Tips  

Resep Masakan Sehari-Hari yang Murah Meriah

Resep Masakan Sehari - Hari yang Murah Meriah
Resep Masakan Sehari - Hari yang Murah Meriah

Resep masakan sehari-hari yang murah meriah. Era baru menuntut kita untuk beradaptasi, salah satunya melalui penghematan dan pola hidup yang sangat sehat. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan memasak makan malam. Memasak adalah cara terbaik untuk menghemat uang, dibandingkan dengan membeli makanan dari tempat yang kebersihan makanannya berada di luar kendali kita. Juga kalau kita harus berhemat, jelas belanja masak sendiri adalah pilihan yang lebih nyaman agar dompet tidak jebol.

Resep masakan sehari-hari yang murah meriah

Sobat, Anda ingin makan enak, murah dan terkontrol kebersihannya? Berikut adalah 5 resep dengan harga kurang dari Rp. 45.000 yang bisa Anda coba di rumah.

  1. Ikan Teri Kacang Balado:

Bagi pecinta ikan laut tanpa tulang, ikan teri bisa menjadi tambahan yang bagus untuk lauk makan malam teman. Ikan teri dapat dengan mudah dibeli dengan harga yang terjangkau. Selain itu, dapat dikatakan bahwa mengubah ikan teri menjadi makanan ringan itu mudah.

Bahan:

Ikan teri segar (bersihkan perutnya, lumuri dengan air jeruk nipis, cuci bersih dan peras)

kacang kacangan

Minyak goreng

Bumbu:

Garam:

cabai merah keriting

Gula merah iris tipis

bawang merah

Bawang putih

cabe merah

Gula

Bagaimana mempersiapkan.

Goreng kacang tanah hingga kecoklatan, angkat dan peras

Goreng ikan sampai garing, angkat dan peras

Isi bumbu balada dengan haluskan, lalu goreng, tambahkan gula dan garam, koreksi rasa, aduk hingga harum, berubah warna menjadi merah kecoklatan.

Terakhir masukkan ikan teri goreng dan kacang tanah goreng, aduk hingga tercampur rata. Angkat dan sajikan.

  1. Udang goreng kol – Resep masakan sehari-hari yang murah meriah

Kangkung bisa menjadi salah satu yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia, karena selain murah dan mudah dimasak, juga enak disantap dengan nasi panas. Agar tetap segar saat makan, masaklah sekitar waktu makan siang.

BACA JUGA:   Cara Menghitung Pelunasan Kredit Motor Adira

Bahan:

kubis

Udang (bersihkan kepalanya, buang kulitnya yang keras,, jika tidak suka kepala udang ekornya, silakan buang)

Bumbu:

Kaldu ayam

Bawang putih

Garam dan air

cabai merah

Bagaimana mempersiapkan.

Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum. Masukkan udang dan masak hingga berubah warna. Tambahkan kol, aduk hingga homogen, tambahkan sedikit air. Bumbui dengan kaldu ayam dengan sedikit garam. Aduk sebentar, lalu angkat dan sajikan.

  1. Sop ceker ayam

Resep masakan sehat dan murah berikut adalah Sup ceker ayam. Sup ceker ayam biasanya disajikan saat cuaca dingin atau saat makan malam. Namun bagi pecinta ceker, jajanan ini akan enak dinikmati kapan saja, apalagi jika disajikan panas-panas.

Bahan:

Kaki ayam (cuci bersih)

Wortel, kentang,  kol, seledri,  daun bawang, buncis, tomat (untuk memudahkan bisa beli sebungkus sop sayur)

Bumbu:

Bawang putih

gula

bawang merah goreng

air

Merica bubuk

Kaldu ayam

Garam:

Minyak sayur

Bagaimana mempersiapkan.

Peras bawang putih cincang halus, lalu sisihkan. Kupas semua bahan sayuran, lalu potong sesuai selera. Panaskan minyak sayur dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan cakar goreng sedikit. Tambahkan air, tunggu hingga mendidih, lalu tambahkan merica. Tambahkan kentang, wortel, buncis, kol, tomat, seledri dan bawang bombay. Masukkan komponen secara berurutan. Tambahkan garam, gula bumbu, lalu sesuaikan rasa, angkat sajikan dengan taburan bawang goreng.

  1. Balada terong ikan tongkol – Resep masakan sehari-hari yang murah meriah

Tongkol terong balada bisa menjadi hidangan yang sangat lezat, karena merupakan kombinasi dari mata kaki asin, terong manis-lembut, serta balada sambo pedas.

BACA JUGA:   Cara Daftar Paket Tri 5 GB 1 Hari Lewat SMS

Bahan:

terong ungu

Tongkol Pindang

Bumbu:

bawang merah

Serai

Bawang putih

Daun jeruk

Tomat

Salam

cabai merah keriting

Laos

Garam:

Bumbu bubuk kaldu

Bagaimana mempersiapkan.

Kupas terong dan tuna. Potong terong dan tuna sesuai selera. Potong bawang putih dan bawang bombay. Panaskan minyak dalam wajan. Masukkan terong dan tuna, goreng hingga matang. Angkat sisihkan.

Panaskan sedikit minyak dalam wajan, lalu tumis bawang merah, bawang putih, cabai, serai, laos, daun salam dan daun jeruk. Aduk-aduk hingga menjadi harum. Tambahkan tomat cincang halus, aduk. Tambahkan terong dan tuna. Aduk hingga tercampur rata dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

  1. Resep masakan sehat dan murah Capcay Goreng

Capcay goreng sering dijadikan sebagai lauk utama saat makan bersama keluarga. Produk ini tidak hanya mudah disiapkan, tetapi juga murah, sangat bergizi, karena bahan utamanya adalah sayuran sehat.

Bahan:

Fillet ayam (potong kecil-kecil) atau udang (cuci bersih)

Brokoli

Wortel

Bawang:

Sawi hijau

tepung jagung

mustard putih

Kubis

Bumbu:

Bawang putih

saus tiram

Gula, garam, merica bubuk

Bagaimana mempersiapkan.

Cuci bersih semua sayuran, potong sesuai selera. Cincang bawang putih Cincang.

Potong bawang. Panaskan wajan dan olesi. Tumis bawang putih, tambahkan fillet ayam atau udang dan bawang bombay yang sudah dicincang halus. Tambahkan sedikit air. Tambahkan sayuran (yang pertama adalah yang keras: wortel, kol, brokoli, sawi putih). Larutkan tepung maizena dengan air, masukkan ke dalam panci. Tambahkan gula pasir, garam, penyedap saus tiram, koreksi rasa bila sudah sesuai selera, angkat sajikan

Demikian resep masakan sehari-hari yang murah meriah semoga bermanfaat. Jadi jangan sedih ketika kantong Anda ketat, karena selalu ada cara untuk makan enak. Selamat memasak di rumah akhir pekan ini.