7 Cara Cek Laptop Second Sebelum Membeli

  • Bagikan
7 Cara Cek Laptop Second Sebelum Membeli
7 Cara Cek Laptop Second Sebelum Membeli

7 cara cek laptop second sebelum membeli laptop second atau laptop bekas pakai. Ada baiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Jangan mudah tergiur dengan harga laptop second yang murah. Tapi cek dulu kondisi laptop sebelum membeli agar tidak tertipu dan kecewa. Berikut akan dijelaskan mengenai cara memeriksa laptop bekas.

7 cara cek laptop second sebelum membeli

  1. Periksa kelengkapan laptop

Cara pertama adalah dengan memeriksa kelengkapan laptop. Cara ini sangat membantu untuk mengetahui kalau laptop yang dijual bukan hasil curian. Tanyakan pada penjual terkait nota atau kwitansi saat laptop dibeli, surat garansi laptop. Cek apakah CD atau DVD drivernya masih lengkap, alat cas laptop hingga baterai dan lain sebagainya. 

  1. Cek segel atau stiker perusahaan

Cara yang kedua ini tujuan untuk mengetahui apakah laptop tersebut sudah pernah dibongkar untuk keperluan service atau penggantian komponen laptop. Memeriksa segel atau stiker perusahaan berisi informasi terkait spesifikasi, tipe dan merek laptop. Segel dan stiker ini diberikan oleh perusahaan asli penjualan laptop untuk menjadi bukti bahwa laptop tersebut belum pernah dibongkar sebelumnya, stiker ini juga berfungsi sebagai jaminan garansi laptop. 

  1.  Cara memeriksa laptop bekas pada penampilan luar laptop

Cara selanjutnya adalah mengecek penampilan luar laptop mulai dari body atau casing laptop, periksa bagian touchpad apakah masih bagus atau sudah terkelupas banyak. Periksa bagian baterai apakah masih baik atau sudah copot atau jika baterai tanam pastikan agar tidak kembung, hal ini dikarenakan baterai yang kembung jika dibiarkan terus seperti itu akan membahayakan laptop itu sendiri. 

  1. Periksa kondisi layar laptop atau LCDnya

Untuk memeriksa kondisi LCD laptop yang pertama ialah pastikan layar laptop tidak goyang saat dibuka tutup. Jika layar laptop goyang saat dibuka tutup secara perlahan artinya engsel laptop sudah tidak baik lagi. Langkah kedua coba untuk menghidupkan laptop dan perhatikan layarnya apakah sinar laptop rata atau tidak. Jika tidak maka tandanya laptop tersebut pernah ditekan. Atau, bahkan dibanting sangat kuat sehingga menyebabkan kerusakan. Laptop yang bermasalah pada LCD sebaiknya jangan dibeli karena laptop tersebut tidak akan bertahan lama. 

  1. Cara memeriksa laptop bekas pada setiap tombol keyboard

Alasan laptop second murah ialah karena ada beberapa bagian dari laptop yang fungsinya sudah tidak sebagus laptop baru. Misalnya jika keyboard rusak maka solusinya ialah dengan menggunakan eksternal keyboard. Jika kurang nyaman menggunakan eksternal keyboard maka cara berikut adalah untuk mengecek apakah setiap tombol keyboard masih bagus atau tidak. Cara pengecekannya ialah dengan membuka microssoft word terlebih dahulu, kemudia mulailah mengetik setiap tombol pada keybord, jangan lupa untuk mengecek juga tombol klik 2 arah pada papan keyboard serta kursor pada touchpad. 

  1. Periksa touchpad laptop

Cara cek laptop second selanjutnya yakni dengan memeriksa touchpad laptop. Cara mengecek touchpad leptop adalah dengan menggeser secara perlahan kursor atau panah. Kemudian coba gunakan kedua tombol klik pada touchpad. Jika tauchpad tidak bisa berfungsi seutuhnya maka alternatif lain adalah dengan menggunakan mouse. Akan tetapi kekurangannya ialah tidak bisa melakukan fungsi touchpad seperti untuk memperbesar dan memperkecil gambar serta untuk scroll up dan scroll down. 

  1. Cek keberadaan CD atau DVD drive laptop

7 Cara Cek Laptop Second terakhir adalah pada CD drive. Bagian ini bisa dilewatkan jika tidak terlalu penting atau tidak dibutuhkan. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mengecek bagian ini. Tujuannya agar jika suatu saat dibutuhkan maka tidak perlu repot lagi. Cara mengeceknya juga tergolong mudah yakni dengan menekan tombol buka drive atau dengan menjalankan perintah eject pada laptop. Jika kondisinya masih bagus maka fungsi ini akan berjalan dengan lancar. Selain itu untuk memeriksa fungsi optiknya adalah dengan mencoba memasukan data pada CD atau biasa dikenal dengan istilah bakar CD. Jika hasilnya bagus maka semua data yang dimasukkan tadi dapat terbaca dengan baik. 

Itulah 7 cara cek laptop second sebelum membeli laptop. Selain semua kelengkapan yang telah disebutkan diatas jangan lupa untuk memeriksa juga fungsi sound atau speaker serta RAM. Dengan cara memeriksa laptop bekas yang baik  terlebih dahulu, dijamin tidak akan kecewa nantinya. 

  • Bagikan