Download WA for PC
Download WA for PC. Sumber gambar: Google.com

Download WA for PC dan Bedanya dengan WhatsApp Web

Download WA for PC dan apa bedanya dengan WhatsApp Web. Jadi, aplikasi Whatsapp Web vs Whatsapp untuk PC: mana yang harus Anda gunakan?

Pada saat ini, WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan instan paling populer di dunia dan tidak perlu kami perkenalkan lagi. Aplikasi ini dapat pengguna gunakan di ponsel dan PC.

Download WA for PC

WA HP VS WA Web vs WA Desktop
WA HP VS WA Web vs WA Desktop. Sumber gambar: Google.com

Namun, tidak seperti di perangkat seluler, WhatsApp di PC dapat pengguna gunakan dengan dua cara berbeda: WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop. Keduanya efektif untuk mengakses WhatsApp di PC, tetapi mana yang harus Anda gunakan dan mengapa?

 

Download WA for PC vs Whatsapp

Pertama, WhatsApp Web adalah platform pesan instan berbasis web yang dapat diakses di komputer menggunakan browser web. WhatsApp Desktop adalah aplikasi mandiri yang dapat Anda instal di Windows atau Mac.

Singkatnya, WhatsApp Web adalah versi WhatsApp berbasis browser, sedangkan WhatsApp Desktop adalah aplikasi desktop WhatsApp. Tapi apa selanjutnya?

1. Antarmuka dan fungsi

Download WA for PC Whatsapp Web
Download WA for PC Whatsapp Web. Sumber gambar: Google.com

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop keduanya WhatsApp rancang dengan cara yang sama, memiliki (hampir) desain, fitur, dan pengalaman pengiriman pesan yang sama.

Di kedua antarmuka, tombol, alat, dan ikon pengembang atur dengan cara yang sama. Dari segi desain, WhatsApp Web menawarkan estetika yang sama dengan WhatsApp Desktop. Silakan tekan tombol Download / Install / Open / Buka / dibawah.

Dari segi fungsionalitas, WhatsApp Desktop lebih unggul dari WhatsApp Web. Untuk yang terakhir, pintasan keyboard terbatas dan tidak aplikasi dukung.

Pengguna desktop WhatsApp hanya akan dapat menggunakan pintasan keyboard WhatsApp untuk mengubah status membaca pesan, membisukan percakapan, beralih antar obrolan, dan lainnya. Jadi, selain pintasan keyboard, yang lainnya (desain dan fungsionalitas) tetap sama.

 

2. Ketersediaan: di mana mendapatkannya

Download WA for PC Ketersediaan
Download WA for PC Ketersediaan. Sumber gambar: Google.com

Siapa pun yang memiliki akun WhatsApp dapat menggunakan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop. Untuk menggunakan WhatsApp Web, Anda hanya perlu mengunjungi portal web WhatsApp di browser.

Kemudian, Anda perlu memindai kode QR menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone Anda. Sedangkan untuk WhatsApp Desktop, Anda perlu mengunduh file instalasi aplikasi dan menginstalnya di komputer Anda.

Setelah terinstal, langkah selanjutnya adalah menautkan akun WhatsApp Anda ke aplikasi desktop dengan memindai kode QR menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone Anda.

Link Unduh:

Situs WhatsApp Resmi

 

3. Mana yang menggunakan lebih banyak memori?

Penggunaan Memori
Penggunaan Memori

Perbandingan penggunaan memori untuk kedua antarmuka menghasilkan hasil yang menarik. Untuk WhatsApp Web, browser Microsoft Edge kami gunakan untuk eksperimen karena biasanya menggunakan lebih sedikit memori daripada Chrome.

Pada saat akun WhatsApp saya aktif bekerja pada satu tab di browser Microsoft Edge, rata-rata memori yang kami gunakan adalah 260-300MB.

Catatan Penting untuk kita catat bahwa aktivitas yang sedang berlangsung (seperti pembaruan status, pesan masuk, dll.) di WhatsApp Web di browser Anda dapat memengaruhi penggunaan memori. Namun, dalam eksperimen ini, aktivitas pengiriman pesan sangat minim dan konsisten.

Untuk WhatsApp Desktop, penggunaan memori rata-rata antara 210MB dan 260MB. Meski perbedaannya tidak terlalu besar, konsumsi memori WhatsApp Desktop relatif lebih sedikit jika kita bandingkan dengan WhatsApp Web.

 

4. Persyaratan: Apa yang Anda butuhkan?

Download WA for PC System
Download WA for PC System

Antarmuka web WhatsApp dan antarmuka WhatsApp Desktop mengharuskan Anda menginstal aplikasi WhatsApp di perangkat seluler Anda (ponsel pintar, tablet, dll.) sebelum Anda dapat menggunakannya. Selain itu, ponsel Anda harus memiliki koneksi internet aktif.

Yang Anda butuhkan hanyalah browser web dan koneksi internet aktif untuk menggunakan WhatsApp Web di komputer Anda. WhatsApp merekomendasikan browser Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Microsoft Edge.

Untuk desktop WhatsApp, hanya PC yang menjalankan Windows 8 (atau lebih baru) atau macOS 10.10 (atau lebih baru) yang dapat menginstal aplikasi. Anda tidak perlu khawatir dengan persyaratannya.

Setelah Anda masuk ke bagian unduhan situs web WhatsApp, versi sistem operasi komputer Anda akan terdeteksi secara otomatis dan Anda akan diberikan tautan untuk mengunduh aplikasi WhatsApp Desktop.

 

5. Bagaimana mereka vs WhatsApp untuk seluler?

WA HP VS WA Web vs WA Desktop
WA HP VS WA Web vs WA Desktop. Sumber gambar: Google.com

Jika kita bandingkan dengan WhatsApp di smartphone Anda, berikut adalah beberapa fitur yang hilang di WhatsApp Desktop dan WhatsApp Web.

Pertama, panggilan suara. Kermudian, panggilan video (panggilan video individu dan grup).

Status unggah – Anda tidak dapat mengunggah/memperbarui status di antarmuka web WhatsApp. Namun, tampilan pembaruan status kontak Anda juga aplikasi dukung.

Jika Anda akan melakukan salah satu hal di atas, maka Anda perlu menggunakan aplikasi WhatsApp di ponsel cerdas Anda.

 

Apakah download WA for PC lebih baik?

WhatsApp HP
WhatsApp HP. Sumber gambar: Google.com

Haruskah Anda menginstal WhatsApp Desktop di PC Anda, atau lebih baik menggunakan WhatsApp Web di browser Anda? Yah, itu semua tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan komputer Anda.

Jadi, ukurannya adalah seberapa sering Anda menggunakan WhatsApp di komputer Anda, dan apakah Anda memiliki kebutuhan khusus.

Jika Anda adalah pengguna berat WhatsApp (yaitu di komputer Anda), menginstal klien WhatsApp Desktop akan lebih masuk akal. Pertama, Anda dapat mengakses pintasan keyboard yang akan membantu meningkatkan produktivitas Anda.

Kedua, komputer Anda akan memiliki RAM bebas untuk menjalankan proses lain karena WhatsApp Desktop mengkonsumsi lebih sedikit memori. Terakhir, WhatsApp Desktop menghemat waktu dan nyaman.

WhatsApp Web sangat ideal untuk penggunaan satu kali atau sesekali, seperti ketika Anda perlu mengirim file di komputer Anda ke kolega melalui WhatsApp.

Frekuensi penggunaan adalah faktor pembatas utama

WhatsApp Desktop direkomendasikan untuk individu atau perusahaan yang sering menggunakan WhatsApp di PC mereka untuk berkomunikasi. Seperti yang mereka katakan, ini bukan solusi yang sempurna.

Kerentanan di aplikasi WhatsApp Desktop memungkinkan pengembang untuk mendapatkan data pengguna karena aplikasi tersebut pengembang buat dengan versi rentan terbaru dari Chrome 69, mesin browser Google Chrome.

Namun, di sisi lain, WhatsApp Web berbasis browser cocok untuk mereka yang tidak menggunakan WhatsApp di PC untuk waktu yang sangat singkat atau sedikit.

Kunjungi juga

Unduhan Video Tik Tok

Aplikasi untuk Unduhan Video Tik Tok Tanpa Watermark

Unduhan video Tik Tok tanpa watermark dengan aplikasi terbaik. Mengapa Anda memerlukan pengunduh video TikTok? …