Daftar Rekomendasi Mobil Solar Paling Irit Bahan Bakar

  • Bagikan
mobil solar paling irit
mobil solar paling irit

Kehadiran mobil bermesin diesel kini semakin banyak diminati. Hal ini tak lain karena konsumsi bahan bakarnya yang relatif rendah dibanding mobil bermesin bensin. Akibatnya tidak sedikit masyarakat yang ingin beralih ke mobil diesel karena keiritannya. Jika Anda berminat, mungkin rekomendasi mobil solar paling irit di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membelinya nanti.

Rekomendasi Mobil Solar Paling Irit Bahan Bakar

Memiliki mobil yang irit bahan bakar tentu dapat memberi keuntungan tersendiri, terlebih jika Anda sering menggunakan mobil untuk perjalanan jauh. Adapun berikut ini daftar mobil yang layak untuk Anda pilih.

Mitsubishi Pajero Sport

Salah satu mobil solar paling irit besutan Mitsubishi yaitu Pajero Sport. Sebagai mobil SUV yang merupakan Andalan dari perusahaan ternama ini, Pajero Sport sempat mendapat banyak perhatian berkat dukungan teknologinya yang cukup lengkap dan canggih. Tak ayal harga yang dibanderol pun terbilang mahal.

Pajero Sport menyematkan mesin 4D56 2.5L DI Commonrail Turbocharged and Intercoole DOHC. Dengan jenis mesin ini Pajero Sport dapat menghasilkan tenaga yang cukup tangguh meskipun dijuluki sebagai mobil solar paling irit. Bahkan ketika berada di jalanan terjal atau lalu lintas yang padat, mobil ini mampu menempuh perjalanan sejauh 12 km/liter.

Isuzu MU-X

Sebagai merek besar yang telah menjajaki industri otomotif sejak lama, Isuzu meluncurkan mobil solar yang dikenal dengan nama MU-X. Sama seperti Pajero Sport, mobil ini juga bermain di segmen SUV serta memiliki mesin diesel yang sangat tangguh. Terbukti melalui kapasitas mesinnya yang mencapai 2.500 cc dengan 4 silinder.

Meski untuk mendapatkan mobil ini cukup mahal, namun akan terbayar dengan spesifikasi yang ditawarkannya. Isuzu sejak lama sudah dikenal sebagai perusahaan otomotif yang sering menghadirkan mobil bermesin diesel yang sangat tangguh. Tak heran jika kini sering disebut sebagai rajanya mobil diesel.

Hyundai All New Santa Fe

Mobil diesel di segmen SUV juga dipopulerkan oleh mobil buatan Korea Selatan, yaitu Hyundai All New Santa Fe. Salah satu yang cukup familiar dari merek ini adalah memiliki integrasi fitur mobil yang sangat baik. Terlihat pada bagian handling hingga suspensinya yang memberikan kenyamanan pengendara. Selain itu, mesin diesel yang dipakai juga mampu menghemat lebih banyak bahan bakar.

Kapasitas mesin yang dimiliki Hyundai All New Santa Fe adalah sebesar 2.200 cc dengan dukungan 4 silinder. Ditambah mesin turbo bertenaga 191 hp membuat mobil solar ini mampu melewati berbagai medan tanpa mengurangi kualitas dari ketangguhan mesinnya.

Renault Duster

Merk lain yang juga meluncurkan mobil solar bahan bakar adalah Renault Duster. Tidak hanya hemat BBM meskipun melakukan perjalanan jauh. Sebab dengan mobil ini, apapun kondisi medan dapat dilalui tanpa mengurangi kapasitas kekuatan dan kecepatan. Hal ini merupakan keunggulan dari mesin yang dipakai oleh Renault Duster.

Mesin 1.5 dCi K9K Hp yang dipakai pada Renault Duster memiliki kapasitas sebesar 1.461 cc. Meskipun kapasitasnya tidak lebih besar dari semua rekomendasi mobil solar paling irit dalam daftar ini, namun memiliki keunggulan tersendiri bagi pengendara Renault Duster. Sebab mobil ini memang dirancang untuk kelas mobil diesel minimalis dengan kemampuan yang tangguh di berbagai medan.

Suzuki Ertiga Hybrid

Selain Renault Duster, mobil diesel buatan Suzuki ini juga layak dipertimbangkan ketika mencari mobil solar paling irit. Dengan ukurannya yang minimalis, Ertiga Hybrid cocok untuk area jalanan sempit. Meskipun demikian, bukan berarti Suzuki Ertiga Hybrid tidak memiliki tenaga yang tangguh di segala medan.

