Bisnis  

Cara Benar Mengajukan Kredit ke Bank yang Diterima

Cara Benar Mengajukan Kredit ke Bank yang Diterima
Cara Benar Mengajukan Kredit ke Bank yang Diterima

28Cara benar mengajukan kredit ke Bank yang Diterima. Bagi mereka yang ingin mengajukan kredit ke bank pada prosesnya akan memerlukan pengecekan dari Bank Indonesia.  Tes pengecekan ini diperlukan untuk mengambil kredit tanpa agunan kepemilikan rumah kredit KPR. Bisa juga untuk kredit mobil KKP atau bahkan untuk kartu kredit. Mengajukan pinjaman ke bank pasti akan diperiksa BI cek.

BI Check adalah informasi mengenai sejarah kredit yang pernah dilakukan seseorang apakah kreditnya lancar saat jatuh tempo lancar saat membayar atau tidak. kKrena itu BI checking itu menentukan kesesuaian Apakah seseorang bisa meminjam dari bank. Nilai dari BI checking debitur bank itu dikenal sebagai kredit skor atau collection skor.

Cara Benar Mengajukan Kredit ke Bank yang Bisa Diterima

Penetapan nilai atau hasil skor Ini kredit ini adalah catatan dari calon debitur nya calon peminjam nya di bawah ini kami menunjukkan cek by rinciannya sebagai berikut

  • Skor 1 : kredit yang lancar peminjam bisa membayar angsuran Tepat Waktu beserta bunganya tanpa pernah terlambat
  • Skor 2 PK kredit pppk kredit kredit dengan perhatian secara khusus karena peminjamnya atau debitur nya memiliki tunggakan berkisar 1 hingga 90 hari.
  • Skor 3 artinya bahwa peminjam atau debitur memiliki tunggakan cicilan dalam jangka waktu yang lama 1 sampai dengan 120 hari.  skor 3 artinya peminjam memiliki tunggakan kredit yang jangka waktunya 3 sampai 4 bulan.
  • Skor 4 artinya pengajuan kredit tidak akan dilakukan karena debitur nya memiliki tunggakan antara 121 sampai 180 hari.
  • Skor 5 artinya peminjam peminjam tidak mampu membayar cicilannya dan memiliki kredit macet dengan tunggakan diatas 180 hari.
BACA JUGA:   Cara Bikin Rekening BCA Online

Dari skor 3 sampai dengan 5 bank secara umum akan menolak pengajuan kredit bagi debitur yang memiliki nilai BI checking 3 dan 5. Karena nilai itu sudah masuk dalam daftar hitam.

Biasanya bank tidak ingin mengalami resiko kredit macet atau NPL.

Cara membersihkan BI checking

  • Pertama melunasi hutang yang belum dibayar Karena jika belum maka hutang baru tidak akan disetujui
  • kedua setelah tunggakan cicilan dibayar skor kredit harus diawasi. Jika skor kredit belum berubah bisa mengajukan keluhan ke bank untuk diubah skor kreditnya.
  • Ketiga menyampaikan keterangan dari bank Anda lamar atau surat Penjelasan bahwa anda sudah melunasi atau memenuhi kewajiban cicilan kredit Anda. Anda perlu memberi penegasan kepada OJK bahwa kewajiban kredit Anda sudah dipenuhi dengan baik kemudian bisa Ditunggu sampai di checking catatannya dinyatakan benar-benar bersih.

Tips menjaga audit Bi Cek aman

  • Satu perlu mengetahui dengan pasti kredit yang diambil saat ini.

Baik oleh bank atau lembaga pembiayaan lainnya. Dan Apakah anda akan mengambil salah satunya.

  • Kedua biasakan untuk membayar cicilan Sebelum jatuh tempo.

Jika jatuh tempo hingga wanprestasi maka bisa membuat BI checking tidak layak dan masuk daftar hitam. Sangat penting untuk diingat peminjam membayar Sebelum jatuh tempo cicilan.

  • Tiga membatasi penggunaan kartu kredit.

Jika menggunakan kartu kredit dengan batas kurang dari pada yang diperbolehkan jumlah cicilan juga akan terasa lebih ringan. Selain itu perlu membatasi penggunaan maksimal 30% dari batas kartu kredit supaya tidak kan berat dalam membayar.

  • Empat tidak membayar dengan kartu kredit jika tidak penting sekali.

Membayar dengan jumlah minimum tidak berarti utang tidak bisa menumpuk. Bisa jadi masih untuk membeli terus dengan kartu kredit.

  • Tips menjaga audit Bi Cek aman kelima, simpan bukti transaksi.

Iya dapat memantau laporan kredit karena pihak bank bisa saja salah dalam membuat laporan.

  • 6 mengajukan kredit sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Jangan mengajukan kredit jika tidak membutuhkan serta jangan mengambil kredit melampaui kemampuan membayar nanti bisa menimbulkan masalah kredit macet.

BACA JUGA:   Cara Setor Tunai di ATM BCA dan Tips Aman Bertransaksi

Tips menjaga audit Bi Cek aman dan cicilan tetap terbayar

Jadi pikirkan ulang Apakah anda benar-benar perlu 2 kartu kredit. Atau anda perlu mengambil kredit untuk membeli Toyota Alphard. Semestinya dari kemampuan membayar lebih penting daripada alasan gengsi karena bisa mencetak banyak hutang.

Mengajukan kredit ke bank harus bijaksana. Hal ini sangat berkaitan bahwa kredit itu perlu dicicil atau dibayarkan kembali. Jadi, Anda perlu mampu menghasilkan lebih banyak dengan uang yang ada. Jika pinjaman banyak yang bersifat konsumtif, maka cicilan akan menjadi terasa berat. Apalagi, jika Anda mengingat bahwa pinjaman bank ada bunganya. Jumlah yang harus dibayar akan lebih besar.

Inilah artikel tentang cara benar mengajukan kredit ke bank serta Tips menjaga audit Bi Cek aman. Semoga bermanfaat.