Tips Susunan Acara Lamaran Pernikahan

  • Bagikan
Tips Susunan Acara Lamaran Pernikahan
Tips Susunan Acara Lamaran Pernikahan

Tips susunan acara lamaran pernikahan. Pernikahan adalah salah satu momen terbesar dalam kehidupan manusia yang sangat banyak dinantikan. Baik oleh pengantin ataupun dari keluarga masing-masing. Tetapi persiapan untuk pernikahan memang banyak yang harus dilakukan tidak terkecuali berupa lamaran pernikahan.

Sudah menjadi tradisi di masyarakat kita bahwa acara lamaran ini dilakukan sebelum acara pernikahan berlangsung.

Tips Susunan Acara Lamaran Pernikahan sederhana

Selain itu jika tanpa didahului lamaran maka pernikahan akan terlihat lebih lucu. Lamaran disini Artinya bahwa ada proses meminang dari pihak yang laki-laki dan kemudian untuk disetujui dari pihak yang perempuan. Proses lamaran ini boleh dikatakan adalah merupakan hal yang wajib untuk dilakukan sebelum upacara pernikahannya.

Sebelumnya, ini adalah Susunan acara lamaran sederhana di Rumah ( atau bisa dilakukan di rumah ). Untuk Anda yang ingin lebih, bisa menambahkannya sendiri.

Selain itu lamaran juga berfungsi sebagai peresmian dari pihak laki-laki untuk melamar atau meminang yang dari pihak perempuan. Tambahan lagi ada tujuan lain yaitu untuk ajang silaturahmi dan mempertemukan pihak keluarga dari laki-laki dan juga perempuan.

Bagi Anda yang dalam waktu dekat akan melakukan pernikahan. Dan, masih bingung untuk membuat susunan acara proses lamaran. Maka kami memberikan ide untuk proses susunan acara lamaran pernikahan.

  1. Calon keluarga calon mempelai laki-laki hadir

Ini adalah proses pertama dari Tips susunan acara lamaran pernikahan. Yang harus dilakukan yaitu keluarga calon mempelai laki-laki hadir ke rumah calon mempelai perempuan. Kehadiran rombongan keluarga calon mempelai laki-laki biasanya disertai dengan semua keluarga besar dan juga tetangga dan kerabat mereka. Dan sekaligus membawa seserahan untuk proses lamaran.

  1. Tips susunan acara lamaran pernikahan – sambutan pihak perempuan

Pihak keluarga perempuan tentunya akan menyambut hangat rombongan keluarga calon mempelai laki-laki tersebut. Setelah itu mereka akan di dipersilakan atau diundang untuk masuk ke tempat yang sudah disediakan. Untuk selanjutnya, mengadakan acara lamaran yang kedua pembukaan acara ini akan dipimpin oleh seorang MC yang dipilih.

Biasanya MC yang dipilih adalah orang yang dihormati apa yang dituakan dari pihak perempuan. Atau bisa juga orang yang dihormati meskipun bukan dari pihak keluarga. MC bertindak sebagai juru bicara dari pihak mempelai perempuan.

MC yang bertugas pertama kali adalah menyambut kedatangan rombongan keluarga calon mempelai laki-laki. Kemudian dilakukan juga menanyakan secara formal formalitas menanyakan maksud serta tujuan dari rombongan keluarga calon mempelai tersebut. Selanjutnya rombongan mempelai laki-laki akan menjawab tujuan kedatangan mereka. Tentu saja juga diwakilkan oleh seorang MC.

  1. Menyampaikan maksud serta tujuan kedatangan rombongan mempelai laki-laki

Penyampaian tujuan kedatangan seperti ini biasanya diwakili oleh salah satu keluarga mempelai laki-laki yang dituakan atau orang yang dihormati oleh eluarga laki-laki tersebut. Kemudian salah satu dari wakil pihak laki-laki juga akan menyampaikan lamaran kepada pihak calon mempelai perempuan.

Tentunya akan ditanyakan jika kesediaan dari keluarga calon mempelai perempuan untuk menerima lamaran dari pihak laki-laki. Untuk tips susunan acara lamaran pernikahan sederhana, sambutan ini bisa hanya 10 atau 15 menit saja.

  1. Pemberian jawaban dari calon mempelai perempuan

Acara ini diwakili oleh MC dari dari pihak perempuan. Untuk acara ini MC dari pihak mempelai perempuan akan menyambut baik lamaran dari calon mempelai laki-laki.

  1. Tips susunan acara lamaran pernikahan – seserahan

Seserahan ini secara simbolis diartikan sebagai niat yang serius dari pihak pelamar untuk melamar calon mempelai perempuan. Seserahan ini akan diterima oleh pihak mempelai perempuan setelah lamaran dari calon mempelai laki-laki diterima.

  1. Susunan acara lamaran sederhana – bertukar cincin

Acara bertukar cincin ini sebenarnya adalah acara yang berupa simbolis. Bahwa mereka telah melakukan lamaran. Meskipun acara ini bukan acara yang wajib untuk dilakukan pada tahap lamaran.

Pemakaian cincin biasanya dilakukan oleh ibu dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan. Selanjutnya Ibu dari calon mempelai perempuan akan memasangkan cincin kepada calon mempelai laki-laki.

  1. Acara selanjutnya adalah acara perkenalan antar keluarga dari kedua calon mempelai

Setelah acara resmi berupa lamaran maka biasanya akan ada acara santai. Acara ini ini biasanya diisi dengan perkenalan antara keluarga. Acara perkenalan ini bukan acara resmi tetapi biasanya hanya acara ngobrol-ngobrol saja sambil makan-makan dengan akrab.

  1. Acara penutup – Susunan acara lamaran sederhana di Rumah

Acara penutup biasanya dilakukan pembacaan doa. Kemudian doa ini terutama adalah untuk kelancaran keberlangsungan pernikahan yang akan diselenggarakan kemudian. Selanjutnya adalah acara sesi foto bersama dari pihak perempuan dan laki-laki. Kemudian foto-foto bersama keluarga dan kemudian juga acara makan bersama yang dilanjutkan.

  1. Acara penyerahan seserahan dari pihak perempuan kepada pihak calon mempelai laki-laki

Ini adalah acara balasan seserahan dan dengan acara ini maka proses lamaran biasanya sudah terlaksana secara cara lengkap.

Sekarang bagi Anda yang ingin menikah dan belum membuat jadwal untuk lamaran Anda atau jadwal acara. Silakan Anda bisa mendiskusikan kepada keluarga Anda dan keluarga calon mempelai Anda. Anda bisa mengombinasikan acara-acara yang kami sarankan diatas. Tetapi, tips susunan acara lamaran pernikahan diatas memang masih dasar saja. Silahkan untuk menambahkannya sendiri. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan