Cara Umum Memperbaiki Play Store

  • Bagikan
Cara Umum Memperbaiki Play Store
Cara Umum Memperbaiki Play Store

Cara umum memperbaiki Play Store.  Kami memiliki 5 Solusi Mudah untuk Masalah Umum Google Play Store. Ini bagi Anda yang menemukan Google PlayStore Anda mengalami error.

Saat Google Play Store mogok, terkadang kode kesalahan ditampilkan. Meskipun sangat membantu untuk mencari kode di Internet, seringkali tidak diperlukan. Sebagian besar masalah Play Store memerlukan satu dari lima solusi dasar.

Cara umum memperbaiki Play Store

Ada lima solusi berbeda untuk memperbaiki sebagian besar kesalahan Play Store. Anda tidak perlu menggunakan semua ini; coba yang pertama dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah. Jika tidak, maka lanjutkan ke yang berikutnya.

Lima koreksi tersebut adalah:

  1. Tutup aplikasi, lalu hapus cache dan/atau simpan data.
  2. Beralih dari koneksi data ke Wi-Fi.
  3. Copot pemasangan pembaruan di Play Store dan perbarui lagi.
  4. Perbarui akun Google Anda.
  5. Daftarkan perangkat Anda dengan Google.

Mengikuti langkah-langkah ini akan menyelesaikan sebagian besar masalah Play Store. Namun, kami akan membahas beberapa kode kesalahan umum yang tidak akan diselesaikan oleh metode ini nanti.

Karena perubahan Android menyebabkan Google Play Store terganggu

Diskusi ini tidak membahas perangkat yang di-rooting atau perangkat dengan ROM khusus. Proses ini mengubah file sistem Android dan dengan demikian memperkenalkan terlalu banyak variabel untuk didiagnosis. Perubahan ini dapat mengganggu pengoperasian Play Store.

Ini adalah alasan utama mengapa menginstal ROM khusus atau memulihkan cadangan menggunakan pemulihan khusus terkadang membuat Store tidak berfungsi. Kami merekomendasikan menggunakan Titanium Backup atau solusi cadangan serupa untuk memulihkan aplikasi yang berisi data.

Jangan menganggapnya buruk; ada banyak alasan untuk menginstal ROM kustom. Sayangnya, ketika terjadi kesalahan (seperti yang sering terjadi), pemecahan masalah membutuhkan lebih banyak pengalaman dan upaya daripada dengan perangkat yang tidak dimodifikasi.

1. Cara umum memperbaiki Play Store dengan Keluar dari aplikasi, hapus cache dan data

Google Play Store mengandalkan proses lain yang berjalan tanpa suara di latar belakang. Setiap kali Anda menghapus Play Store, sebaiknya lakukan hal yang sama dengan Layanan Google Play dan Kerangka Layanan Google. Opsional, Anda mungkin juga ingin menghapus data Download Manager.

Setelah perangkat dihapus, reboot perangkat Anda dan coba penginstalan atau perbarui lagi. Ini mungkin mengharuskan Anda untuk memasukkan kembali kredensial Anda. Berikut adalah program langkah-demi-langkah (prosesnya mungkin sedikit berbeda tergantung pada perangkat Anda dan versi Android):

Pertama, buka Pengaturan. Lalu buka Aplikasi dan temukan tab Semua. (Di Android 9 Pie, pilih Apps & Notifications > See All X Apps.)

Pilih Google Play Store di sini. Pilih Force Stop, yang akan menghentikan proses aplikasi. Kemudian ketuk Penyimpanan untuk mendapatkan lebih banyak opsi. Pada layar yang dihasilkan, ketuk Hapus Cache untuk menghapus data sementara dan semoga memperbaiki masalah.

Jika tidak, Anda dapat mencoba Hapus Data. Ini juga membersihkan cache tetapi pada dasarnya mengembalikan aplikasi ke keadaan semula. Ini berarti Anda mungkin perlu masuk lagi dan mengonfigurasi ulang preferensi Anda.

