Cara Memperbaiki Kran Air Plastik yang Bocor

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Kran Air Plastik yang Bocor
Cara Memperbaiki Kran Air Plastik yang Bocor

Cara memperbaiki kran air plastik yang bocor.  Fungsi utama kran adalah untuk mengontrol dan menangani air yang keluar dari saluran suplai air secara bersamaan, dan kami yakin kran yang kami gunakan adalah untuk mencegah air bocor keluar saat kran kencang. Tapi, saat tertutup airnya menetes, sudah tertutup rapat. Suara tetesan air dan area di sekitar pipa menjadi basah dan air mengalir ke mana-mana.

Kejadian seperti itu akan berdampak pada kenaikan tarif air jika PDAM yang digunakan untuk jangka panjang. Dan jika tidak disesuaikan, kerugiannya bisa lebih besar daripada biaya pipa itu sendiri.

Cara memperbaiki kran air plastik yang bocor

Namun seringkali bukan alasan malas untuk mengganti plumbing, melainkan biaya plumbing yang relatif mahal. Apalagi plambing premium harganya bisa ratusan ribu rupiah. Jadi terkadang kita berpikir setetes kecil aman. Jadi akhirnya rusak parah atau pipa tidak bisa ditutup kembali baru digantilah nanti.

Memperbaiki faucet yang bocor adalah tugas DIY yang mudah yang dapat dilakukan siapa saja.
Keran bocor adalah salah satu masalah pipa yang mengganggu yang cenderung kita tunda untuk diperbaiki. Tapi ini adalah pekerjaan DIY yang mudah yang bisa dilakukan siapa saja, dan semakin cepat Anda mulai bekerja, semakin sedikit air dan uang yang akan hilang sia-sia.

Cara memperbaiki kran air plastik yang bocor

Mengapa menghabiskan uang ekstra untuk membeli pipa ledeng baru atau memanggil tukang ledeng? Pada umumnya kerusakan pada plumbing, jika tidak ganti, tidak dapat dimatikan seluruhnya, sehingga air tetap menetes. Perbaiki dan pasang kembali faucet baru. Berikut adalah langkah-langkah yang akan Anda lihat.

Yang pertama, ini adalah contoh jenis-jenis pipa ledeng yang ada di pasaran dan masih bisa diperbaiki, simak artikel selengkapnya. :

Jenis keran air

Secara umum, setidaknya ada 4 jenis keran pipa yang kami gunakan untuk keperluan rumah tangga.

1. Kran Cabang

Kran jenis ini banyak digunakan di kamar mandi yang lebih menyukai air panas dan dingin, kran cabang mempermudah penyaluran air, pegangan kiri untuk air panas dan yang kanan adalah pengganda air dingin.

2, Keran Pipa Angsa

Jenis faucet go-neck ini adalah faucet dengan leher melengkung panjang, yang biasanya digunakan untuk mesin pencuci piring di dapur. Bentuk leher keran memberikan lebih banyak ruang untuk wastafel, membuat mencuci piring lebih mudah dilakukan dan wastafel lebih nyaman.

3. Kran Cartridge

Selang cartridge bisa diputar untuk mengatur jumlah air yang mengalir, namun untuk menyalakannya kita perlu menarik gagangnya ke atas, selang ini sering digunakan untuk mencuci muka atau menggosok gigi.

Cara memperbaiki kran air plastik yang bocor perlu mengetahui tentang jenis keran Cartridge.

4. Kran Pipa taman

Sesuai dengan namanya, selang taman ini biasanya dipasang di luar rumah, baik di dinding maupun di lantai dengan penyangga pipa. Air taman ini lebih cepat dan lebih informal daripada perlengkapan pipa yang digunakan di rumah.

Pertanyaannya, apakah semua jenis pipa di atas bisa diperbaiki? Jawabannya iya! Jka ada upaya, semuanya akan diselesaikan.

Bagaimana cara memperbaiki kran air plastik yang bocor

1. Langkah cara memperbaiki keran, persiapan

Daftar periksa

  • Washer 12 mm (1/2 inci) (paling sering digunakan di dalam ruangan)
  • O ring
  • katup silang
  • Kit instalasi ulang (jika diperlukan)
  • Kunci pas / kunci pas atau kunci pas set
  • Kunci Inggris (jika diperlukan)
  • Obeng
  • Minyak pelumas
  • kain

Sebelum memulai, pastikan untuk mematikan pasokan air dari sumber air. Jika Anda tinggal di rumah, sumber airnya ada di jalan atau di halaman depan. Jika Anda tinggal di apartemen atau rumah pedesaan, kemungkinan besar keran listrik ada di dalam kamar mandi atau cucian.

Buka keran untuk mengeluarkan air yang tersisa di pipa. Dan kemudian Anda dapat mengendurkan faucet menggunakan sumbat atau kunci yang mirip dengan ukuran pas. Putar berlawanan arah jarum jam untuk membukanya. Lalu letakkan sumbat di bak cuci untuk mencegah bagian apa pun jatuh ke saluran pembuangan saat Anda bekerja.

Setelah terbuka silahkan buka semua bagian mekanis dari keran dan membersihkannya dari lumpur lengket atau karat.

2. Langkah cara memperbaiki keran, Buka keran

Dengan menggunakan kunci pas, lepaskan tutup faucet untuk melepaskan pegangannya. Anda mungkin akan menemukan ini di bawah tag panas atau dingin.

3. Buka sekrup

Buka sekrup dan lepaskan pegangannya. Jika faucet memiliki tutup logam, kendurkan secara manual atau gunakan kunci pas atau kunci pas.

4. Buka tutup katup

Buka tutup katup / valve, lalu lepaskan sepenuhnya. Anda akan melihat washer besar, katup bundar dan katup silang. Katup bypass harus dilepas.

5. Langkah cara memperbaiki keran, ganti spare part

Ganti body washer, o-ring dan jumper valve dengan part baru. Oleskan pelumas faucet ke poros dan katup untuk kekencangan yang lebih baik dan pengoperasian faucet yang lebih lancar.

6. Langkah berikut, pasang kembali

Pasang kembali kap mesin dan spindel. Berhati-hatilah untuk tidak mengencangkan mur terlalu banyak.

7. Langkah selanjutnya, periksa

Pasang kembali keran, matikan, dan hidupkan kembali saklar air. Sekarang periksa faucet untuk memastikannya tidak lagi bocor. Sekarang Anda dapat mundur dan menikmati pekerjaan yang layak, mengetahui bahwa Anda tidak menyia-nyiakan setetes pun.

8. Langkah cara memperbaiki keran, pasang isolasi khusus keran

Jika masih bocor, Anda mungkin perlu memasang kembali isolasi keran. Ini berarti melapisi kembali badan keran sehingga mesin cuci bisa mendapatkan segel yang rapat. Untuk melakukan ini, Anda perlu membeli kit tempat duduk ulang.

Hindari tergores

Jika Anda memiliki alat faucet chrome, yang terbaik adalah meletakkan lap di atas tutupnya untuk mencegah goresan.

Inilah cara memperbaiki kran air plastik yang bocor. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan