Arti NFC Pada HP

Arti NFC Pada HP
Arti NFC Pada HP

Arti NFC pada HP. Anda tentu pernah mendengar NFC. Mungkin Anda tidak tertarik pada awalnya. Tetapi, jika Anda sampai disini, pastinya sudah ingin tahu.

Halaman ini membahas kelebihan dan kekurangan teknologi NFC. Beberapa kelebihan atau kelebihan NFC dan kekurangan atau kekurangan NFC. Ini juga menjelaskan dasar-dasar NFC.

Arti NFC pada HP

sebuah pengantar:

Istilah NFC adalah kependekan dari Near Field Communication. Seperti namanya, ini digunakan untuk komunikasi data jarak pendek antara dua perangkat yang dikenal sebagai inisiator (yaitu pembaca NFC) dan target (yaitu tag NFC).

NFC menemukan banyak aplikasi seperti komunikasi data antar smartphone, pemeriksaan orang yang berwenang di kantor dan tempat pemerintah lainnya, pemesanan tiket, dll.

Ini beroperasi pada 13,56MHz pada berbagai kecepatan data rendah. 106, 212 atau 424 kbps. Tag NFC dapat aktif atau pasif dan pembaca NFC selalu dalam mode aktif.

Cara NFC tersambung

Perangkat NFC beroperasi dalam mode searah sehingga satu perangkat mengirim yang lain menerima. Ini dikenal sebagai ‘mendengarkan sebelum berbicara’.

Bagaimana cara kerja NFC?

NFC berfungsi jika dua perangkat saling berdekatan, mungkin mengingatkan kita pada Bluetooth dan Wi-Fi, yang keduanya mengandalkan gelombang radio untuk mengirimkan informasi. Namun, pada NFC, teknologi yang digunakan adalah Radio Frequency Identification (RFID) tipe lama yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.

Jadi, Arti NFC pada HP?. NFC pada perangkat aktif seperti NFC pada smartphone. NFC pada smartphone dapat menginduksi arus listrik pada perangkat pasif (electronic charge card atau electronic money) untuk keperluan transmisi data.

Teknologi NFC pada perangkat pasif tidak memerlukan daya untuk keperluan transmisi data. Oleh karena itu, kita dapat melihat bahwa kartu grafis elektronik/e-money tidak memiliki baterai tetapi masih dapat terhubung ke perangkat NFC aktif seperti smartphone.

BACA JUGA:   HP yang Ada Pensilnya

Berkat teknologi NFC, kartu tol elektronik/e-money kini sudah umum digunakan sebagai alat bayar bus, masuk jalan raya, bayar sembako, dan masih banyak lagi. Hanya satu klik untuk menyelesaikan pembayaran.

Pulsa Elektronik/Uang Elektronik adalah solusi pembayaran nirsentuh yang sangat direkomendasikan oleh pejabat untuk mengurangi kontak dekat dengan manusia dan/atau benda yang berpotensi menyebarkan virus corona.

Agar dua perangkat dengan NFC dapat berkomunikasi satu sama lain, kedua perangkat harus cukup dekat, biasanya kurang dari 10 cm. Berbeda dengan bluetooth yang masih bisa menjangkau jarak 10 meter untuk melakukan komunikasi data.

Arti NFC pada HP dan Manfaat atau keunggulannya

Berikut kelebihan atau kelebihan NFC:

  • Sangat nyaman untuk melakukan pembayaran dan transaksi lainnya menggunakan smartphone dengan bantuan aplikasi dompet.
  • Digunakan untuk beberapa aplikasi di berbagai bidang seperti perbankan, reservasi, tiket,  pengembalian uang, izin masuk/keluar, dll.
  • Ini membantu pelanggan dan organisasi.
  • Menyediakan akses yang aman bagi siswa dan staf di tempat kerja mereka.
  • Memberikan keamanan lebih dibandingkan dengan kartu debit dan kredit berbasis magnetic stripe. Ini juga menggunakan nomor identifikasi pribadi.
  • Tidak perlu mencari dan memasangkan seperti bluetooth dan cara lain untuk membuat koneksi.
  • Tidak diperlukan perangkat lunak khusus. Selain itu, tidak memerlukan konfigurasi dan pengaturan manual.
  • Kompatibel dengan jaringan RFID yang ada.
  • Kekurangan atau kekurangan dari teknologi NFC

