Cara Mengetahui Merk dan Tipe Laptop
Cara Mengetahui Merk dan Tipe Laptop

Cara Mengetahui Merk dan Tipe Laptop Sesuai Kebutuhan

Cara mengetahui merk dan tipe laptop yang kita butuhkan. Ketika akan membeli sebuah perangkat komputer seperti laptop, salah satu hal yang menjadi pertimbangan saat membeli adalah merk. Tiap merk memiliki kelebihan masing-masing, anda tinggal harus memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk itu, anda sebelum membeli anda harus mengetahui merk dan tipe laptop yang anda butuhkan. Berikut ini adalah cara mengetahui merk laptop dan tipenya.

Ini Dia Cara Mudah Mengetahui Merk dan Tipe Laptop Anda Serta Keuntungannya

Cara mengetahui merk dan tipe laptop yang paling mudah adalah dengan melihat kardus pembungkus laptopnya. Anda juga akan menemukan merk laptop pada bagian perangkat laptop anda. Merk ini biasanya menempel pada bagian bawah kayar laptop maupun belakang layar. Ada juga yang menempatkannya di sebelah mousepad.

  • Mengetahui Kecocokan Laptop dengan Software

Namun, apa jadinya jika anda harus menginstall ulang perangkat laptop anda?

Ketika menginstall ulang, anda harus memastikan software yang anda gunakan sesuai dengan merk dan tipe laptop anda agar tidak terjadi masalah. Kita harus tahu laptop apa yang kita butuhkan berdasar keperluan kerja dan softwarenya. Tidak semua merk laptop mencantumkan tipenya pada perangkat laptop. Tapi, anda tetap bisa mengetahuinya dengan menggunakan cara mengetahui merk laptop sendiri dan tipenya dengan cara berikut :

  1.       Cara mengetahui merk laptop kita tipe laptopnya, bisa dengan membuka DirectX Diagnostic sebagai langkah pertama. Untuk membukanya, anda cukup menekan tombol windows dan tombol R pada keyboard secara bersamaan.
  2.       Setelah muncul jendela Windows Run, anda perlu mengetik dxdiag pada kolom dan menekan tombol yes.
  3.       Setelah itu akan muncul jendela DirectX, cara mengetahui merk laptop kita dan tipenya pada jendela ini, anda tinggal menekan tab bagian system.
  4.       Lihat pada bagian system manufacturer dan system model.
  5.       Dengan cara mengetahui merk laptop ini, anda dapat melihat merk dan tipe laptop anda tanpa takut salah, karena data sudah pasti benar.
  • Cara Mengetahui Merk dan Tipe Laptop dengan BIOS

Cara mengetahui merk beserta tipe laptop sendiri selanjutnya adalah dengan menggunakan sistem BIOS. Sistem yang biasanya muncul sebelum masuk ke dekstop, berikut adalah penjelasannya :

l  Ketika menyalakan perangkat, sebelum masuk ke bagian desktop, tekan F1 sampai F12 untuk memunculkan mode BIOS

l  Setelah berhasil masuk, anda tinggal mencari menu system information, yang dimana pada menu itu anda dapat melihat secara lengkap informasi perangkat laptop anda, mulai dari merk hingga tipenya. Dari sini, kita bisa tahu apakah laptop apa yang kita butuhkan sesuai.

Kenapa cara mengetahui merk dan tipe laptop sendiri Sangat Dibutuhkan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara ini penting untuk mengetahui tipe laptop kita saat akan melakukan install ulang perangkat atau sekedar menginstall software baru.

Cara mengetahui merk laptop dan tipenya berguna untuk mencari tipe software yang cocok dengan perangkat kita. Hal yang perlu anda ingat adalah, setiap perangkat memiliki sistem operasi yang berbeda, sehingga menjadikan tiap merk yang berbeda memiliki tipe yang berbeda pula dan cocok dengan jenis software yang juga berbeda.

Jika anda tidak mau repot ketika anda mengalami masalah dan harus instal ulang, anda bisa langsung membawa perangkat laptop anda ke tempat servis, dan anda tidak memerlukan cara mengetahui merk laptop sendiri ini. Tapi, anda harus menyiapkan biaya tambahan sebagai biaya servisnya.

  • Bisa tahu laptop apa yang kita butuhkan berdasar keperluan pekerjaan kita

Keuntungan mempelajari cara mengetahui merk laptop dan tipenya ini juga dapat menghemat biaya pemasangan software pada perangkat laptop anda. Hal yang sama berlaku pada penggantian hardware perangkat laptop anda. Cara ini akan memudahkan anda dalam membeli perangkat yang sesuai.

  • Bisa mempertahankan harga jual

Bukan hanya berguna saat dalam pemakaian anda saja, cara ini juga dapat berguna ketika anda akan menjual perangkat laptop anda. Tentu anda harus bisa menjelaskan spesifikasi laptop anda pada calon pembeli bukan? Tap system yang sebelumnya dijelaskan memuat berbagai informasi mengenai spesifik perangkat laptop yang anda miliki.

Jadi, anda tidak akan kekurangan informasi dan dapat menjelaskan spesifikasi perangkat laptop anda beserta kelebihannya pada calon pembeli.

Sebagai pemilik yang cerdas, ada baiknya kita tidak hanya bisa menggunakan perangkat laptop yang kita miliki, tapi juga mengenal spesifikasinya. Tidak hanya sebagai merk dan kapasitas RAMnya saja. Hal ini harus diketahui oleh setiap pemilik perangkat laptop agar ketika terjadi masalah, anda dapat menangani masalah tersebut dengan tepat. Semoga membantu dan selamat mencoba.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …