Apk GCam
Apk GCam. Sumber Gambar: Google.com

Apk GCam dan Kelebihannya Untuk Kamera Android Biasa

Apk GCam dan kelebihannya untuk kamera Android biasa. Jika kamu pernah mendengar tentang Google Pixel, pasti kamu terkesan dengan kualitas kameranya yang bagus dan canggih. Nah, kamera bawaan di Google Pixel kita sebut GCam, yang merupakan kepanjangan dari Google Camera.

Apk GCam

Apk GCam Google Camera
Apk GCam Google Camera

Jadi, GCam itu sebenarnya adalah aplikasi kamera yang Google kembangkan untuk ponsel Android. Awalnya, GCam ini mereka kembangkan pada tahun 2011 sebagai proyek riset di bawah pengawasan Marc Levoy. Ia seorang pegawai Google yang juga terlibat dalam pengembangan Google Glass.

Awalnya, GCam bisa kita jalankan di ponsel Android versi 4.4 Kitkat ke atas. Namun, sekarang Google hanya fokus mengoptimasi GCam untuk ponsel Google Pixel saja. Jadi, ponsel-ponsel seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, dan lainnya tidak Google izinkan menggunakan aplikasi kamera nomor satu ini.

Tapi jangan khawatir, GCam memiliki beberapa kelebihan dan fitur unggulan yang tidak kita temukan di kamera bawaan ponsel Android. Dan bahkan jika ada yang mirip, maka kualitasnya mungkin tidak sebaik GCam.

Maka dari itu, banyak pengguna yang nekat menginstal versi modifikasi GCam demi bisa menikmati kelebihan dan fitur yang aplikasi tawarkan. Nah, berikut ini adalah 5 kelebihan dan fitur unggulan dari GCam yang penting untuk kamu ketahui.

 

Tentang Apk GCam

1. Kelebihan

Fitur
Fitur

HDR+: Fitur ini membuat foto-foto kamu terlihat lebih keren dengan meningkatkan kualitas gambar. Jadi, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang sulit, GCam bisa menghasilkan foto yang terang, tajam, dan penuh detail.

Photo Sphere: Dengan fitur ini, kamu bisa mengambil foto panorama 360 derajat yang keren. Jadi, kamu bisa mengabadikan momen-momen penting dengan cara yang lebih luas dan juga secara menyeluruh.

Night Sight: Bagi kamu yang suka mengambil foto di malam hari atau dalam kondisi minim cahaya, fitur ini sangat berguna. GCam menggunakan teknologi canggih untuk menghasilkan foto malam yang terang dan jelas, tanpa gangguan noise atau blur.

Super Res Zoom: Fitur ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan foto dengan zoom yang lebih jelas dan tajam. Jadi, meskipun kamu memperbesar gambarnya, hasilnya tetap terlihat bagus dan tidak pecah.

Portrait Mode: Dengan fitur ini, kamu bisa mengambil foto dengan efek bokeh yang artistik. Kamu bisa membuat subjek utama terlihat jelas dan tajam, sementara latar belakangnya terlihat buram, menciptakan kesan estetik yang indah.

Jadi, itulah 5 kelebihan dan fitur unggulan dari GCam yang perlu kamu ketahui. Dengan GCam, maka kamu bisa mengambil foto-foto yang lebih mengesankan dan memukau dengan ponsel Androidmu.

 

2. Fitur HDR Spesial

Super HDR
Super HDR

Nah, bedanya HDR+ di GCam dengan HDR di kamera ponsel Android biasa adalah, HDR+ menggunakan teknik komputasi fotografi yang bikin dynamic range-nya lebih keren dan mantap. Jadi, pas kamu ngejepret, HDR+ itu bakal ambil beberapa frame foto dalam waktu singkat.

Terus, dari frame-frame itu, HDR+ bakal pilih yang paling tajem buat jadi foto utama. HDR+ ini juga pinter, loh. Dia pake yang namanya Segmentasi Semantik buat ngedeteksi wajah. Trus, dia bakal cerahin wajah dengan bantuan lampu flash buatan.

Selain itu, ia juga bisa gelapin langit yang terlalu terang. Makanya, hasil foto dengan HDR+ ini bagus banget, soalnya dia bisa ngejauhin foto yang berisik atau buram. Warnanya juga jadi lebih oke, nggak terlalu terang banget.

Yang bikin HDR+ ini lebih hebat dari kamera bawaan ponsel Android biasa, GCam bisa ambil beberapa foto yang underexpose (ekspose cahayanya kurang) dan nyatet semuanya. Terus, dia nyatuin semuanya pake algoritma canggih yang udah Google latih dengan dataset foto yang banyak banget.

Photo Sphere

Selain HDR+, GCam juga punya fitur keren lainnya, yaitu ‘Photo Sphere’. Fitur ini memungkinkan kita buat jepret foto panorama 360 derajat yang asyik banget. Jadi, kita bisa liat foto panorama itu kayak lagi berdiri di tempat foto diambilnya.

Ini bisa kita geser ke kiri, ke kanan, ke atas, ke bawah, hingga kita berasa kayak lagi di situ langsung, liat sekeliling. Plus, hasil foto panorama yang kita jepret pake fitur ini juga bisa kita embed di halaman web pake kode HTML khusus.

