Cara Mengecek Tinta Printer Epson
Cara Mengecek Tinta Printer Epson

Cara Mengecek Tinta Printer Epson Praktis

Cara mengecek tinta printer Epson. Salah satu perangkat teknologi yang canggih saat ini yang berfungsi untuk mencetak gambar maupun tulisan adalah printer. Sudah kita ketahui bahwa printer adalah alat elektromekanis untuk merubah tulisan maupun gambar yang awalnya berbentuk digital menjadi berbentuk fisik. Dikarenakan memiliki fungsi yang penting maka tidaklah afdol jika memiliki personal komputer tetapi tidak memiliki printer. dikarenakan keduanya saling berkaitan.

Namun selama ini yang sering jadi permasalahan di saat menggunakan printer adalah hasil prin bergaris. Nah untuk menghindari kendala semacam itu, sebelum anda mencetak teks maupun gambar maka sebaiknya dilakukan tes printer terlebih dahulu. Seperti bagian pada power hingga cek pada tinta printer tau cartridge masih dengan kondisi bagus atau tidak.

Cara cek tinta printer Epson menggunakan nozzle check dan head cleaning printer

Tujuan dilakukan pengecekan tinta printer Epson yaitu untuk memastikan bahwa printer tersebut masih dengan kondisi bagus atau tidak. Dan, apakah perangkat printer tersebut mampu untuk melakukan pencetakan untuk semua warna dengan bagus? Dikarenakan hasil percetakan  teks maupun gambar itu sendiripun dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya dari kondisi cartridge tinta printer.agar hasil percetakan tidak terbuang dengan sia sia

Cara mengecek tinta printer Epson menggunakan nozzle check dan head cleaning printer

Pada dasarnya cara mengecek warna pada printer Epson hampir sama mungkin malah sama dengan cara dengan pengecekan pada merk printer lain. Yaitu dengan menggunakan tombol printer yang terletak pada unit printer. “pada proses pengecekan dilakukan dengan manual”dengan menggunakan nozzle check. Yang perlu anda ketahui semua jenis printer memiliki nozzle check di dalam pengaturanya.

Untuk cara pengetesan warna pada printer maupun head cleaning printer ini bisa digunakan untuk berbagai macam printer.  mulai dari Epson L550, canon, Samsung dan lain lain. lalu bagaimana cara cek printer dari warna dan lain sebagainya, nah berikut ulasannya:

  • Cara mengecek warna pada printer Epson menggunakan Nozzle check

  • Jika ingin melakukan pengecekan warna pada printer menggunakan nozzle check.silahkan hidupkan printer terlebih dahulu, lalu pada bagian tray printer masukan kertas dengan ukuran A4 untuk uji coba.
  • Setelah itu pada perangkat komputer atau laptop, silahkan pilih menu “icon search” lalu anda ketik control panel untuk melanjutkan ke pengaturan printer.
  • Setelah masuk ke halaman control panel silahkan anda pilih klik pada tombol klik “view device and  printer”
  • Kemudian anda akan dibawa ke halaman “device and printer.” Lalu anda tekan pilih printer yang akan di tes kondisi warna pada tintanya.
  • Setelah itu silahkan anda pilih printer yang anda inginkan. Silahkan klik kanan pada icon printer kemudian anda pilih menu “Printing Preferences”
  • Jika anda masih berada di halaman Printing Preferences” silahkan anda pilih menu “maintenance”
  • Setelah itu anda pilih menu lalu klik tombol  nozzle check. yang membawa anda ke jendela halaman nozzle check. Lalu anda pilih menu print. Secara otomatis printer akan mencetak hasil tes. kemudian anda tunggu hingga proses selesai.jika hasil cetakannya tidak memiliki garis. Maka bisa dipastikan kondisi printer masih bagus jika sebaliknya maka dipastikan cartridge sedang bermasalah atau rusak.

Cara head cleaning printer

  • Silahkan masuk ke menu pengaturan printer yang ada di perangkat komputer, lalu masuk ke halaman “printing preferences” kemudian pilih menu maintenance.
  • Selanjutnya di halaman maintenance pilih menu “head cleaning”  makan akan menuju ke jendela pop-up pada halaman head cleaning. lalu silahkan pilih menu start untuk memulainya.
  • Setelah itu tunggu hingga proses head cleaning printer selesai. Lalu silahkan proses tes cetak gambar atau teks berwarna.
  • Jika hasil cetakannya bagus bahwa bisa dipastikan cartridge masih dengan keadaan baik. jika sebaliknya hasil cetaknya jelek maka bisa dipastikan cartridgenya perlu diganti.

Nah itulah beberapa cara mengecek warna printer Epson,.Dengan melakukan pengecekan pada warna tinta. Kondisi cartridge serta melakukan tes hasil warna diharapkan akan menghasilkan cetakan yang bagus. Silahkan melakukan pengecekan paling tidak setiap dua minggu sekali agar print anda tetap memberikan kualitas yang bagus. Semoga informasi diatas dapat berguna untuk pembaca.

Kunjungi juga

Download TikTok Mp4

Tips Cara Download TikTok Mp4 Termudah Tanpa Watermark

Download TikTok Mp4 dengan aplikasi terbaik tanpa watermark. Tiktok adalah platform media sosial berbasis video …