Cara Mendaftar e-SPPT PBB Online
Cara Mendaftar e-SPPT PBB Online

Cara Mendaftar e-SPPT PBB Online Jakarta

Cara Mendaftar e-SPPT PBB Online Jakarta. Jika anda tinggal di Jakarta dan bingung untuk membayar pajak PBB atau pajak bumi bangunan. Saat sekarang sudah tidak dapat bukti pembayaran SPPT PBB lagi yang kertas itu karena memang Aturannya sudah berbeda. Jadi surat pemberitahuan nya sudah tidak lagi seperti dahulu yang bentuknya seperti kertas.

Cara Mendaftar e-SPPT PBB Online Jakarta

Tetapi bisa diurus sesuai online dengan cara online. Untuk pemberitahuan seperti itu kita tidak lagi akan menerima cetakan kertas yang warnanya orangnye. kertas yang biasanya diberikan dari kantor RT atau RW atau kelurahan setempat.

Kita bisa mengakses sistem SPPT elektronik dari rumah dengan laptop maupun HP. Disini surat bukti pajak PBB nya juga bisa akan dikirimkan melalui email kita.

e-SPPT PBB P2 merupakan pajak bumi pajak atas bumi dan bangunan yang dikuasai dimiliki dan dimanfaatkan oleh orang pribadi atau badan. Untuk nilai pajaknya tentu tergantung pada luas tanah luas bangunan serta nilai dari letak strategis lokasi objek tersebut. Jika letaknya lebih strategis maka PBB-nya akan semakin tinggi.

Begitu juga dengan ukuran luas tanah atau bangunan nya. Dan juga dengan nilai bangunan dan bentuk bangunan. e-SPT SPPT PBB elektronik mulai berlaku tahun 2021 kita bisa mengakses di website pajakonline.Jakarta.go.id.

Tujuan e-SPPT PBB Online Jakarta

Tujuan adanya pajak elektronik ini tentu saja yang pertama adalah menjaga lingkungan serta mengurangi dampak lingkungan akibat cetakan kertas. Ini pajak elektronik ini sudah berjalan di seluruh wilayah DKI Jakarta sejak tahun 2021. Karena itulah, Cara Mendaftar e-SPPT PBB Online agak berbeda dari sebelumnya.

Manfaat e-SPPT PBB P2 Jakarta

Untuk surat pemberitahuan terutang pajak PBB kita bisa mendapatkannya pada tanggal 2 Januari. Kecuali jika ada kondisi-kondisi tertentu. Kemudian kita tinggal mengakses e-SPPT PBB tersebut dengan laptop atau smartphone.

Dokumen-dokumen yang kita perlukan akan dikirimkan melalui email yang kita daftarkan. Kemudian kita bisa mendownloadnya langsung. Atau bahkan mencetak jika kita memerlukannya. Hasil cetaknya akan diberlakukan sebagai dokumen yang sah karena memiliki QR kode atau barcode.

Untuk SPPT PBB akan lebih komplit informasinya daripada pajak biasa yang berwarna orange itu tagihannya. Itu karena di sini juga ada data-data tentang tagihan PBB dan pelunasannya pada tahun-tahun yang sebelumnya.

Warga yang telah mendaftarkan akan mendapat prioritas untuk mendapat keringanan dalam sanksi ataupun penghapusan sanksi administrasi. Untuk bisa menggunakannya maka perlu mendaftarkan terlebih dahulu untuk mendaftarkan memerlukan Nop PBB. Dalam pendaftaran ini kita tidak perlu mengupload dokumen dalam bentuk apapun. tetapi hanya memerlukan data berupa kertas SPPT PBB pada tahun sebelumnya. Pada kertas ini akan ada Nop PBB kita.

Panduan Cara Mendaftar e-SPPT PBB Online Jakarta

  • Pertama adalah membuka situs pajakonline.Jakarta.go.id
  • Kemudian kita klik menu eSPPT PBB.
  • Kemudian pada daftar pada SPPT PBB.
  • Setelahnya kita mengisi data-data berupa objek pajak kita antara lain Nop PBB P2
  • Kemudian nama wajib pajak sesuai yang tertera pada SPPT dan kemudian tahun pada SPPT.
  • Selanjutnya kita mengisi data untuk download.

Misalnya memilih untuk data perorangan atau badan. Kemudian data domisili. Apa hubungan kita dengan wajib pajak yang tertera pada SPPT.

  • Domisili di DKI Jakarta

Jika domisili pengunduh masih berada di DKI Jakarta maka harus memasukkan NIK. Tetapi jika berasal dari luar DKI maka akan memerlukan mengisi nomor NPWP.

  • Cara Mendaftar e-SPPT PBB Online untuk sendiri atau untuk orang lain

Anda adalah wajib pajak sendiri maka mendaftarkan sebagai wajib pajak sendiri di bagian hubungan pengunduh dengan wajib pajak. Jika anda mendaftarkan diri ke sistem tetapi anda bukan merupakan wajib pajak yang tertera di SPPT maka bisa dipilih status. Apakah sebagai orang tua. Sebagai suami-istri ataukah mereka yang dapat kuasa.

  • Selanjutnya mengisi nomor HP alamat email serta mengkonfirmasikan alamat email kita.
  • Kemudian mengisi kolom pernyataan.
  • Kemudian mengisi kolom kode captcha.
  • Kemudian tinggal mengklik Kirim.

Setelah verifikasi dilakukan maka kita akan mendapatkan email dari Bappeda DKI Jakarta. Pada Email tersebut akan ada Link yang bisa untuk mendownload e-sppt Anda.

Cara Mendaftar e-SPPT PBB Online Jakarta dengan Aplikasi JAKI

Menggunakan website Kita juga bisa menggunakan aplikasi JAKI. Aplikasi ini setelah kita unduh Kita bisa mulai masuk ke aplikasi titik kemudian kita memilih menu jakpenda PBB P2. Kemudian kita mendaftarkan lagi e-SPPT dengan cara mengisi data objek pajak dan data mengunduhnya. Setelah data kita isikan maka kita tinggal klik kirim.

Kemudian SPPT akan terdownload langsung di Hp atau tab kita. Selain data yang langsung terdownload link untuk download juga akan dikirim melalui email yang kita daftarkan.

Cara membayar PBB Jakarta Terbaru

Untuk pelunasan pajak PBB bisa dibayarkan secara offline dan online

Offline bisa melalui bank teller bank ataupun melalui menu e banking dan e-commerce. Selain bank ada juga banyak Tempat lain untuk membayar PBB misalnya linkAja. Juga ada di Pos Indonesia bisa juga di Alfamart, Indomaret di Tokopedia, Bukalapak dan juga di Traveloka.

Untuk keterlambatan pembayaran PBB akan terkena denda sebesar 2% setiap bulan jadi sebaiknya tidak terlambat dalam membayar PBB.

Untuk call center bapenda DKI nomornya adalah 1500 – 177 atau email di pajakDKI@jakarta.go.id. Tentang Cara Mendaftar e-SPPT PBB Online semoga bermanfaat terima kasih.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …