Ukuran B4 Berapa Cm
Ukuran B4 Berapa Cm. Sumber Gambar: Google.com

Ukuran B4 Berapa Cm dan Ukuran Pixel dan Cetaknya.

Ukuran B4 berapa cm dan juga ukuran pixel untuk hasil cetaknya.  Berapa ukuran dan dimensi kertas tersebut? Tentang ukuran kertas ini jika kita bandingkan ukuran kertas A4 dalam mm, sentimeter, inci dan kaki.

Ukuran B4 Berapa Cm

1. Beda Kertas B4 dengan A4

Beda Kertas
Beda Kertas. Sumber Gambar: Shutterstock.com

Akhirnya, semua data ukuran kertas B4 di satu tempat. Ukuran kertas B4 adalah ukuran ISO standar yang orang gunakan di Eropa dan sebagian besar dunia kecuali Amerika Utara.

Ukuran ini juga orang pergunakan di sebagian Amerika Selatan, dan Filipina. B4 adalah bagian dari seri B. Satu lembar kertas B4 berukuran dua kali ukuran B5 dan setengah ukuran B3.

Jadi, apa beda kertas B4 dengan A4? Ukuran kertas B sedikit lebih besar daripada kertas Seri A dan didasarkan pada rata-rata geometris dari dua lembar Seri A yang berurutan.Misalnya, B4 berukuran antara A3 dan A4.

Kemudian ukuran B5 berukuran antara A4 dan A5. Artinya, lembar A4 dengan mudah masuk ke dalam amplop B4. Jadi, jenis kertas apa itu B4? Kemudian, untuk apa kertas B5 kita gunakan?

 

2. Ukuran dalam CM

Size Kertas B
Size Kertas B. Sumber Gambar: Google.com

B5 berukuran medium format B. Dimensinya 250 x 176 mm atau 9,84 x 6,93 inci. Seperti semua ukuran B, B5 tidak dapat kita cetak pada peralatan pribadi dan sering orang gunakan dalam pencetakan profesional.

Kemudian, format B5 kita gunakan untuk membuat daftar, majalah, atau selebaran. Jadi, secara ringkasan ukuran kertas untuk ukuran Kertas Ukuran “B” (mm) Ukuran (cm) adalah sebagai berikut.

Pertama, B3 adalah 353 x 500 mm atau 35,3 x 50 cm. Untuk B4 250 x 353 mm atau 25×35.3 Cm. Selanjutnya, B5 adalah 176 x 250 Mm atau 17,6×25 Cm. Untuk B6  adalah 25 x 176 mm atau 12,5 x 17,6 Cm.

 

2. Untuk Unit Berbeda

Perbandingan Ukuran B4 Berapa Cm
Perbandingan Ukuran B4 Berapa Cm. Sumber Gambar: Google.com

Namun, kami akan menunjukkan ukuran lembar B4 yang tepat di unit yang berbeda. Ukuran ini tampaknya penting jika kita ingin menggunakannya. jadi, kita bisa mengkonversi jika kita perlukan.

Jadi, ukuran kertas B4 dalam milimeter : 353 mm x 250 mm. Maka, ukuran kertas ini dalam cm adalah 35,3cm x 25cm. Kemudian untuk ukuran kertas tersebut dalam inci adalah: 13 7/8 x 9 7/8 inci.

Untuk luas satu lembar, maka untuk kertas B4 dimensi aslinya tentu adalah panjang kali lebarnya. Jadi, ini adalah rumus standar. Namun biasanya kita tidak bergantung pada luasnya pada saat menggunakan.

Tetapi mungkin berguna juga untuk mengetahui berapa banyak ruang yang satu lembar kertas B4 butuhkan. Jadi, luas satu lembar kertas ini adalah sekitar 0,0883 meter persegi.

Atau bisa juga kita tulis sebagai 136,7878 inci persegi. Atau, sama dengan 0,9499 kaki persegi. Namun, ada pertanyaan yang selalu orang ingin tahu, yaitu hubungannya dengan Pixel.

 

3. Ukuran dalam Piksel

Ukuran B4 Berapa Cm Ukuran A4 vs B4
Ukuran B4 Berapa Cm Ukuran A4 vs B4. Sumber Gambar: Google.com

Ini adalah pertanyaan abadi tentang ukuran kertas, termasuk ukuran kertas B. Seberapa besar kertas jika kita ukur dalam piksel. Pertanyaan ini sering orang tanyakan ketika seseorang ingin mencetak desain pada selembar kertas.

