Isi Surat Pernyataan Jual Beli Mobil yang Wajib Diketahui

  • Bagikan
Isi Surat Pernyataan Jual Beli Mobil
Isi Surat Pernyataan Jual Beli Mobil

Isi surat pernyataan jual beli mobil harus dipertimbangkan dalam melakukan jual beli mobil. Hal pertama yang harus disiapkan setelah menemukan calon pembeli ialah dokumen atau surat pernyataan jual beli mobil. Surat ini berfungsi untuk menjadi bukti transaksi yang sah bahwa telah terjadi jual beli mobil antara pihak pertama atau penjual dengan pihak kedua atau pembeli. Ini dia hal apa saja yang wajib ada pada surat jual beli mobil bekas maupun mobil baru.

Ini dia isi surat pernyataan jual beli mobil, yang wajib diketahui

  • Tanggal transaksi jual beli mobil

Point pertama yang tercantum pada Isi surat pernyataan jual beli mobil atau kendaraan ialah waktu dilakukannya transaksi jual beli mobil tersebut. Biasanya bagian ini ditulis secara lengkap mulai dari hari, tanggal jual beli mobil, bulan dan tahun dilakukannya transaksi juga harus tercantum secara jelas.

  • Identitas lengkap dari pihak 1 dan pihak 2

Pihak pertama ialah mereka yang bertindak sebagai penjual mobil sedangkan pihak kedua ialah yang bertindak sebagai pembeli mobil. Identitas yang tercantum mulai dari nama pembeli atau penjual, pekerjaan, alamat pembeli atau penjual, nomor telepon hingga nomor KTP kedua belah pihak.

  • Keterangan mobil atau kendaraan

Paragraf berikut dari Isi surat pernyataan jual beli mobil, perlu memuat seluruh keterangan terkait mobil yang akan dijual belikan. Adapun data identitas mobil terdiri dari merek mobil, tipe mobil, tahun berapa mobil tersebut dibuat, nomor rangka kendaraan, warna mobil, nomor polisi yang tertera dan tentunya keterangan nomor mobil. Identitas mobil ini sebaiknya ditulis dan diperiksa oleh kedua belah pihak.

  • Mencantumkan jumlah harga mobil

Yang berikut dari isi surat pernyataan jual beli mobil ialah jumlah nominal uang transaksi jual beli atau bisa juga disebut harga mobil dan keterangan jenis pembayaran. Pada bagian ini berbunyi bahwa pihak kedua atau pembeli telah melakukan pembayaran pada pihak pertama atau penjual mobil dengan nominal yang disebutkan serta jenis pembayaran baik tunai ataupun melalui rekening bank. Sebaiknya disebutkan juga nama bank yang dilakukannya pembelian serta nomor rekeningnya secara lengkap.

  • Bubuhkan tanda tangan bermaterai

Baik dalam contoh surat jual beli mobil kredit maupun secara cash tanda tangan materai oleh kedua belah pihak harus tetap disertakan. Selain pihak penjual dan pembeli harus ada juga saksi-saksi yang seluruh dilengkapi dengan materai. Setelah semuanya selesai maka surat pernyataan jual beli telah selesai dan siap dipertanggung jawabkan jika suatu hari ditemukan beberapa masalah.

Fungsi surat pernyataan jual beli mobil

Surat pernyataan jual beli mobil sangat penting dalam proses transaksi jual beli kendaraan dikarenakan fungsinya yakni;

  • Untuk terhindar dari penipuan dari kedua belah pihak selama proses transaksi jual beli mobil berlangsung.
  • Dapat digunakan sebagai bukti dan jaminan dari pihak pertama atau pihak penjual. Bahwa mobil yang dijual masih bagus dan sesuai dengan kesepakatan dan keterangan yang tertera pada surat perjanjian.
  • Berfungsi untuk memberikan penjelasan berkaitan dengan peralihan nama kepemilikan, hak dan kewajiban pemilik. Serta semua yang berhubungan dengan peralihan kepemilikan.
  • Demi menghindari terjadinya salah paham atau konflik yang diajukan dari pihak kedua atau pihak pembeli. Sehingga semua tetap sesuai surat perjanjian yang sudah dibuat oleh kedua belah pihak dan disaksikan oleh para saksi.
  • Untuk penjelasan secara rinci dan detail berkaitan dengan surat dan dokumen mobil apakah masih lengkap atau sudah tidak lengkap lagi. Semuanya harus dituliskan secara lengkap pada surat.
  • Fungsi surat pernyataan jual beli mobil adalah untuk menjelaskan dan menerangkan kondisi mobil yang akan dijual oleh pihak pertama kepada pihak kedua. Penjelasan ini dilakukan secara detail dan terperinci. Serta sesuai dengan yang termuat dalam surat perjanjian jual beli mobil.
  • Demi menjelaskan metode pembayaran oleh kedua belah pihak yang dipakai saat transaksi jual beli mobil terjadi dalam hal ini pembayaran secara tunai, lunas, kredit. Dan, pembayaran menggunakan rekening tertentu dan nomor rekening harus disebutkan secara lengkap.

Kesimpulan Isi Surat Pernyataan Jual Beli Mobil

Demikian penjelasan terkait apa saja yang termuat dalam Isi surat pernyataan jual beli mobil. Selanjutnya untuk pembuatan surat jual beli mobil sederhana dapat ditanyakan pada mereka yang ahli. Atau bisa juga didiskusikan dengan kedua belah pihak yang terlibat.

  • Bagikan