Cara Memperbaiki Facebook yang Tidak Bisa Login
Cara Memperbaiki Facebook yang Tidak Bisa Login

Cara Memperbaiki Facebook yang Tidak Bisa Login

Cara memperbaiki Facebook yang tidak bisa login. Ada banyak alasan mengapa akun Facebook tidak bisa login. Setiap penyebab yang ada membutuhkan solusi yang berbeda.

Selama tidak melanggar aturan komunitas Facebook, kemungkinan akun Anda masih bisa disimpan dan login kembali seperti biasa. Gubuk Pintar akan mencoba merangkum penyebab umum masalah login FB dan solusinya, yang kami harap dapat membantu Anda.

Yuk, langsung cek part selanjutnya dari artikel ini!

Cara memperbaiki Facebook yang tidak bisa login

Seperti disebutkan di atas, ada banyak penyebab masalah login FB sehingga Facebook tidak bisa login. Gubuk Pintar akan coba uraikan penyebab dan solusinya satu persatu, simak berikut ini.

Penyebab Facebook tidak bisa login dan solusinya

1. Kesalahan Identitas Masuk

Mungkin terdengar sepele, tapi pastikan dulu identitas login Facebook yang Anda masukkan sudah benar. Ada 3 identitas login Facebook yang valid, yaitu:

  • Surel
  • Nomor telepon
  • Nama pengguna

Ketiganya case sensitif, kesalahan kecil langsung ditolak oleh Facebook. Oleh karena itu, Anda harus akurat dalam menulis setiap karakter.

Pastikan juga identitas login yang Anda gunakan sudah benar dan tidak salah. Dalam beberapa kasus, ada pengguna yang lupa bahwa mereka telah mengubah alamat email, nomor telepon atau nama pengguna sehingga mereka tidak dapat melakukannya saat digunakan untuk login.

  • Solusi

Perhatikan penulisan setiap karakter alamat email, nomor telepon, atau nama pengguna yang digunakan untuk masuk karena cukup peka huruf besar-kecil

Pastikan alamat email, nomor telepon, atau nama pengguna yang Anda gunakan untuk masuk dikaitkan dengan benar dengan akun Facebook Anda

2. Cara memperbaiki Facebook yang tidak bisa login karena salah ketik password

Banyak masalah akses FB juga disebabkan oleh penulisan kata sandi yang salah. Setiap kali Anda memasukkan kata sandi, tentu saja tidak langsung terlihat karena alasan privasi.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat apakah tulisan Anda benar atau tidak.

Anda mungkin juga salah memasukkan sandi lama. Pertama-tama, coba ingat-ingat, apakah Anda pernah mengganti password akun Anda dengan yang baru atau belum.

  • Solusi

Tekan ikon untuk melihat kata sandi yang Anda tulis di halaman login Facebook

Pastikan Anda menggunakan kata sandi terbaru

3. Lupa kata sandi facebook

Sebagian besar masalah login FB ini terjadi pada mereka yang sudah lama tidak aktif menggunakan Facebook.

Lupa kata sandi adalah masalah paling umum yang terjadi ketika terjadi kesalahan login FB. Tapi selama Anda memiliki akses ke email akun Facebook, akun Anda masih bisa aman.

Ikuti langkah-langkah Facebook lupa kata sandi untuk menyelesaikan masalah.

  • Solusi

Buka halaman login Facebook dan klik Lupa kata sandi Anda?

  • Lupa Kata Sandi Facebook
  • Masukkan email akun Facebook Anda, nomor telepon atau nama pengguna
  • Ketika akun Anda ditemukan, pilih metode verifikasi pilihan Anda, misalnya email atau pesan teks
  • Buka kotak masuk Anda untuk menemukan kode verifikasi dan kemudian verifikasi

Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman baru untuk mereset kata sandi Facebook Anda.

Cara memperbaiki Facebook yang tidak bisa login selanjutnya.

4. Lupa email akun Facebook Anda

Bagi Anda yang sudah lama tidak login ke akun Facebook, hal ini bisa saja terjadi. Lupa alamat email akun Facebook Anda juga merupakan salah satu masalah login FB yang paling umum.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa mengatasi masalah ini, seperti memanfaatkan fitur lupa password atau melihatnya langsung di akun Anda.

  • Solusi

Temukan email yang terkait dengan akun Anda, Anda dapat melihat caranya di artikel Lihat email FB

5. Koneksi internet tidak stabil

Setiap aktivitas login Facebook memerlukan koneksi antara server dan perangkat pengguna. Ini diperlukan untuk mencocokkan detail login yang dimasukkan oleh pengguna dan data di server Facebook. Jika koneksi terputus, proses ini tidak dapat dilakukan.

Gangguan konektivitas antara perangkat dan server Facebook akhirnya menyebabkan login yang gagal. Oleh karena itu, pastikan koneksi Anda stabil jika ingin login dan menggunakan Facebook.