Kemudian, mereka ingin mengetahui berapa piksel lebar dan panjang desain agar mendapatkan resolusi yang sempurna saat mencetak. Namun, sayangnya tidak ada kecocokan yang tepat antara ukuran kertas B4 dan piksel.

Namun, itu tergantung pada resolusi perangkat Anda (misalnya monitor atau printer). Jadi, resolusi layar asli dalam DPI sangat bervariasi. Tetapi biasanya antara 100 dan 120 dpi.

72 ppi untuk monitor hanyalah mitos. Printer rumah atau kantor biasanya menggunakan 300 dpi. Saat menggunakan layanan pencetakan profesional, maka resolusinya dapat berkisar antara 250 hingga 600 dpi.

Tetapi Anda dapat menemukan printer profesional yang menggunakan resolusi yang jauh lebih tinggi, seperti 1200 dpi. Jadi, kami memberi Anda beberapa data piksel untuk selembar kertas B4 berdasarkan resolusi yang berbeda.

Namun Anda perlu mengetahui resolusi pencetakan yang tepat sebelum mendesain!. Jadi, inilah ukuran B4 dalam piksel berdasarkan resolusi. Kita akan mulai dari pixel terendah. Pertama, ukuran piksel B4 pada 96 ppi: 1334 x 945 piksel.

Untuk ukuran piksel B4 pada 100 dpi adalah 1390 x 984 piksel. Kemudian, ukuran piksel kertas pada 120 dpi: 1668 x 1181 piksel. Tentu, ukuran DPI besar juga pixelnya semakin besar.

Faktanya, untuk ukuran piksel B4 pada 300 dpi mencapai 4169 x 2953 piksel. Kemudian, untuk percetakan Resolusi tinggi, maka ukuran piksel pada 600 dpi akan menghasilkan gambar ukuran 8339 x 5906 piksel.

 

Penutup Tentang Ukuran B4 Berapa Cm

Perbandingan Kertas
Perbandingan Kertas. Sumber Gambar: Google.com

Jadi, kertas ini berukuran 9,8 x 13,9 inci. Anda akan mendapatkan dua lembar ukuran B5 jika B4 Anda potong menjadi dua. B4 sesuai ukuran standar ukuran internasional dan orang gunakan secara luas di seluruh dunia.

Untuk penggunaan, biasanya kertas ukuran ini umumnya penggunaan untuk amplop dan buku. Jadi, memang jarang ada di kantor. Kemudian, banyak penulis memilih format ini untuk karya mereka.

B5 kita gunakan untuk membuat majalah dan menu restoran. Namun, kertas ini tidak kompatibel dengan printer pribadi. Kertas B5 untuk tujuan komersial, dan ukuran ini orang gunakan dalam pencetakan profesional.

faktanya, memang ukuran kertas B bukan untuk membuat laporan. Jadi, inilah mengapa Anda tidak akan melihat seri B di kantor dan tempat kerja, tetapi Anda akan melihatnya di iklan dan beberapa buku.

Untuk kertas B6 4,92″ x 6,93″ cocok untuk tulisan manusia. Format ini ahli rancang untuk pencetakan profesional dan tidak kompatibel dengan printer rumahan. Penemunya adalah inovator Jerman pada tahun 1922.

Pada saat ini kita biasa menggunakannya untuk membuat selebaran atau brosur. Jadi, kita mungkin cukup sering memegangnya juga tanpa pernah mengetahui standar ukuran kertas tersebut.

Kertas Tabloid juga kita sebut ukuran buku besar dan mencerminkan selembar kertas berukuran 11″ x 17″. Ini biasanya orang gunakan di kantor dan tempat kerja oleh para profesional.

Insinyur dan arsitek menghargai format ini, dan desainer CAD sangat mahir dalam pekerjaan konstruksi mereka. Beberapa majalah juga menggunakan format tabloid untuk kampanye pemasaran mereka.

Kunjungi juga

Kode Transfer Bank BCA

Kode Transfer Bank BCA dan Cara Transfernya

Kode transfer Bank BCA dan cara transfernya. Percaya gak sih, bank yang paling populer di …