Wisata Jawa Tengah
Wisata Jawa Tengah. Gambar: Google.com

Wisata Jawa Tengah Terkenal yang Cocok Untuk Instagram

Wisata Jawa Tengah yang terkenal dan cocok untuk Instagram dan liburan keluarga. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang telah mendapatkan  banyak keistimewaan.

Wisata Jawa Tengah

Wisata Jawa Tengah Dieng
Wisata Jawa Tengah Dieng. Gambar: Google.com

Selain kaya akan budaya dan adat istiadat, provinsi yang berbatasan dengan Jawa Barat, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki juga pemandangan yang begitu magis.

Banyak sekali tempat dan tempat wisata menarik di Jawa Tengah yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan, terutama pada hari libur dan akhir pekan. Tempatnya pun juga beragam.

Nah, bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan atau wisata ke Jawa Tengah dalam waktu dekat, berikut beberapa hal yang kami rekomendasikan untuk Anda lakukan atau Anda kunjungi.

 

Pilihan Wisata Jawa Tengah

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan. Gambar: Google.com

Faktanya, Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini juga terkenal dengan nama Candi Roro Jonggrang. Sejak tahun 1991, UNESCO telah menetapkan candi ini sebagai Cagar Budaya Dunia.

Jadi, bangunan ini termasuk yang wajib kita lindungi. Candi Prambanan tingginya 47 meter atau 5 meter lebih tinggi dari Borobudur. Untuk letaknya, Candi ini ada di perbatasan Jogja sebelah timur.

Candi Prambanan terletak di Klaten, di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Struktur Candi Prambanan menggambarkan agama Hindu yang disebut Trimurti. Jadi, jumlah struktur candi ada 3 yang utama.

Terdapat tiga candi di pelataran utama kompleks ini, yaitu Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu. Sementara itu, relief yang terpahat di dinding Candi Prambanan menceritakan kisah Ramayana.

Ada juga prasasti pohon Kalpataru, karena umat Hindu menganggap pohon itu sebagai simbol stabilitas, kehidupan, dan harmoni. Kehadiran pohon-pohon tersebut menandakan bahwa masyarakat Jawa saat itu sadar akan perlunya menjaga kelestarian lingkungan.

 

2. Kota Tua ( Semarang )

Wisata Jawa Tengah Kota Tua Semarang
Wisata Jawa Tengah Kota Tua Semarang. Gambar: Google.com

Salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Semarang adalah kota tua. Ini adalah area yang di Jaman Belanda dahulu mereka gunakan sebagai pos perdagangan oleh pemerintah kolonial di masa lalu.

Di sini Anda juga bisa menemukan bangunan peninggalan Belanda seperti Gereja Blenduk, Stasiun Tawang, Jembatan Mberok, Pabrik Rokok Praoe Layar dan masih banyak lagi. Jadi, ini nostagia yang sangat menarik.

Di kota tua ini Anda akan menemukan sesuatu yang luar biasa, keindahan bangunan tua yang megah dan yang masih berdiri dengan gagahnya. Sekadar informasi, kota kuno Semarang juga disebut Little Holland.

Penyebutan ini karena konsep dan pengelolaan tempat ini sangat mirip dengan sudut kota di Belanda. Yang bagus lagi, tempat ini masih di dalam Kota SEmarang. Jadi, aksesnya masih sangat mudah.

 

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur. Gambar: Google.com

Ikon wisata Jawa Tengah yang paling terkenal adalah Candi Borobudur yang terletak di Magelang, 40 km barat laut Yogyakarta. Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia yang terletak di Indonesia.

Arsitektur Candi Borobudur yang mengesankan, wilayahnya yang luas, serta sejarahnya menjadikannya sebagai Warisan Budaya Dunia. Bangunan ini juga UNESCO akui secara resmi.

Bahkan, Borobudur juga dinobatkan sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Hal ini alasannya karena merupakan candi Budha terbesar di dunia yang sarat akan nilai sejarah.

Di dalam kompleks candi Borobudur terdapat sekitar 1.460 prasasti dan 504 stupa yang masih terjaga keasliannya. Salah satu hiburan populer di Borobudur adalah kesempatan menikmati matahari terbit.

Panorama matahari terbit di puncak candi memang sangat indah. Namun, kini ada rencana bahwa puncak Candi mungkin akan ada pembatasan yang akan naik. Hal ini untuk melestarikan bangunan candinya.

 

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Semarang
Masjid Agung Semarang. Gambar: Google.com

Perjalanan ke Semarang belum lengkap tanpa kunjungan ke salah satu bangunan paling ikonik di kota ini, Masjid Agung Jawa Tengah. Pembangunannya mulai pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006.

Masjid ini memadukan arsitektur Islam, Romawi, dan Jawa. Di sini Anda bisa menaiki menara masjid dan melihat keindahan Semarang dari atas. Yang paling menarik di sini adalah enam payung raksasa.

Desain payung ini mirip dengan yang ada di Masjid Nabawi di Tanah Suci Madinah. Masjid Agung Jawa Tengah jelas menjadi pilihan menarik bagi mereka yang gemar mengunjungi tempat-tempat bernuansa religi.

 

5. Kampung Batik Laweyan, Solo

Batik Laweyan
Batik Laweyan. Gambar: Google.com

Perjalanan ke Solo tidak akan pernah cukup tanpa kunjungan ke Kampung Batik Laweyan. Ini adalah merupakan kawasan unik, artistik, dan bersejarah yang menjadi titik awal kota Solo (Surakarta).

Di Laweyan, pengunjung dapat menikmati wisata belanja kuliner, mengunjungi fasilitas industri, mengunjungi institusi pendidikan. Juga, mengunjungi cagar budaya serta mengunjungi safari sejarah dan kuliner.

Desa Laweyan sudah ada sejak zaman Kerajaan Pajang di Jawa Tengah, yaitu sekitar abad ke-16. Selain membeli batik tunggal asli, wisatawan juga dapat menikmati keindahan bangunan arsitektur Eropa.

Desain ini hingga kini masih abadi dan indah yang dapat pengunjung lihat di rumah-rumah yang dulunya milik saudagar batik yang kaya raya. Menurut sejarahnya, masyarakat desa ini mulai membatik sejak zaman dahulu.

Hingga saat ini, masyarakat Kampung Laweyan masih menekuni batik. Bagi pecinta batik, tak kurang dari 50 toko batik di kawasan ini menjual berbagai jenis produk batik dengan harga terjangkau.

 

Kesimpulan Tentang Wisata Jawa Tengah

Wisata Jawa Tengah Cilacap Kesimpulan
Wisata Jawa Tengah Cilacap Kesimpulan. Gambar: Google.com

Jadi, itulah beberapa lokasi wisata Jawa Tengah yang indah dan terkenal. Namun, memang belum semua. Masih ada wilayah dari Cilacap, dataran tinggi Dieng hingga berbagai pulau dan pantai. Baik di sisi utara atau selatan.

Jika Anda ingin berwisata ke Jawa Tengah, maka pilihan tempat wisata juga banyak. Mulai wisata tradisional hingga kekinian. Juga, wisata di perkotaan hingga berbagai lokasi alam yang asri.

Kunjungi juga

Cara Memasang Set Top Box

Cara Memasang Set Top Box / STB dengan Mudah

Cara memasang Set Top Box / STB dengan mudah. Petunjuk terperinci tentang cara menyambungkan set-top …