  • Solusi

  • Dapatkan diri Anda dalam posisi dengan sinyal yang bagus
  • Alihkan saluran Wi-Fi atau paket data ke sumber lain.

Jika ternyata sambunga internaet lemot, maka cara memperbaiki Facebook yang tidak bisa login adalah dengan mengganti internet.

6. Akun dinonaktifkan oleh Facebook

Alasan lain mengapa Facebook tidak bisa masuk adalah karena akun Anda telah dinonaktifkan oleh FB. Jika ini masalahnya, solusi yang mungkin untuk masalah tersebut mungkin berbeda. Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan akun Anda dinonaktifkan.

Facebook dikenal lebih ketat dalam memantau komunitasnya, akan bertindak tegas jika Anda melakukan hal-hal yang dilarang seperti:

  • Publikasikan postingan yang tidak memenuhi persyaratan Facebook
  • Menggunakan nama palsu dan meniru orang lain
  • Spamming, ujaran kebencian, promosi konten negatif dan aktivitas ilegal
  • Melakukan Aktivitas yang Melanggar Standar Komunitas Facebook

Jika terjadi salah satu diatas, akun bisa dinonaktifkan.

  • Solusi

Jika Anda yakin bahwa Anda tidak melanggar aturan yang ditetapkan, harap laporkan masalah login Facebook Anda di formulir ulasan akun Facebook

7. Cara memperbaiki Facebook yang tidak bisa login karena Akun diretas di tempat lain

Cukup aneh jika Anda menuliskan alamat email dan kata sandi yang benar, tetapi akun Anda tetap tidak bisa masuk. Dalam hal ini, coba cek email Anda atau minta teman untuk melihat aktivitas akun Facebook Anda. Lihat apakah sesuatu yang aneh terjadi.

Jika Anda menemukan sesuatu yang aneh di akun Facebook Anda, itu mencurigakan bahwa akun Anda telah diretas di tempat lain.

  • Solusi

Manfaatkan fitur lupa kata sandi untuk mendapatkan kembali akses ke akun Anda. Caranya sudah dibahas di bagian sebelumnya

Laporkan ke Facebook melalui halaman Laporan Peretasan Akun Facebook

8. Masalah dengan aplikasi Facebook

Cara memperbaiki Facebook yang tidak bisa login karena aplikasinya error.

Juga, bagi Anda yang menggunakan Facebook melalui seluler, masalah login FB yang Anda alami mungkin berasal dari aplikasi Facebook Anda. Sebagian besar waktu, masalah ini disebabkan oleh cache atau data yang hilang atau berlebihan.

Ciri-ciri dari aplikasi facebook yang bermasalah adalah adanya bagian dari aplikasi yang hilang atau tidak berfungsi secara maksimal, aplikasi terasa lemot atau aplikasi tidak terkoneksi dengan server facebook yang bukan disebabkan oleh masalah koneksi.

  • Solusi

Kosongkan cache aplikasi Facebook dan coba masuk lagi

Jika metode di atas masih tidak menyelesaikan masalah, paksa keluar dari aplikasi Facebook dan hapus data aplikasi. Kemudian coba buka Facebook lagi dan masuk

Jika masih tidak bisa, uninstal dan instal ulang aplikasi Facebook agar pengaturan kembali ke keadaan semula dan pastikan Anda menggunakan Facebook versi terbaru

9. Facebook diblokir oleh penyedia internet

Ketika Facebook diblokir oleh penyedia layanan internet Anda, ini jelas mencegah Facebook untuk masuk. Saat ini aturan ini banyak diterapkan di perusahaan agar karyawan tidak sibuk mengobrol di tempat kerja.

Diketahui juga bahwa Facebook sendiri telah diblokir oleh beberapa negara. Cara memperbaiki Facebook yang tidak bisa login juga berbeda dari yang lain.

  • Solusi

Ada beberapa langksh yang bisa diambil:

  • Menggunakan penyedia layanan internet/penyedia kartu yang berbeda
  • Menggunakan VPN untuk Masuk ke Facebook

10. Server Facebook mogok

Meskipun ini sangat jarang terjadi, Anda mungkin tidak masuk ke Facebook saat ini karena masalah server.

Jika sebuah situs mengalami pemeliharaan atau mengalami kerusakan server, biasanya situs tersebut tidak dapat diakses hingga masalah server teratasi.

Jika server Facebook lambat atau tidak merespon sama sekali, ini tidak memungkinkan Anda untuk login, sangat mungkin ketika ini terjadi, server Facebook sedang bermasalah.

Tanyakan juga kepada teman Anda apakah mereka mengalami hal yang sama atau tidak yakin.

Sayangnya, jika Facebook tetap tidak bisa diakses dan login, tidak ada solusi lain selain menunggu Facebook memperbaiki server.

Inilah panduan cara memperbaiki facebook yang tidak bisa login, semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …