikasi WhatsApp tidak berfungsi

1. Pastikan internet lancar

Bagaimana mungkin cara memperbaiki notifikasi WhatsApp bisa berjalan jika tidak terhubung internet.

A) Pastikan jaringan WiFi lancar

Saat notifikasi WhatsApp tidak muncul, silahkan buat notifikasi dan peringatan Anda berfungsi kembali di iPhone, Android, Windows, dan web dengan perbaikan berikut.

Matikan mode Pesawat. Semua platform memiliki semacam mode Pesawat yang mematikan semua koneksi internet dan mencegah pesan WhatsApp baru tiba dan mengirimi Anda pemberitahuan.

B) Verifikasi bahwa Anda terhubung ke Internet

Jika Anda menonaktifkan koneksi seluler dan Wi-Fi, Anda tidak akan menerima panggilan atau pesan obrolan WhatsApp. Menghubungkan perangkat iPhone atau Android Anda ke Wi-Fi memungkinkan pemberitahuan dikirimkan. Kemudian, pastikan juga bahwa sambungan internet itu lancar. Misalnya, coba buka sebuah situs.

Mintalah bantuan dari seorang teman. Anda hanya mendapatkan notifikasi WhatsApp ketika seseorang menelepon atau mengirimi Anda pesan di aplikasi. Mintalah seorang teman untuk mengirimi Anda pesan obrolan WhatsApp sehingga Anda dapat melihat apakah ada masalah.

Minta seseorang untuk mengirimi Anda pesan WhatsApp setelah mencoba setiap solusi ini. Anda bisa melihat apakah masalah notif wa tidak muncul sudah diperbaiki.

C) Periksa pengaturan Jangan Ganggu

Ini dapat memengaruhi jenis notifikasi aplikasi yang Anda terima, cara notifikasi muncul, dan kapan Anda mendapatkannya. Periksa kembali untuk memastikan bahwa fitur ini tidak membuat notifikasi WhatsApp Anda mute.

D) Matikan Wi-Fi dan ganti ke paket data

Meskipun Anda mungkin tersambung ke jaringan Wi-Fi, layanan internet Anda mungkin sedang tidak aktif. Matikan Wi-Fi di iPhone atau ponsel cerdas Android Anda dan buka jaringan seluler untuk melihat apakah itu membantu.

2. Kelola notifikasi dalam aplikasi WhatsApp

Buka WhatsApp dan buka Pengaturan > Pemberitahuan dan pastikan preferensi Pemberitahuan dihidupkan. Preferensi on jika sakelar sudah berwarna hijau. Caranya, geser saklar ke kanan.

3. Mulai ulang perangkat

Cara memperbaiki notifikasi WhatsApp mungkin hanya sesederhana restart perangkat. Bahkan, memulai ulang laptop, komputer, iPhone, perangkat Android, atau Windows dapat memperbaiki banyak masalah.

4. Perbarui aplikasi

A) Update Sistem Operasi

Seperti me-restart perangkat Anda, menginstal pembaruan sistem operasi terbaru sering kali memperbaiki gangguan yang Anda alami.

B) Perbarui aplikasi WhatsApp

Terkadang, versi baru dari sistem operasi dapat menyebabkan beberapa fitur aplikasi berhenti bekerja dengan benar. Pembaruan aplikasi dapat memperbaikinya dengan meningkatkan kompatibilitas. Apa pun sistem operasi yang Anda gunakan, penting untuk selalu memperbaruinya untuk mendapatkan fitur, perbaikan, dan pembaruan keamanan terbaru.

5. Periksa apakah Mode Daya Rendah aktif

Banyak perangkat memiliki fitur yang secara otomatis menonaktifkan aktivitas aplikasi latar belakang dan notifikasi saat baterai hampir habis. Periksa untuk memastikan ini tidak diaktifkan secara tidak sengaja.

Cara mengatasi notif WA tidak muncul di Smartphone Android dan iPhone

Periksa pengaturan notifikasi WhatsApp Anda untuk iOS dan Android. Buka Pengaturan > WhatsApp > Notifikasi di iPhone atau Manajer Aplikasi > WhatsApp > Notifikasi di Android. Selanjutnya, pastikan semua pengaturan notifikasi yang sesuai telah diaktifkan.

1. Aktifkan data latar belakang

Buka Pengaturan > WhatsApp di iPhone dan periksa apakah Penyegaran Aplikasi Latar Belakang dan Data Seluler diaktifkan. Di Android, buka Manajer Aplikasi > WhatsApp > Penggunaan Data dan pastikan Batasi data latar belakang tidak dicentang.

2. Keluar dari perangkat lain

Anda mungkin menerima pemberitahuan WhatsApp di perangkat lain jika Anda masuk ke WhatsApp di beberapa tempat. Keluar dari semua aplikasi WhatsApp Anda di ponsel, tablet, dan komputer, lalu masuk hanya di satu perangkat.

3. Keluar dari WhatsApp versi web

Cara memperbaiki notifikasi WhatsApp termasuk keluar dari Wa Web. Jika Anda masuk di browser web untuk mengakses akun Anda.

Cara memperbaiki notifikasi WhatsApp di desktop PC dan Laptop

Aktifkan notifikasi desktop. Jika Anda menggunakan WhatsApp versi web, aktifkan notifikasi dengan mengklik perintah di browser web Anda saat terhubung ke akun Anda. Jika Anda tidak melihat perintah, maka browser tidak mendukung pemberitahuan desktop. Gunakan browser lain yang bisa berfungsiuntuk notifikasi seperti Microsoft Edge atau Google Chrome.

Anda juga dapat memeriksa pengaturan pemberitahuan desktop untuk situs web mana pun di Edge dengan membuka Pengaturan > Lanjutan > Kelola Izin dan mengetuk nama situs web. Prosesnya serupa di browser lain.

Inilah alasan mengapa Notif WA tidak muncul serta berbagai cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …