Cara Membuat Katalog di WA

Cara Membuat Katalog di WA
Cara Membuat Katalog di WA

Cara membuat katalog di WA. Masyarakat menginginkan kesederhanaan praktis simpel dan juga cepat. Mereka jarang mau menunggu dan kemudian. Karena itulah bisnis on demand akan jauh lebih meningkat. Tambahan lagi sekarang yang terpenting adalah daya tarik visual dari sebuah promosi.

Jika bisnis anda ingin lebih banyak konsumen sekaligus tuntutannya seperti itu maka perlu alat yang tepat. Saat ini banyak peralatan digital yang bagus dan tepat. Untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen antara antara kecepatan dan daya tarik visual. Kemudian hasilnya adalah meningkatkan relevansi merek di mata konsumen.

WhatsApp adalah termasuk salah satu yang responsif dalam hal ini. WhatsApp terbaru ini meluncurkan Katalog. Katalog adalah salah satu fitur aplikasi WhatsApp Bussines yang fungsinya sebagai etalase produk. Bisa juga etalase jasa.

Katalog bisa memuat hingga 500 foto produk atau jasa. Karena inilah maka katalog bisa dipergunakan untuk memikat pelanggan pada pandangan pertama.

Cara membuat katalog di wa

Cara membuat katalog WhatsApp. Kita bisa membuatnya dengan mudah Melalui aplikasi freepik.com atau website freepik.com. Katalog pada dasarnya adalah mengacu pada kelompok produk serupa yang dijual. Sekarang jika kita berbelanja maka kita akan mengerti bahwa katalog tas adalah isinya tentu saja tentang tas.

Katalog di Whatsapp juga merujuk pada hal yang sama. Kita bisa menampilkan berbagai produk kita melalui katalog WhatsApp dengan lebih mudah. Artinya kita bisa mendapatkan toko digital sendiri melalui WhatsApp bussines kita.

Keuntungan membuat katalog WA

Untuk setiap toko atau siap akun Whatsapp kita mampu membuat beberapa katalog. Jadi setiap katalog bisa memiliki harga gambar deskripsi nama produk dan nomor akan. juga ada 1 situs web di setiap katalog.

BACA JUGA:   HP yang Ada Pensilnya

Katalog ini bisa kita pergunakan sesuai kebutuhan kita misalnya saja untuk katalog produk serupa seperti tas. Atau bisa juga untuk katalog satu jenis tas tetapi gambarnya banyak.

Jika ada kaos tentang Exo atau BTS maka bisa kita kelompokkan dalam satu katalog kaos k-pop. Tetapi bisa juga kita pecah dalam kelompok BTS dan EXO. Kemudian kita juga bisa membuat katalog tshirt berdasarkan warna atau varian dan ukurannya.

Langkah cara membuat katalog di WA WhatsApp

  • Mendownload aplikasi WhatsApp bussines melalui Google Play Store.
  • Kemudian silakan aplikasi tersebut dibuka di smartphone
  • Masuk ke halaman utama kemudian pilih ikon tiga titik vertikal yang ada di sudut kanan atas
  • Ke menu pengaturan atau tetap di pengaturan di Android. Kalau untuk iPhone pengaturan ada di bagian bawah
  • Kemudian ketuk pada pengaturan bisnis
  • Selanjutnya silahkan memilih menu katalog
  • Silakan memilih menu katalog Manager

Jika kita baru pertama kali membukanya dan atau menggunakannya maka silakan memilih katalog Manager. Kemudian tambah produk atau layanan. Letaknya ada di bagian bawah menu yang warnanya hijau

Untuk selanjutnya kita akan ditampilkan layar. Ada berbagai informasi dan di kolom-kolom tentang produk silakan diisi kolom-kolom tersebut sesuai kualifikasi produk. Misalnya nama produk, deskripsi, situs web, harga, kode produk dan sebagainya.

Jika sudah diisi semua maka silakan tab save atau simpan. Di bagian atas produk-produk di sini memang tidak akan langsung tayang. Tetapi pihak WhatsApp akan meninjau terlebih dahulu produk-produk kita. Pada saat di tinjau ini kita akan mendapati ikon seperti jam hijau kecil di atas foto produk.

Jika disetujui oleh pihak WhatsApp maka ikon hijau tadi akan hilang dan diganti dengan tayangan produk-produk kita. Untuk peninjauan ini biasanya hanya perlu waktu satu atau dua menit saja karena bukan peninjauan visual manusia tetapi komputer.

BACA JUGA:   Aplikasi Penjernih Foto

Cara membuat katalog di WA sudah selesai. Sekarang, cara menggunakannya lebih optimal.

Cara promosi melalui WhatsApp

  1. Silakan membuat foto yang berkata akulah yang kamu inginkan”

Artinya silakan membuat foto yang sangat bagus dan menarik bagi para calon pelanggan kita. Kita bisa menggunakan smartphone untuk membuat foto. Tidak perlu dengan kamera DSLR mahal.

Anda bisa mencoba berbagai sudut pengambilan gambar over Head, of center. Juga bisa mengambil dari setiap sisi.

Anda juga bisa mencoba mengambil foto dari jarak dekat atau jauh. Atau juga mencoba mengambil detil foto produk yang nilainya tinggi.

  1. Mudahkan pelanggan untuk melihat-lihat produk

Sekarang waktunya menampilkan foto-foto yang kita ambil tadi ke etalase yang mudah diakses di katalog di WhatsApp. Hal ini bisa memudahkan para pelanggan kita untuk melihat galeri produk dalam aplikasi ini dan bisa langsung memesannya.

Jadi mereka tidak perlu pindah ke aplikasi lainnya jika menggunakan website atau yang lain. Maka mengirim foto produk satu-persatu bisa membuat percakapan menjadi berantakan.

Tetapi biarkan pelanggan yang melihat katalog kita kemudian mereka tinggal memilih produk kita dan menanyakannya langsung di ruang obrolan. Jadi antara pertanyaan dengan produk tidak akan, atau seminimal mungkin akan salah gambar.

Membuat katalog di WhatsApp sangat mudah. Yaitu hanya mengakses menu pengaturan atau setelan. Kemudian mengetuk pengaturan setelan bisnis. Setelahnya menuju ke katalog tips.

  1. Mudahkan pelanggan untuk membeli produk Anda

Bisa membagi-bagi produk unggulan melalui WhatsApp Bussines. Setiap item dari katalog bisa dibagi kemudian bisa langsung dikirim ke pelanggan. Untuk pelanggan yang mendapatkan pengiriman tersebut bisa langsung melihat produknya atau menghubungi langsung dengan menekan tombol “kirim pesan ke bisnis.”

Bahkan, para pelanggan bisa membagikan katalog Anda kepada teman-temannya.

Jadi inilah keunggulan dari katalog WhatsApp dan cara membuat katalog di wa. Juga, tips untuk menjual di katalog WhatsApp. Semoga bermanfaat terima kasih.