Dalam spesifikasi yang dipakai, Ertiga Hybrid membawa mesin diesel D13A dengan kapasitas 1.300 cc serta didukung oleh DOHC. Kelebihannya tampak pada jarak tempuh untuk 1 liter bahan bakar. Mobil ini mampu menjangkau hingga 22 km melalui medan-medan tertentu.

Toyota Kijang Innova

Raksasa industri mobil Toyota meluncurkan salah satu mobil MPV  yang cukup terkenal, yakni Toyota Kijang Innova. Dengan mendukung penyematan mesin diesel, mobil ini dipercaya mampu menekan lebih banyak bahan bakar selama perjalanan. Alasan inilah yang membuat Toyota Kijang Innova masuk dalam daftar rekomendasi mobil solar paling irit.

Merk Innova telah menggunakan mesin diesel terbaru, yaitu 2GD FTV 4 Silinder VNT Intercooler yang memiliki kapasitas hingga 2.393 cc. Tenaga penuh yang mampu dihasilkan sebesar 149 ps pada putaran 3.400 rpm. Tak kalah dengan Pajero Sport, mobil solar paling irit ini dapat menyusuri lalu lintas padat sejauh 12.5 km/liter. Sedangkan di jalan raya dengan lalu lintas yang lancar mampu menjangkau hampir sejauh 18 km/liter.

Toyota Fortuner Diesel

Masih membicarakan tentang mobil solar paling irit dari Toyota. Kali ini terdapat salah satu mobil dengan jumlah pengguna tertinggi di Indonesia, yaitu Fortuner Diesel. Tidak kalah menarik dengan segmen SUV maupun MPV di atas, mobil ini memiliki desain mewah dengan performa mesin yang cukup gahar.

Mobil Fortuner Diesel menggunakan mesin 2GD FTV dengan 4 silinder in-line serta dukungan VNT Intercooler dan DOHC. Kapasitas yang dimiliki sebesar 2.393 cc yang mampu menghasilkan tenaga 149 ps dan torsi 40.8 kgm pada masing-masing putaran 3.400 dan 2.000 rpm. Jarak tempuhnya yang mampu mencapai 20 km/liter membuat Fortuner ini masuk dalam rekomendasi mobil solar paling irit.

Toyota Hilux Pickup

Jika masih belum cukup dengan varian Toyota diatas, Anda mungkin berminat dengan mobil muatan yang satu ini. Tak perlu khawatir terhadap konsumsi bahan bakarnya, sebab Toyota Hilux merupakan salah satu jenis mobil solar paling irit dengan jarak tempuh lebih dari 20 km/liter.

Mesin yang dipakai Toyota Hilux menggunakan mesin dari GD series, yaitu 2GD-FTV. Tenaga dan torsi maksimum yang dihasilkan masing-masing 149.6 ps dan 40.8 kgm untuk Hilux dengan kabin tunggal serta 149.6 ps dan 35 kgm untuk Hilux dengan kabin gAnda. Mobil solar paling irit satu ini cocok untuk Anda yang sering membawa barang bawaan ketika perjalanan.

Toyota Kijang Kapsul LGX

Toyota sudah sejak lama meluncurkan mobil berbahan bakar solar. Besarnya minat masyarakat terhadap mobil diesel telah mendorong produsen ternama ini untuk mengeluarkan salah satu mobil solar paling irit, yaitu Toyota Kijang Kapsul LGX. Diluncurkan sejak 1997, mobil ini sekarang telah mendapat banyak sorotan berkat dirilisnya mesin diesel.

Toyota Kijang Kapsul sendiri terdapat dua jenis dengan perbedaan yang terletak pada mesinnya. Untuk yang berbahan bakar solar mobil ini menggunakan mesin diesel 4 silinder 2L dengan kapasitas 2.400 cc serta mendukung sistem direct injection. Alhasil, mobil ini jauh lebih irit dibanding varian satunya yang masih menggunakan mesin bensin 7K-4 karburator.

Demikian 9 rekomendasi mobil solar paling irit yang bisa Anda pertimbangkan. Masing-masing mobil di atas memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Jika Anda berkenan untuk membeli salah satu diantaranya, pastikan Anda menyesuaikan mobil dengan spesifikasi yang cocok sesuai minat yang diinginkan.

  • Bagikan