Tips  

Mobil Tidak Bisa Nyala Sebab dan Cara Mengatasinya

Mobil Tidak Bisa Nyala
Mobil Tidak Bisa Nyala

Mobil tidak bisa nyala tentu sangat merepotkan terlebih apabila terjadi ketika akan berangkat kerja. Segala urusan anda jadi berantakan karena kendaraan yang membantu anda beraktivitas secara dinamis terganggu. Lebih berbahaya lagi jika mesin tiba-tiba rewel ketika di tengah perjalanan ke tempat yang jauh.

Mencegah Mobil Tidak Bisa Nyala

Oleh karena itu apabila anda tidak mau hal tersebut terjadi  maka haruslah rutin merawat mobil tersebut. Mobil yang selalu terawat dan terjaga dengan baik dari luar sampai dalam pasti juga akan memberikan kenyamanan dan keamanan buat anda berkendara. Sehubungan dengan hal tersebut, inilah beberapa perawatan rutin pada mobil yang harus anda selalu lakukan  :

Cara Merawat Mobil yang Bisa Anda Lakukan untuk Menjaga Keawetan Mesinnya

  •  Penggantian oli

Salah satu penyebab mesin mobil tidak bisa nyala adalah karena masalah oli. Oli yang digunakan untuk melumasi mesin lama kelamaan jumlahnya pasti berkurang  karena menguap akibat panas yang dihasilkan. Jumlah oli yang berkurang ini dapat membuat mesin tidak bekerja secara maksimal bahkan bisa rusak karena gaya gesekan yang dialami akan jadi semakin besar.

Tidak hanya soal jumlah tapi oli yang digunakan dalam waktu lama pasti kualitasnya juga akan menurun. Sebagaimana minyak goreng yang digunakan terus menerus akan berubah jadi hitam, oli pun demikian. Oli seperti ini sudah banyak mengandung pengotor yang justru malah akan memperberat kerja mesin dan risiko mesin mobil tidak bisa nyala akan semakin tinggi

BACA JUGA:   Membuat Surat Jual Beli Mobil Bermaterai Mudah

Cara merawat mobil secara rutin dengan cara penggantian oli ini disampaikan pertama kali karena sebenarnya merupakan yang paling mudah dan murah tapi masih sering diabaikan. Oleh karenanya mulai sekarang buat pengingat untuk tiap 10.000 km pemakaian atau 6 bulan sekali untuk mengganti oli. Indikator 10.000 km ini berlaku jika anda pakai oli sintetik murni, bila pakai jenis campuran maka anda harus menggantinya tiap 5000 km.

  • Servis secara menyeluruh

Sebaiknya saat rentang jarak yang telah ditempuh  di mesin anda tiap mencapai kelipatan 10.000 km maka jangan hanya ganti oli tapi juga servis menyeluruh. Setiap bagian mesin yang bekerja secara terus-menerus pasti akan mengalami kondisi abnormal. Misalnya kondisi kabel yang mengendor, filter yang mengotor, dsb

Namun sayangnya kalau ganti oli saja diabaikan apalagi masalah servis menyeluruh ini. Banyak orang menghindarinya karena takut keluar biaya banyak. Padahal bisa saja komponen yang awalnya hanya butuh perbaikan karena tidak segera dilakukan malah jadi rusak dan menyebabkan mesin mobil tidak bisa menyala sama sekali. Anda jadi harus ganti komponen baru dan tentu harganya akan lebih mahal.

Namun jika anda memang belum memiliki cukup biaya untuk servis menyeluruh maka usahakan untuk tetap servis pada bagian-bagian yang penting dahulu. Baru kemudian menyusul pada bagian-bagian penunjang. Dengan kata lain anda melakukan servis secara bertahap

  • Mencegah mobil tidak bisa nyala dengan menjaga dan merawat aki.

Aki bisa dibilang adalah jantungnya mobil ataupun kendaraan lain. Jantung memenyebarkan darah ke seluruh tubuh maka aki menyebarkan listrik ke seluruh bagian mobil sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Aki yang tidak dijaga dengan baik pasti akan menjadi sumber masalah mesin mobil tidak bisa menyala.

BACA JUGA:   Cara Save Video Di FB

Maka dari itu sebagaimana jantung perlu dijaga kesehatannya maka bila  ingin mobil anda sehat perhatikan kesehatan akinya. Cara menjaga kesehatan aki tersebut bisa anda lakukan dengan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan air aki di dalamnya selalu dalam jumlah yang mencukupi

Sebagaimana yang anda tahu aki adalah suatu sistem baterai di mana akan selalu terjadi perpindahan arus listrik dari kutub positif ke negatif. Perpindahan ini dapat berjalan dengan lancar melalui cairan elektrolit. Cairan ini pasti akan menguap karena panas yang dihasilkan mesin, Oleh karena itu anda harus rajin mengecek  jumlah cairan itu, apabila levelnya mulai turun segera isi dengan air.

  • Cara merawat mobil dengan mempergunakan mobil secukupnya

Mobil yang sangat jarang digunakan akan menyebabkan aki tekor karena aki tidak mendapat suplai daya untuk membuatnya bekerja maksimal. Namun penggunaan berlebihan pun juga akan membuat tegangan aki menurun dan lama kelamaan membuat mesin mobil tidak bisa nyala.   Jadi lebih baik pergunakan mobil sewajarnya saja khususnya dimulai dari penggunaan AC.