Atau kita bisa juga upload ke layanan Google macem Google Maps. Jadi, orang lain bisa ngerasain betapa serunya tempat itu lewat foto panorama kita. Pokoknya, GCam punya fitur-fitur keren yang bikin pengalaman fotografi kita makin seru dan unik.

Makanya, nggak heran banyak yang nekat modifikasi GCam buat dapetin kelebihan dan fitur-fitur keren ini. Meskipun tidak Google support secara langsung, namun tetap saja ini aplikasi yang sangat unggul.

 

3. Fitur Night Sight Luar Biasa

Apk GCam Night Sight
Apk GCam Night Sight

Coba deh, fitur paling keren dari kamera Google ini adalah Night Sight atau Mode Malam. Pas kamu aktifin fitur ini, dia bisa mengambil foto di kondisi hampir gelap gulita tanpa cahaya sama sekali, terus hasilnya jadi foto yang jelas dan terang.

Night Sight ini sebenarnya pake teknik yang mirip exposure stacking, yang sering orang pakai di astrofotografi. Dia pake algoritma HDR+ atau modifikasi Super Res Zoom. Ini bekerja secara otomatis tanpa perlu kamu intervensi.

Jadi, setiap kali kamu tekan tombol jepret dan aktifin Night Sight, HP kamu bakal jepret banyak foto dengan eksposur yang berbeda-beda. Terus, informasi dari foto-foto itu algoritma proses buat ngecek detail-detail scene kayak bayangan, sorotan, dan juga seberapa banyak cahaya di sekitarnya.

Dengan cara ini, maka GCam bisa nyatuin foto-foto itu jadi foto yang jauh lebih terang. Selain itu, detail – detailnya juga bertambah banyak karena foto yang kamera ambil juga bukan hanya 1 saja.

 

4. Super Res Zoom Tanpa Merusak Detail

Super Res Zoom
Super Res Zoom

Nah, Zoom Digital tuh emang jadi tantangan buat fotografi di ponsel. Tapi Google dengan jagoannya, GCam, berhasil hadirin fitur yang namanya Super Res Zoom. Yang seru, fitur ini bisa ngasih zoom digital sampe 2x tanpa ngerusak detail apapun.

Super Res Zoom ini pake teknik burst photography yang sama kayak yang Google pakai buat HDR+ dan Night Sight. Bedanya, di sini, nggak ada variasi eksposur yang Google pakai. Tapi tetep aja hasil zoom-nya keren banget tanpa bikin gambarnya jadi buram atau pecah.

Nah, ceritanya begini. Biasanya, pabrikan ponsel Android tuh buat fitur portrait mode pake sensor kedalaman tambahan di kamera. Tapi Google beda, mereka sukses bikin fitur portrait mode cuma pake software aja.

Jadi, GCam bakal ambil foto biasa dulu pake HDR+. Terus, dengan bantuan neural network yang udah Google latih, maka HP kita bisa mengenali objek utama. Objeknya bisa manusia, tumbuhan, atau juga hewan peliharaan.

Untuk memastikan nggak ada kesalahan waktu nyari tepi objek, Google pake teknologi yang namanya Dual Pixel. Sebenarnya, setiap piksel yang HP kita ambil secara teknis punya sepasang piksel. Jadi, bukan hanya 1.

Nah, dengan fokus yang lebih baik, maka HP kita punya dua sudut pandang buat mengevaluasi jarak antara latar belakang dan latar depan. Selanjutnya, GCam akan buat efek bokeh pada gambar, kecuali di objek yang jadi fokusnya.

Meskipun Google Pixel seri lama nggak punya banyak sensor buat ukur kedalaman gambar, fitur portrait mode di GCam tetep nggak kalah keren sama yang ada di ponsel Android masa kini. Jadi, dengan GCam, kita bisa dapetin efek bokeh yang artistik dan foto portrait yang memukau tanpa perlu sensor tambahan.

 

Kesimpulan Apk GCam

Apk GCam Kesimpulan
Apk GCam Kesimpulan

Tetapi, jangan khawatir ya! Meskipun GCam resmi cuma buat ponsel Google Pixel, ada kok beberapa orang hebat di dunia teknologi dan developer yang bikinin GCam versi virtual buat dipake di smartphone lain yang punya cam2api (Camera2 API).

Cam2API ini adalah fitur keren buat ngakses pengaturan kamera yang lebih advance.  Tapi, perlu diinget nih, smartphone yang mau diinstal APK GCam harus punya OS Android versi 10 atau yang lebih baru. Terus, smartphone kamu juga harus kompatibel dan udah diaktifin Cam2API-nya.

Nah, buat ngecek apakah ponsel kamu udah punya fitur itu atau belum, kamu bisa download aplikasi Camera2 API Probe dari Google Play Store. Pastiin kamu pilih yang sesuai sama spesifikasi ponsel kamu ya.

Setelah kamu download, pilih APK-nya trus langsung install aja. Terakhir, restart ponsel kamu buat melengkapi proses pemasangan. Jadi ini tutorial lengkap tentang cara instal dan download aplikasi GCam di Android, kamu bisa cek di sini. Selamat mencoba, ya! Semoga sukses!.

Link Unduh:

Google Camera

Kunjungi juga

Adobe Lightroom Mod

Adobe Lightroom Mod Apk Link Unduh Aman Paling Update

Adobe Lightroom Mod Apk dan link unduhan yang aman paling update. Ketika memasuki alur kerja …