Cara Daftar Mobile Banking BTN dan Aktivasinya

  • Bagikan
Daftar Mobile Banking BTN
Daftar Mobile Banking BTN

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar Anda bisa daftar Mobile Banking BTN. Persyaratan serupa juga mungkin berlaku untuk pendaftaran mobile banking di bank lainnya. Hal ini untuk memastikan bahwa nasabah Bank BTN menyetujui atas syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Sehingga ketika ada kebijakan terbaru yang menyangkut pihak nasabah maupun pihak bank sendiri, nasabah berkewajiban untuk mematuhi atas kebijakan tersebut.

Syarat dan Ketentuan Daftar Mobile Banking BTN

Adapun syarat dan ketentuan daftar Mobile Banking BTN yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  • Sebelumnya, Anda harus memiliki tabungan berbasis kartu. Tentu saja dalam hal ini Anda harus menjadi nasabah bank BTN terlebih dahulu. Adapun Ketika Anda ingin mendaftar menjadi nasabah bank BTN, Anda dapat memilih beberapa jenis tabungan yang disediakan. Jenis-jenis tabung tersebut meliputi tabungan BTN Batara, tabungan e BataraPos, BTN simpel, BTN juara, dan TabunganKu yang cukup populer di masyarakat.
  • Menyetujui kebijakan yang diberlakukan oleh pihak bank dalam hal limit transaksi. Adapun kebijakan tersebut sebagai berikut:
    • Tabungan dalam bentuk kartu yang memiliki masa aktif dan belum pernah digunakan untuk mendaftar Mobile Banking. Jika sudah pernah atau terjadi kesalahan akibat salah input sandi atau lainnya, Anda bisa mengurusnya untuk memperbaiki akun tanpa harus daftar kembali.
    • Pada saat daftar Mobile Banking BTN di kantor cabang, ada harus membawa dokumen identitas berupa KTP atau SIM asli.
    • Batas transaksi antar sesama Bank BTN maksimal yang diperbolehkan adalah sebesar 200 juta per hari dengan nominal maksimal 25 juta per transaksi.
    • Batas transaksi ke lain bank BTN maksimal yang diperbolehkan adalah sebesar 100 juta per hari dengan nominal maksimal 25 juta per transaksi.

Sebagai informasi, batas limit tersebut berlaku sejak 30 April 2020 ketika diberlakukannya pembatasan akibat penyebaran Covid-19. Batas tersebut hanya berlaku untuk sementara waktu, dan tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat kebijakan mengenai limit transaksi akan berubah.

Prosedur Cara Daftar Mobile Banking BTN

Agar Anda bisa menikmati layanan mobile banking dari Bank BTN, Anda bisa mendaftar dengan mengikuti prosedur sebagai berikut.

  • Mendatangi kantor cabang Bank BTN

Kantor cabang Bank BTN kini telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Anda bisa menemukan kantor cabang ini di kota Anda untuk selanjutnya mendaftar sebagai nasabah atau langsung daftar. Ketika sampai di kantor, datangi loket dan sampaikan maksud Anda ke customer service jika ingin akun Mobile Banking. Namun tidak menutup kemungkinan ketika Anda sampai di kantor, sistem akan langsung marah kan ada untuk mengisi formulir sesuai tujuan Anda.

  • Unduh aplikasi Mobile Banking BTN

Daftar mobile banking Bank BTN kini tersedia untuk Android dan iOS. Silahkan Anda unduh sesuai jenis perangkat smartphone Anda untuk melanjutkan proses daftar Mobile Banking BTN. Pada aplikasi tersebut silahkan Anda login sesuai akun yang Anda submit ketika daftar di kantor cabang.

  • Lakukan aktivasi sesegera mungkin

Untuk melakukan aktivasi setelah pendaftaran, Anda harus melakukannya melalui perangkat smartphone Anda. Namun sebelumnya Anda harus berhasil login ke aplikasi yang telah diunduh tadi.

jika Anda mengalami masalah pada proses pendaftaran atau mungkin tidak bisa masuk ke aplikasi, Anda bisa menghubungi pihak bank dengan menunjukkan keluhan Anda. Setelah itu Anda dapat mengaktivasi akun Anda melalui prosedur berikut ini.

Cara Aktivasi Akun Mobile Banking Bank BTN

Aktivasi perlu dilakukan setelah berhasil daftar Mobile Banking BTN. Melalui aplikasi yang telah Anda unduh baik di android maupun IOS, Anda tidak bisa langsung menggunakan berbagai fitur yang ada sebelum mengaktivasinya. Di bawah ini panduan yang harus Anda lakukan untuk mem finalisasi proses pendaftaran mobile banking Bank BTN.

  • Cari mesin ATM BTN

Di sekitar tempat Anda tinggal, carilah mesin ATM BTN. Jika Anda sulit menemuinya, mesin ATM ini bisa ditemukan di sekitar lokasi kantor cabang Bank BTN. Selain lokasi tersebut, Anda juga bisa mencarinya di area pengisian bensin SPBU, minimarket, dan tempat keramaian lainnya.

  • Proses aktivasi di mesin ATM

Masukkan kartu debit Anda beserta nomor pin. Di menu utama klik opsi “Register e-Channel” kemudian pilih Mobile Banking dan dilanjutkan dengan proses pendaftaran Mobile Banking. Pada menu selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon. Silahkan Anda masukkan nomor yang sebelumnya telah Anda daftarkan di kantor cabang Bank BTN.

Pastikan nomor yang dimasukkan benar. Selanjutnya buatlah nomor PIN khusus akun Mobile Banking BTN Anda dengan kombinasi 6 digit angka. Setelah proses registrasi selesai, dilanjutkan dengan memilih opsi “Tabungan” yang terdapat pada halaman “Pilih jenis rekening Anda”. Silahkan konfirmasi jika selesai diinput.

Pastikan sebelum memutuskan untuk klik “Benar”, Anda telah mengecek semua data yang dimasukkan. Hal ini untuk menghindari kesalahan yang dapat mengakibatkan kesalahan administrasi nantinya. 

  • Proses aktivasi di aplikasi Mobile Banking

Tahap terakhir proses aktivasi yaitu menyelesaikannya di aplikasi Mobile Banking smartphone Anda. Silahkan buka aplikasi dan pilih “Aktivasi”di halaman utama. Selanjutnya baca syarat dan ketentuan sebelum klik “Setuju”.

Berikutnya aplikasi akan mengarahkan Anda masuk pada laman Short Message Service (SMS) untuk meminta pesan yang telah dituliskan oleh sistem BTN. Setelah dibawa ke halaman aktivasi, silahkan buat password baru dengan 8 kombinasi karakter alfanumerik.

Dengan memasukkan nomor pin maka proses aktivasi selesai yang dibuktikan dengan munculnya pesan pop-up. Kini proses daftar Mobile Banking BTN telah selesai dan Anda dapat menikmati seluruh layanan yang diberikan.

  • Bagikan