Cara Memperbaiki Fuel Pump Motor Injeksi

Cara Memperbaiki Fuel Pump Motor Injeksi
Cara Memperbaiki Fuel Pump Motor Injeksi

Cara memperbaiki fuel pump motor injeksi.  Cara memperbaiki dan memasang fuel pump yang rusak pada motor beat fi.

Pompa bahan bakar pada sepeda motor injeksi memegang peran sangat penting. Jika rusak atau sudah lemah, maka motor bisa tersendat. Jumlah BBM yang disuplai tidak akan mencukupi. Karena itulah perlu untuk diperbaiki.

Cara perbaikan ini diterapkan untuk honda Beat F1. Tetapi secara mendasar bisa digunakan pada sepeda motor injeksi lainnya.

Salam Operasi dan Salam Aspal. Pompa bahan bakar atau pompa bensin adalah komponen jarum sepeda motor. Pompa bahan bakar bekerja untuk mengekstrak bensin dari tangki bahan bakar. Tujuannya supaya bensin mengalir ke saluran bahan bakar dan ke injektor terlebih dahulu. Jika mesin dalam kondisi normal. saat kunci kontak dihidupkan, pompa bahan bakar di tangki akan mengalir. Ini adalah tanda bahwa bensin telah ditambahkan ke tangki bahan bakar dan dalam keadaan siaga. Nah saat kunci starter atau Kick starter ditekan, injector akan menambah bahan bakar ke manifold.

Cara memperbaiki fuel pump motor injeksi

Dari sistem operasi kecil di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa pompa bahan bakar sangat penting untuk mesin. Tanpa pompa bensin, motor bakar tidak akan menerima pasokan bahan bakar, dan pompa bahan bakar harus memasok bahan bakar secara stabil, tidak bergetar. Pada artikel ini, kita akan melihat cara memperbaiki pompa bahan bakar yang rusak pada motor injeksi, karena ini sangat mempengaruhi jumlah bahan bakar yang disuntikkan. Tentu saja cara ini bisa digunakan untuk semua sepeda motor, namun tetap ada perbedaan karena bentuk dan posisi pompa bahan bakar yang berbeda.

BACA JUGA:   Cara Membuka Kunci Motor yang Hilang, Beneran Sulit?

Cara memperbaiki pompa bahan bakar motor

Sebelum tahu cara memperbaiki fuel pump motor injeksi, kita cari tahu dulu ciri-ciri fuel pump/gas pump yang rusak. Gasoline pump yang rusak memiliki tekanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan pabrikan. Oleh karena itu, tekanan normal pompa bensin pada motor injeksi dianggap aman dan tidak ada masalah jika tekanannya berkisar 270 – 310 kPa. Kita harus menggunakan alat pengukur tekanan. Alat pengukur tekanan yang banyak dijual di pasaran. Namun seringkali bukan penggunaan satuan atau kpa yang berbeda tetapi penggunaan satuan bar dan psi.

1. Mengganti pompa bahan bakar secara keseluruhan

Pompa bahan bakar yang rusak dan tekanan di bawah spesifikasi pabrik sering disebabkan oleh regulator tekanan yang salah. Solusi yang tepat adalah mengganti pompa bahan bakar / pompa bensin. Namun karena sangat mahal dan seringkali menghabiskan biaya lebih dari Rp 500.000. pengendara sepeda enggan mengganti pompa bahan bakar.

2. Mengganti pengatur tekanan

Ada cara memperbaiki fuel pump motor injeksi yang lebih murah. Cara ini bisa dilakukan untuk semua motor injeksi dan tampaknya berlaku untuk merk. Caranya ganti rotor atau pengatur tekanan, bahasa ringannya ganti mesin dari pompa bahan bakar. Cara ini sangat murah dibandingkan dengan mengganti pompa bahan bakar keseluruhan. Karena, biaya sebuah rotor/pengatur tekanan biasanya sekitar 150.000 ribu. Penting untuk diketahui bahwa ada banyak merek after-market untuk pengatur tekanan di pasaran. Sehingga Anda harus memilih dan mempertimbangkan merek pompa bahan bakar mana yang akan dipilih. Seringkali pompa bahan bakar aftermarket memiliki tekanan yang lebih kecil dari persyaratan pabrikan. Hasilnya efek penggantian rotak / pengatur tekanan akan sia-sia.

BACA JUGA:   Cara Membuat STNK dan BPKB Motor Bodong Akibat Hilang

Bagaimana cara memperbaiki fuel pump motor injeksi Honda Beat

Peralatan yang dibutuhkan untuk membongkar pompa BBM Honda Bit Injection adalah kunci T 10, obeng plus (+) (ukuran standar) dan obeng angin/kecil. Untuk mempersingkat waktu, mari kita lakukan saja, saudaraku.

Dengan menggunakan obeng, buka penutup tangki bahan bakar dan tarik penutup ke depan.

Jika penutup tangki bahan bakar dilepas. Anda akan melihat pompa bahan bakar putih, pasang kabel bodi ke pompa bahan bakar, tekan bagian tengah soket, lalu cabut.

Kemudian lepaskan saluran bahan bakar. Satu-satunya cara adalah dengan hanya mendorongnya ke bagian hijau dan menarik selang keluar dari pompa bahan bakar.

Kemudian lepaskan 4 mur menggunakan kunci T10mm dan tarik pompa bahan bakar dengan hati-hati. Filter bahan bakar dan pompa bahan bakar sering menabrak tangki bahan bakar. Ini mesti diperhatikan ketika akan melepas pompa bahan bakar.

Inilah artikel tentang cara memperbaiki fuel pump motor injeksi. Semoga bermanfaat.