Jika proses di atas tidak menyelesaikan masalah, coba ulangi untuk layanan Google Play, Kerangka Layanan Google, dan Pengelola Unduhan. Perhatikan bahwa Anda perlu mengetuk tombol menu tiga titik di sudut kanan atas layar Semua aplikasi dan mengaktifkan Tampilkan sistem untuk melihat dua item terakhir.

2, Beralih dari data ke Wi-Fi

Cara umum memperbaiki Play Store kedua adalah mencoba menggunakan Wifi.

Banyak aplikasi tidak akan dipasang jika Anda memiliki koneksi internet yang tidak dapat diandalkan, yang merupakan masalah umum dengan data seluler.

Untuk beralih antara data seluler dan Wi-Fi, geser ke bawah dengan dua jari dari atas layar untuk membuka Pengaturan cepat. Tekan dan tahan ikon Wi-Fi untuk membuka pengaturan, di mana Anda dapat menemukan daftar jaringan terdekat. Jika tidak ada kecocokan di sekitar, tunggu hingga Anda kembali ke jaringan asal.

Hal ini juga dapat memiliki masalah sebaliknya. Jika Anda mengalami masalah saat memasang aplikasi di jaringan Wi-Fi, coba beralih ke data seluler dan instal ulang. Jika ini berhasil, Anda mungkin perlu mendiagnosis masalah pada jaringan.

Terakhir, Anda juga harus menonaktifkan VPN jika Anda menggunakannya. VPN dapat menyebabkan masalah dengan unduhan dari Play Store.

3. Cara umum memperbaiki Play Store dengan Instal ulang

Pada perangkat yang di-rooting, Anda dapat mencopot pemasangan aplikasi Play Store dan memasangnya dari awal. Tetapi bahkan pada perangkat yang tidak di-rooting, Anda dapat melakukan langkah pemecahan masalah yang serupa.

Untuk melakukan ini, buka Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Lihat semua aplikasi X. Pilih Google Play Store dari daftar. Di halaman, ketuk tombol menu tiga titik dan pilih Copot pemasangan pembaruan. Ini akan mengembalikan aplikasi Play Store ke versi aslinya.

Setelah selesai, ada dua cara untuk memperbarui Play Store ke versi terbaru. Salah satu caranya adalah dengan membuka Play Store dan pilih Pengaturan dari menu geser. Gulir ke bawah di sini dan ketuk item versi Play Store untuk memeriksa pembaruan.

Atau, Anda dapat mengambil salinan APK Play Store dari APKMirror dan menggantinya untuk memaksa pembaruan. Lihat di bawah untuk informasi lebih lanjut tentang sideloading.

4. Perbarui akun Google Anda

Cara umum memperbaiki Play Store yang lain adalah dengan memperbarui akun Google.

Memperbarui (menghapus dan menambahkan kembali) akun Google Anda tidak terlalu sulit. Peringatan: Ini akan menghapus data perangkat Anda yang disinkronkan dengan akun Google Anda. Ini bisa berupa pesan, foto, kontak, dan lainnya.

Pertama, buka Pengaturan> Akun. Pilih akun Google yang mengalami masalah. Jika beberapa akun mengalami masalah, hapus semuanya. Di Android Pie, Anda cukup mengetuk Hapus Akun untuk menghapusnya. Di versi sebelumnya, ketuk tombol menu tiga titik dan pilih Hapus akun.

Anda kemudian dapat menambahkan akun Anda lagi dari menu Akun. Bukan ide yang buruk untuk me-reboot ponsel Anda setelah menambahkan akun Anda lagi.

5. Daftarkan perangkat Anda dengan Google

Cara umum memperbaiki Play Store yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya.

Pada tahun 2018, Google melakukan crack pada perangkat Android tanpa lisensi. Ini adalah ponsel dan tablet dari merek yang dirahasiakan yang tidak membayar biaya untuk sistem operasi Android. Dalam kebanyakan kasus, Google akan menghentikan Play Store agar tidak berfungsi sepenuhnya. Dalam kasus lain, Play Store tidak akan menjalankan aplikasi bermerek Google seperti Gmail atau Google Maps.

