Cara Scan KTP di Printer Tajam dan Langsung

  • Bagikan
Cara Scan KTP di Printer Tajam
Cara Scan KTP di Printer Tajam

Cara scan KTP di printer langsung seperti fotokopi. Simak ulasan berikut tentang memindai dokumen penting pada printer. Saat ini, banyak orang yang memindai dokumen/file penting mereka. Kebutuhan akan printer saat ini sangat besar terutama dalam bidang percetakan dan banyak sekali desain, manfaat dan desain printer yang berbeda-beda. Tentunya yang kita bahas adalah cara scan KTP di printer, cara scan sertifikat di printer, dan cara scan dokumen penting di Windows.

Cara scan KTP di printer langsung

Printer memang hanya ditujukan untuk mencetak dokumen di atas kertas, namun ada banyak jenis printer yang tersedia saat ini. Akhirnya, banyak printer baru menyertakan fitur pemindaian seperti kartu ID dan pemindaian ijazah, antara lain.

Cara scan KTP ke printer dan dokumen penting lainnya

Salah satunya adalah dengan menggunakan scan dokumen dengan printer Epson L3110.

Hubungkan printer ke komputer dengan kabel USB (USB printer) Kali ini kita menggunakan printer Epson L3110.

  1. Kemudian hidupkan printer, tekan tombol dan hidupkan komputer.
  2. Cara Scan/Scan Berbagai Dokumen Penting di Printer Epson

Epson L3110 adalah solusi mudah untuk memindai file penting. Berikut caranya:

  1. Siapkan printer Epson L3110
  2. Gunakan Driver Pemindai Epson L3110
  3. Dokumen fisik (KTP, KK dll)

Untuk cara scan dokumen di printer lain, bisa juga discan langsung di printer. Cara scan dokumen di printer supaya hasilnya tajam sebenarnya sama saja. Anda akan mencoba untuk memindai kartu ID ke file JPEG menggunakan printer Epson. File kartu ID tidak perlu dipotong dan printer terhubung ke komputer. Memasukkan file KTP ke dalam pemindai printer secara rangkap/lurus; Kemudian matikan pemindai.

Buka aplikasi Epson Printer Scanner dan atur sebagai berikut:

  • Modus: Modus dokumen
  • Ukuran file: kartu plastik (duplikat/kotak kanan)
  • Jenis Gambar: Warna
  • Resolusi: 300 dpi (tidak kurang dari 120 dpi)
  • Format: Buka folder yang ingin Anda simpan.
  • Kemudian klik “Pindai” untuk memulai setelah Anda selesai.

Pertimbangan untuk Cara scan KTP di printer langsung

Perlu mempertimbangkan kembali saat memindai KTP, SIM atau file lain yang berukuran 8.5×5.5 dan memperhatikan kembali bagaimana KTP ditata dengan jenis ukuran dokumen. Jika KTP dipasang vertikal/horizontal, gunakan kartu berukuran plastik (replika/kotak kanan).

Sesuaikan ukuran dokumen secara horizontal saat menempatkan kartu ID dalam konteks. Perlu diperhatikan lagi, mengikuti pengaturan di atas, dan tentunya ukuran ID yang dipindai, tidak boleh ada yang lebih atau terpotong.

Cara scan dokumen di printer

Pastikan untuk menempatkan ID dan ijazah Anda sejajar dengan garis di sebelah pemindai dan jangan meletakkannya terbalik karena akan melakukan sebaliknya. Ini adalah cara untuk memindai dokumen untuk mengaksesnya di komputer Anda tanpa menggunakan Adobe Photoshop.

Selain cara di atas, ada cara lain.

Cara scan ktp di printer yang lain

  1. Menggunakan Faks & Pemindaian Windows

Siapkan dokumen yang ingin Anda pindai, lalu buka penutup pemindai. Di sini saya mencoba untuk memindai kartu ID saya. Selanjutnya anda lihat di laptop atau komputer anda, buka program “Windows Fax and Scan” di > “All Programs” yang merupakan aplikasi bawaan dari Windows.

  1. Pengaturan Pemindai Foto dan Dokumen

Buka jendela Faks dan Pindai dan buka program. Silahkan buka New Scan di pojok kiri atas.

  1. Atur ukuran hasil pemindaian

Cara scan dokumen di printer selanjutnya. Serahkan pada “Profile” dan source, pilih format sebagai JPG dan resolusi 300. Sebelum mengklik Scan, klik Preview terlebih dahulu untuk mengecek hasil scan, lalu batalkan pilihan Preview. Atau Anda dapat mengaturnya untuk memindai halaman yang dipindai. Kemudian gambar garis di tepi dan sejajarkan dokumen yang Anda pindai.

  1. Periksa hasil pemindaian

Setelah dirasa cocok, silahkan klik Scan dan tunggu proses scanning selesai dan simpan dokumen hasil scan printer. Jika proses menunggu selesai, file akan otomatis tersimpan di dokumen dan kemudian file dokumen hasil scan akan terbuka. Setelah itu, file yang dipindai selesai dan nama file yang disimpan adalah gambar.

kesimpulan

Setiap dokumen, baik itu scan KTP, KK, SIM, Ijazah, dan dokumen lainnya. Dengan cara yang sama, coba bersihkan permukaan printer yang dipindai, bukan kotoran. Agar hasil pemindaian menjadi jelas dan sesuai dengan yang diharapkan, maka harus digunakan printer yang bagus. Cara scan id card di printer dan cara scan dokumen di printer kurang lebih sama dan cukup sekian tips dari kami.

  • Bagikan