Berikut ini adalah kelemahan dari NFC:

  • Ini hanya dapat bekerja dalam jarak yang lebih pendek sekitar 10-20cm.
  • Menyediakan kecepatan transfer data yang sangat rendah sekitar 106, 212 atau 424 kbps.
  • Sertifikasi perangkat berkemampuan NFC sangat mahal untuk bisnis.
  • Ini tidak berguna bagi pengguna karena prosedur yang rumit dibandingkan dengan opsi mudah lainnya.

Apakah arti NFC pada HP bisa selalu bertransaksi lebih aman?

Meskipun lebih aman dibandingkan dengan sistem berbasis kartu kredit/debit, sistem ini tidak sepenuhnya bebas risiko. Ini karena peretasan berbasis seluler menjadi populer sekarang setiap hari karena ketersediaan alat dan teknologi paling canggih yang menyediakan akses lengkap ke perangkat pintar.

  • Konsumsi daya relatif lebih tinggi pada perangkat berkemampuan NFC.

Fungsi NFC adalah:

Hal baik tentang NFC yang mengungguli yang lain adalah kecepatannya. Dalam waktu kurang dari 10 detik, dua perangkat dapat terhubung menggunakan NFC, yang lebih cepat dari Bluetooth. Saat ini, ketersediaan NFC masih terbatas pada smartphone kelas menengah ke atas dan smartphone flagship. Jika NFC banyak tersedia di smartphone, Anda dapat menikmati fungsinya sebagai berikut:

BACA JUGA:   Cara Membuat Google Meet di Laptop untuk Guru

1. Pembayaran Tanpa Kontak

Smartphone dengan teknologi NFC dapat melakukan pembayaran segera setelah berada di dekat stasiun. Ponsel Samsung Android, misalnya, memiliki Samsung Pay. Samsung Pay sudah dibuat untuk ponsel berkemampuan NFC. Tanpa NFC, Samsung Pay tidak banyak berguna.

Dengan Samsung Pay dan NFC, pengguna dapat melakukan pembayaran tanpa kontak. Simpan detail kartu kredit atau debit Anda di Samsung Pay, kapan pun Anda ingin melakukan pembayaran di kasir, buka aplikasi Samsung Pay dan dekatkan ponsel ke pembaca.

2. Fungsi NFC adalah Membaca jumlah uang di akun

Jika Anda sering menggunakan biaya elektronik/uang elektronik, memiliki telepon dengan teknologi NFC akan bermanfaat. Dengan smartphone berkemampuan NFC, Anda tidak perlu sering ke ATM atau Indomaret dan Alfamart untuk cek dan isi ulang pulsa.

3. Transfer data ke PC

Beberapa komputer saat ini memiliki teknologi NFC. Nah, jika ponsel Anda juga memiliki NFC, Anda dapat menggunakannya untuk mentransfer dari ponsel ke PC.

4. koneksi WiFi

Saat ini, ada alat yang disebut Wi-Fi Porter, yang digunakan untuk akses langsung ke jaringan Wifi publik tanpa harus memasukkan kata sandi. Kedekatan ponsel NFC dengan Wi-Fi porter, dan voila! Anda terhubung ke wifi.

5. Fungsi NFC adalah kirim nomor telepon

Apakah Anda mengirim nomor telepon melalui WhatsApp dan SMS? Sekarang, dengan NFC Anda dapat mengirim nomor telepon hanya dengan mendekatkan ponsel!

6. Transfer file media antara ponsel NFC

Ingin mengirim foto, video, atau dokumen penting ke ponsel teman? Sekarang, dengan ponsel NFC, Anda hanya perlu mendekatkan ponsel NFC untuk dapat mentransfer data dengan cepat!

Masih banyak fungsi NFC lainnya yang tidak tercantum di sini. Anda dapat menemukannya sendiri, atau Anda dapat mencobanya langsung dengan membeli ponsel NFC!. Inilah Arti NFC pada HP. Semoga berhasil .