Anda mungkin melihat kode kesalahan 501 atau peringatan yang menunjukkan bahwa Anda memiliki perangkat yang tidak berlisensi. Dalam kasus lain, Anda mungkin tidak menerima pesan kesalahan atau peringatan apa pun. Untungnya, Google sekarang mengizinkan akses perangkat yang tidak sah ke Play Store. Tetapi ada satu hal yang menarik: Anda harus mendaftarkan perangkat ke Google. Prosesnya sederhana.

5. Daftarkan perangkat Android Anda dengan Google

Ini adalah cara memperbaiki Google Playstore lainnya.

Unduh dan instal aplikasi Device ID terlebih dahulu untuk mengakses data ponsel Anda dengan mudah. Jika Anda tidak dapat mengakses Play Store, coba aplikasi dari APKMirror. Setelah terinstal, salin nomor Kerangka Layanan Google.

Kedua, sekarang Anda telah menyalin nomor ke clipboard Anda, pergilah ke situs pendaftaran perangkat Google. Di sini Anda harus masuk ke akun Google Anda. Setelah masuk, tekan lama kotak entri teks untuk ID Android Kerangka Layanan Google dan tempel nomor yang disalin dari aplikasi, lalu tekan tombol Daftar.

Mulai ulang perangkat Anda. Setelah reboot, Anda seharusnya dapat memperbarui Google Play Store atau mengunduh aplikasi seperti biasa.

Kode dan Solusi Kesalahan Google Play Store lainnya

Setelah mengetahui jawaban cara umum memperbaiki Play Store, kita menuju ke, apa kesalahan spesifik di Playstore.

Pengguna XDA telah menyusun daftar kode kesalahan Play Store dengan sekitar 20 masalah umum. Sebagian besar mengharuskan Anda untuk melakukan tindakan yang tercantum di atas (mengosongkan cache dan sejenisnya), meskipun ada beberapa pengecualian untuk aturan ini.

Pengecualian ini adalah:

  • Kesalahan 498: Dalam hal ini, cache telepon penuh. Coba bersihkan partisi cache menggunakan reset telepon.
  • Kesalahan 919: Memori telepon penuh. Anda harus mengosongkan ruang di perangkat Anda untuk melanjutkan.
  • Kesalahan 403: Anda menggunakan dua akun Google yang berbeda pada perangkat yang sama. Anda harus menggunakan akun yang benar; pertimbangkan untuk menghilangkan yang lain.
  • Kesalahan 927: Play Store sudah memperbarui sehingga tidak perlu memperbaikinya. Tunggu saja sampai pembaruan selesai.
  • Kesalahan 101: Anda menginstal terlalu banyak aplikasi. Coba hapus beberapa.
  • Kesalahan 919: Pengaturan nama titik akses salah. Ini membutuhkan pengaturan APN yang benar dan mengkonfigurasi ulang perangkat.

Aplikasi untuk mendiagnosis masalah Play Store

Salah satu sumber terbaik untuk masalah ini adalah Kode Kesalahan dan aplikasi Perbaikan, yang menggabungkan pengetahuan pengguna dan editor AndroidPIT dalam memperbaiki kode kesalahan Android. Aplikasi ini dirancang sebagai alat referensi dan berisi kode kesalahan Android dan kode kesalahan Play Store. Masukkan kode yang Anda lihat dan aplikasi akan menunjukkan solusi yang memungkinkan.

Kelemahannya adalah aplikasi ini menampilkan iklan layar penuh. Meskipun iklan adalah harga kecil yang harus dibayar untuk memecahkan masalah penonaktifan perangkat, Anda mungkin lebih suka mencari kode kesalahan khusus Anda sendiri di Google jika Anda belum melakukannya.

Jika semuanya gagal, Anda selalu dapat mencoba Amazon App Store atau F-Droid. Keduanya dapat diinstal di hampir semua perangkat dan memiliki lebih sedikit masalah daripada Google Play Store.

Inilah cara umum memperbaiki Play Store, Semoga memberikan manfaat. Salam sukses selalu.

  • Bagikan