Kenapa Laptop Tidak Bisa Nyala

  • Bagikan
kenapa laptop tidak bisa nyala
kenapa laptop tidak bisa nyala

Kenapa laptop tidak bisa nyala. Pertanyaan ini memang cukup banyak diajukan. Tentu karena keperluan untuk bekerja dengan laptop atau belajar sangat besar. Apalagi di era digital sekarang ini. Jika laptop mati, maka akan menunda pekerjaan atau memperlambat. Jika laptop harus di servis, maka bisa semakin menghambat lagi.

Karenanya, selain mengetahui cara memperbaiki laptop, penting juga untuk merawat laptop dengan baik.

Ternyata kebanyakan pengguna laptop masih belum paham cara menyalakannya. Bagaimana masalah laptop yang akan kita bahas kali ini adalah saat kita menekan tombol power.

Ternyata sebagian besar pengguna laptop masih belum memahami cara menyambungkan laptop dengan benar. Atau memang sangat mudah, namun sebenarnya ada beberapa yang justru menyebabkan perangkat cepat rusak karena perawatan yang tidak tepat.

Kenapa laptop tidak bisa nyala

Harap dicatat bahwa menghubungkan laptop dengan benar cukup dengan menekan tombol power satu kali. Kemudian tunggu beberapa menit hingga layar menyala dan masuk ke layar desktop secara manual. Beberapa laptop membutuhkan waktu lebih lama. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menekan tombol terlalu banyak karena dapat merusaknya.

Namun, begitu juga elektronik. Meski Anda sangat berhati-hati saat menggunakannya, suatu saat pasti akan rusak.

Seperti masalah laptop yang akan kita bahas kali ini, ketika Anda menekan tombol power, Anda menunggu lebih dari 5 menit untuk memuat, tetapi layar monitor tetap menyala, tidak menyala, tidak menampilkan apa pun. Sampai akhirnya bisa dipastikan laptop mati total.

Sebelum membongkar laptop, untuk memperbaikinya, baik itu bawa ke tukang reparasi, atau bahkan jika Anda berpikir untuk membeli laptop baru, ada baiknya mencoba beberapa langkah untuk memperbaiki / mencolokkan laptop yang dicabut.

Ada kemungkinan setelah melakukannya, laptop Anda yang mati total akan dihidupkan dan digunakan kembali seperti semula. Nah tunggu apalagi, berikut ini Fajrinfo menyajikan cara mengatasi laptop yang tidak konek, atau sudah berulang kali menekan tombol power untuk menyalakannya.

Cara memperbaiki laptop tidak bisa nyala

Secara umum, ada dua kemungkinan ketika laptop tidak bisa dihidupkan. Pertama, laptop benar-benar mati. Tidak ada tanda-tanda operasi mesin, lampu indikator tidak menyala, tidak ada suara kipas atau getaran, bahkan mungkin suhu badan laptop masih dingin.

Sedangkan kemungkinan kedua adalah adanya tanda-tanda kehidupan pada laptop. Lampu indikator mungkin menyala, kipas bertiup, suhu perangkat hangat, tetapi layar monitor masih gelap, tidak menyala.

Perawatan lain diperlukan untuk memperbaiki kedua masalah ini. Oleh karena itu, Fajrinfo akan memberikan dua solusi yang kami harapkan dapat diselesaikan dengan laptop non-connecting.

  1. Periksa baterai dan adaptor pengisi daya

Jika kondisi laptop tergolong sebagai tanda awal kerusakan, maka kemungkinan besar masalahnya adalah pada sumber listriknya. Baterai mungkin benar-benar habis atau rusak, pengisi daya tidak dapat digunakan lagi, atau keduanya mungkin masih berfungsi dengan baik tetapi tidak terpasang dengan benar.

Jika ini benar, pastikan semua aksesori terpasang dengan benar. Jika masih tidak terhubung, coba gunakan baterai serupa. Anda dapat melepas baterai, sambungkan laptop hanya dengan pengisi daya.

Laptopnya kok belum nyambung ya? Coba pindahkan adaptor pengisi daya ke soket lain.

Jika tidak ada komponen yang rusak, masalah catu daya laptop OK, laptop perlu direstart siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

  1. Reset ulang – cara memperbaiki laptop tidak bisa nyala

Cara kedua ini memperbaiki laptop yang tidak connect seperti yang dijelaskan pada paragraf kedua di atas. Reset power itu sendiri berfungsi untuk mematikan semua daya ke semua komponen notebook, karena ini mungkin menjadi alasan untuk koneksi notebook yang benar.

Berikut cara mengembalikan daya ke perangkat laptop:

– Pastikan laptop dicabut dari semua sumber listrik. cabut charger / charger batre (baterai harus dicopot).

– Setelah melepaskan semuanya, tekan dan tahan tombol daya selama 30 detik. Ini berarti catu daya laptop benar-benar habis.

Setelah 30 detik, masukkan kembali baterai adaptor pengisi daya, yang terhubung ke listrik. Kemudian nyalakan laptop dengan menekan tombol power seperti biasa.

Dengan mengikuti beberapa panduan di atas, Anda seharusnya sudah bisa mengatasi laptop Anda yang sulit untuk terhubung. Namun jika masih dalam keadaan mati, kemungkinan laptop Anda mengalami kerusakan lainnya. Sebaiknya segera pindahkan ke service center resmi yang terpercaya.

Inilah artikel tentang Kenapa laptop tidak bisa nyala. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan