Waktu WIB Sekarang
Waktu WIB Sekarang. Sumber Gambar: Google.com

Waktu WIB Sekarang dan Cara Mengetahui Waktu Dunia di HP

Waktu WIB sekarang dan cara mengetahui waktu dunia sekarang. Hey guys! Kembali lagi dengan situs kami yang selalu memberikan tips-tips terbaik untuk para pengguna android dan juga komputer.

Waktu WIB Sekarang

Waktu Indonesia Barat
Waktu Indonesia Barat. Sumber Gambar: Google.com

Nah, kali ini kita mau bahas tentang cara melihat jam di seluruh dunia secara offline alias tanpa koneksi internet di Android. Kalo kalian pengen tau, bisa nih langsung simak caranya di bawah ini.

Sebelum itu, kita mau kasih tau dulu kalo ada dua cara buat melihat jam seluruh dunia di Android secara offline. Cara pertama kalian bisa melihatnya langsung di aplikasi jam bawaan Android. Jadi, yang ini gak perlu download aplikasi tambahan.

Cara kedua kalian bisa download aplikasi tambahan. Nah, yang ini tentunya butuh koneksi internet buat downloadnya ya. Jadi, kalo penasaran, langsung aja kita liat caranya di bawah ini ya.

Cara melihat jam seluruh dunia tanpa internet / offline di Android. Persyaratan, pastikan android udah menggunakan zona waktu otomatis sesuai jaringan. Untuk cara yang pertama, mudah saja melakukannya.

 

Cara Melihat Waktu WIB Sekarang

1. Secara Offline di HP

Waktu WIB Sekarang Cara Offline
Waktu WIB Sekarang Cara Offline. Sumber Gambar: Google.com

Cara melihat jam seluruh dunia via aplikasi jam bawaan Android. Pertama buka aplikasi jam bawaan Android. kemudian, cari pilihan “jam dunia”. Maka, kalian akan di tampilkan globe jam dunia seperti gambar di bawah.

Dengan menggunakan cara ini, maka seluruh jam dunia dari berbagai negara akan muncul di situ. Kalo kalian mau tau waktu sekarang, tinggal pilih kota yang kalian mau liat, misalnya Jakarta atau Tokyo.

Jadi, dengan cara ini bisa juga melihat jam untuk semua negara dan kota – kota besar. Ini karena jam bawaan Android memang memiliki fitur seperti itu. Tetapi, cara menggunakannya memang tidak dengan antarmuka secara langsung. Tetapi seperti melakukan setting.

 

2. Menggunakan Widget

Jam Dunia & Widget
Jam Dunia & Widget

Melihat jam seluruh dunia via aplikasi jam dunia & widget. Pertama, download dan install aplikasi Jam Dunia & Widget di Google Play Store Android. Setelah terinstall, maka silahkan buka aplikasinya.

Kalian akan di tampilkan jam antar kota-kota besar di belahan dunia, seperti London, Tokyo, dan New York. Tekan titik tiga, lalu pilih “tambah jam”, lalu cari kota yang kalian ingin tambahkan ke menu utama jam dunia.

Misalnya, Jakarta. Secara otomatis, jam kota tersebut akan muncul di menu utama jam dunia. Nah, jadi itu tadi cara-cara buat melihat jam seluruh dunia tanpa internet/offline di Android.

Semoga bermanfaat ya! Kalo kalian mau tau tips-tips menarik lainnya, bisa baca artikel kami tentang cara lihat tagihan pulsa listrik prabayar/pascabayar di HP Android. Jangan lupa share artikel ini ke temen-temen kalian ya kalo kalian suka. Kalo ada kekurangan, mohon dimaafkan ya guys!

 

3. Apa itu Zona Waktu

Waktu WIB Sekarang Zona Waktu
Waktu WIB Sekarang Zona Waktu. Sumber Gambar: Google.com

Zona waktu adalah wilayah geografis yang memiliki waktu standar yang sama. Dunia dibagi menjadi zona waktu yang berbeda, masing-masing terpisahkan oleh jumlah jam tertentu dari Waktu Universal Terkoordinasi (UTC) atau Waktu Rata-Rata Greenwich (GMT).

Tujuan dari zona waktu adalah untuk membakukan ketepatan waktu di seluruh dunia. Termasuk juga waktu WIB sekarang. Dan, juga untuk menghindari kebingungan yang penyebabnya adalah perbedaan waktu di wilayah yang berbeda.

Saat ini ada 24 zona waktu utama di dunia, masing-masing berjarak satu jam. Mereka terlihat oleh huruf alfabet. Jadi, mulai dengan huruf A untuk zona waktu terdekat dengan UTC, dan berlanjut melalui alfabet untuk setiap zona waktu satu jam lebih awal.

Misalnya, Kota New York terletak di Zona Waktu Timur (terkenal sebagai UTC-5). Sedangkan Los Angeles berada di Zona Waktu Pasifik (terkenal sebagai UTC-8). Beberapa wilayah menggunakan zona waktu setengah jam atau seperempat jam untuk membuat perbedaan.

Misalnya, India memiliki zona waktu UTC+5:30, setengah jam lebih awal dari zona waktu satu jam penuh terdekat (UTC+5). Faktanya, zona waktu dapat berdampak signifikan pada perjalanan, bisnis, dan juga komunikasi.

Jadi, penting untuk menyadari perbedaan waktu antara wilayah yang berbeda saat menjadwalkan acara atau berkomunikasi dengan orang di belahan dunia lain. Hal ini terutama berlaku untuk perjalanan internasional.

Ini tempat di mana menyesuaikan diri dengan zona waktu baru dapat menyebabkan jet lag dan memengaruhi produktivitas dan juga kesejahteraan seseorang. Jadi, secara keseluruhan, zona waktu memainkan peran penting dalam menjaga standar ketepatan waktu globa.

Dan, juga memastikan bahwa orang dapat berkomunikasi dan melakukan perjalanan secara efektif melintasi berbagai wilayah di dunia.

 

Mengapa Waktu WIB Sekarang dan Singapura Berbeda

Indonesia dan Singapore
Indonesia dan Singapore. Sumber Gambar: Google.com

Kalau Anda jalan-jalan ke Singapura, jangan kaget kalo beda jam sama di Indonesia ya. Soalnya mereka make GMT + 8, sedangkan kita pake GMT + 7 di Waktu Indonesia Barat. Jadi, kalo misalnya udah pukul 5 pagi di Indo, di Singapura ama Malaysia masih gelap-gelap aja.

Nah, kalo Anda bisnis di sana, harus juga menjaga supaya gak ketinggalan info penting dan transaksi. Soalnya, tiap 15 derajat bujur itu beda 4 menit. Jadinya, Jakarta/Surabaya itu beda 7 jam sama Greenwich (GMT). Makassar beda 8 jam, Papua beda 9 jam. Maka, Indonesia punya tiga zona waktu.

Kalo Indonesia ingin balik arah menjadi sama dengan Singapura, maka Jakarta harus bangun lebih pagi 1 jam begitu. Tapi ya konsekuensinya harus berebut bisnis dari pesaing-pesaing di Singapura dan juga Hongkongu.

Untuk mengakalinnya, Indonesia bisa membagi wilayah waktu jadi dua, bagian Barat sama Timur yang lebih maju 1 jam. Jadi, Jakarta dan kota-kota penting di Indonesia yang lainnya di bagian Barat bakal punya waktu yang sama dengan Singapura hingga Hongkong.

Sedangkan di bagian Timur bakal sama ama kota-kota seperti Tokyo ama Seoul. Nah, dengan cara begini, masuk sekolah jam 7 pagi akan sama dengan jam 6 sekarang. Tetapi, pulang lebih awal. Bekerja juga pulang jam 3.

Link Aplikasi:

Jam Dunia & Widget

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …