Pengertian Jenis Fungsi dan Asas Koperasi
Pengertian Jenis Fungsi dan Asas Koperasi

Pengertian Jenis dan Fungsi Wesel untuk Kirim Uang

Pengertian jenis dan fungsi wesel yang perlu diketahui para pebisnis. Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu metode pembayaran kredit yang disebut wesel. Ya, istilah wesel sebenarnya sudah diperkenalkan sejak sekolah dasar. Dalam salah satu materi edukasi tersebut, wesel dijelaskan sebagai cara untuk memudahkan seseorang mengirim uang melalui jasa atau jasa pos.

Namun, benarkah wesel merupakan layanan yang disediakan oleh jasa pos untuk mempermudah pengiriman uang? Pada prinsipnya wesel dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mengirim uang melalui pos adalah contohnya.

Pengertian, jenis dan fungsi wesel yang perlu diketahui

Namun seiring dengan perkembangan teknologi saat ini yang sangat maju, aplikasi-aplikasi tersebut lambat laun mulai ditinggalkan. Orang dapat lebih mudah mengirim uang menggunakan fitur wire transfer dari semua lembaga perbankan atau melalui aplikasi dompet digital. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa semakin sedikit orang yang menggunakan alat bantu utang ini.

Tapi itu tidak semua orang. Sebagian orang masih menggunakan wesel untuk mengirimkan uang karena keperluan khusus. Salah satunya adalah trik mengatasi inflasi dan masih umum digunakan oleh banyak pebisnis. Nah, untuk lebih memahami apa itu wesel, fungsi dan juga jenisnya, simak penjelasannya berikut ini.

Memahami Wesel

Wesel merupakan cara pembayaran kredit yang biasa digunakan dalam berbagai bisnis, termasuk dalam bisnis. Wesel juga dapat disebut sebagai perintah yang dikeluarkan oleh seseorang yang memberikan kredit kepada pihak lain. Tujuannya agar debitur segera melakukan pembayaran dengan jumlah dan tanggal tertentu sesuai dengan isi wesel tersebut. Pengertian jenis dan fungsi wesel.

Apa fungsi wesel itu?

Selain itu, terdapat pula penjelasan ahli mengenai pengertian wesel. Mahmoeddin menjelaskan bahwa wesel adalah semacam hak milik atau surat promes dari seseorang, dan merupakan perintah tertulis tanpa syarat yang dikirim oleh orang atau penandatangan kepada pihak yang berkepentingan, bank atau seseorang. Tujuannya adalah untuk membayar tanpa syarat sejumlah tertentu kepada subjek atau orang tertentu yang disebutkan oleh pengirim.

Sedangkan menurut KUHD atau Kitab Undang-undang Hukum Dagang, wesel adalah surat dengan tempat dan tanggal tertentu yang dikeluarkan untuk memberikan perintah tanpa syarat kepada yang bersangkutan untuk membayar sejumlah tertentu kepada pemegangnya pada tanggal atau waktu yang telah ditentukan. Selain itu, menurut KBBI, wesel adalah surat yang digunakan untuk mengirim uang, atau surat pembayaran yang dapat ditagih oleh pemiliknya di bank.

Jenis Catatan Berbasis Aturan KUHD

Fungsi wesel tergantung pada jenis dan kebutuhan pengusaha. Ada 6 jenis wesel yang diatur oleh KUHD, antara lain:

  • penerbit sendiri

Berdasarkan Pasal 102(1), diterbitkan wesel penerbit sendiri yang melibatkan penerbit. Oleh karena itu, penerbit dan pihak yang terlibat adalah orang yang sama.

  • Menghitung orang ketiga

Catatan untuk perhitungan pihak ketiga diterbitkan atas nama pihak ketiga dengan pembayaran didebit dari rekening pihak ketiga. Biasanya penerbit tagihan untuk perhitungan orang ketiga adalah bank. Pengertian jenis dan fungsi wesel selanjutnya:

  • Penerbit Pengganti

Hal ini diatur dalam Pasal 102(1), surat berharga pengganti diterbitkan oleh penerbit dengan menunjuk dirinya sebagai pemegang utama surat berharga tersebut. Dengan kata lain, pemegang hak pertama dengan penerbit adalah orang yang sama.

  • Koleksi

Resi adalah wesel yang diterbitkan dengan maksud untuk memberi kuasa kepada pemegang pertama untuk menagih uang dari pihak yang bersangkutan. Bill of lading tidak dimaksudkan untuk ditukar atau ditransfer.

  • Berdomisili

Surat Keterangan Domisili ini diterbitkan dengan menentukan tempat pembayaran atas dasar domisili atau tempat yang ditentukan oleh pihak ketiga atau pihak yang berkepentingan. Tujuannya untuk mempermudah proses pembayaran.

  • Didirikan dalam warna putih

Terakhir, wesel yang berkedudukan di blanko diterbitkan atas dasar syarat pembayaran yang ditetapkan di tempat lain, selain domisili orang tersebut.

Fungsi wesel

Secara umum fungsi wesel adalah sebagai nota kredit karena pembayarannya dilakukan beberapa waktu setelah diperlihatkan atau diterima oleh yang bersangkutan. Untuk lebih jelasnya, inilah fitur wesel.

  • Fungsi wesel menjadi alat pembayaran kredit

Karena wesel masih pada tanggal pembayaran dan sesuai dengan jenis weselnya.

  • Menjadi alat pengiriman uang

Sebelum adanya rekening bank, perintah pembayaran merupakan hal yang umum sebagai sarana pengiriman uang. Dahulu wesel ini diterbitkan oleh Pos Indonesia dan dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengirim uang ke luar daerah, provinsi, luar negeri dengan menggunakan valas atau mata uang. Inilah Pengertian jenis dan fungsi wesel, semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …