Contoh Teknologi Ramah Lingkungan
Contoh Teknologi Ramah Lingkungan. Sumber gambar: Google.com

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan dan Manfaatnya

Contoh teknologi ramah lingkungan dan manfaatnya bagi kehidupan kita. contoh teknologi hijau: turbin angin dan panel surya. Teknologi hijau, juga kita kenal sebagai teknologi berkelanjutan, memperhitungkan dampak jangka panjang dan jangka pendek dari sesuatu terhadap lingkungan.

Contoh teknologi ramah lingkungan

Turbin angin
Turbin angin. Sumber gambar: Google.com

Ada banyak contoh teknologi hijau dan apa yang orang gunakan untuk menciptakan produk atau teknologi hijau, seperti efisiensi energi, daur ulang, kesehatan dan keselamatan, sumber daya terbarukan, dan banyak lagi.

Teknologi hijau menawarkan harapan terbaik kami untuk membalikkan efek perubahan iklim dan polusi. Pada artikel ini, kami akan menyajikan beberapa inovasi teknologi baru yang mengubah sektor energi.

Teknologi ini menghasilkan energi bersih dari sumber daya alam seperti air dan matahari dan memiliki potensi besar untuk merevolusi pasar energi menuju pembangunan berkelanjutan.

Contoh teknologi ramah lingkungan di rumah tangga

1. Wadah makanan

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan wadah makanan
Contoh Teknologi Ramah Lingkungan wadah makanan. Sumber gambar: Google.com

Untuk alasan yang sama, Anda bisa mendapatkan mangkuk kaca yang dapat digunakan kembali atau wadah makanan stainless steel untuk membawa makan siang Anda ke kantor atau sekolah.

Ini akan mengurangi risiko BPA, ftalat, PVS, dan kontaminasi timbal. Jika Anda lebih suka berbelanja daripada membawa makanan dari rumah, carilah restoran yang menggunakan kemasan berkelanjutan.

 

2. Sedotan

Sedotan
Sedotan. Sumber gambar: Google.com

Hal yang sama berlaku untuk sedotan. Meskipun ukurannya kecil, sedotan plastik dapat menyebabkan masalah penumpukan yang besar. Mereka juga mengandung bahan kimia berbahaya yang disebut polypropylene, yang dapat larut dalam air dan mengganggu produksi estrogen.

Orang-orang di seluruh dunia sedang menghapus sedotan plastik dan Anda dapat bergabung dengan gerakan global dengan sedotan stainless steel yang dapat kita gunakan kembali atau menemukan restoran yang menggunakan sedotan biodegradable yang terbuat dari bahan organik seperti daun kelapa kering atau sedotan kertas.

 

3. Pisau

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Pisau
Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Pisau. Sumber gambar: Google.com

Perhatikan juga bahwa banyak restoran cepat saji dan penjual makanan masih menyajikan produk mereka dengan peralatan makan plastik sekali pakai. Anda dapat mulai mengurangi potensi limbah dengan membawa peralatan makan stainless steel yang dapat Anda gunakan kembali.

Pilihan lain adalah menggunakan bahan yang lebih berkelanjutan seperti kayu atau bioplastik. Omong-omong, dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti telah mengembangkan bioplastik dari cangkang krustasea, dan ini mungkin solusi lain untuk masalah ini!

 

4. Tas belanja

Tas Belanja
Tas Belanja. Sumber gambar: Google.com

Berbicara tentang bioplastik, ini juga bisa menjadi alternatif tas belanja biasa. Kantong bioplastik terdegradasi relatif lebih cepat daripada kebanyakan kantong karena terbuat dari bahan alami, termasuk produk sampingan dari industri makanan.

Atau Anda dapat membawa tas belanja yang dapat Anda gunakan kembali. Tas tangan sedang tren, jadi Anda bisa tetap bergaya sambil menyelamatkan planet ini!

 

5. Baterai

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Baterai
Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Baterai. Sumber gambar: Google.com

Baterai telah menjadi barang yang sangat diperlukan bagi banyak keluarga. Namun, juga terbuat dari berbagai bahan kimia yang dapat menyebabkan kontaminasi jika dibuang sembarangan. Kami dapat mengatasi masalah ini (dan menghemat uang!) dengan baterai.

Mereka sedikit lebih mahal daripada baterai biasa dan Anda juga harus berinvestasi dalam pengisi daya. Namun dalam jangka panjang, Anda dapat menghemat banyak dengan membantu lingkungan.

 

Contoh teknologi ramah lingkungan skala besar

1. Kendaraan yang tidak mengeluarkan gas

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Mobil Listrik
Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Mobil Listrik. Sumber gambar: Google.com

Industri otomotif adalah salah satu pencemar lingkungan terbesar, tetapi banyak orang di seluruh dunia bergantung pada mobil mereka. Saat ini kita perkirakan ada dua miliar kendaraan di jalan.

Dan, jumlah ini ahli perkirakan akan berlipat ganda dalam waktu 20 tahun karena pertumbuhan yang cepat di India dan Cina. Di industri otomotif, kendaraan bahan bakar alternatif, juga kita sebut kendaraan hijau, telah pabrik perkenalkan sebagai alternatif yang kurang berbahaya bagi lingkungan.

 

2. Penggunaan energi matahari

Tenaga Surya
Tenaga Surya. Sumber gambar: Google.com

Energi matahari adalah energi yang paling melimpah di bumi dan energi matahari terus meningkat. Meskipun instalasi surya menjadi populer di banyak rumah, teknologinya masih terus meningkat.

Para ilmuwan telah mampu mengatasi cacat dalam desain panel surya dengan memungkinkan mereka untuk mengumpulkan energi dari hujan dan matahari.

Apa yang disebut panel surya segala cuaca ini memungkinkan rumah mana pun, terlepas dari lokasi geografisnya, untuk menghasilkan listrik untuk rumah mereka. Saat hujan, panel surya menghasilkan listrik dari kekuatan hujan yang jatuh di permukaannya.

 

3. Kebun dan pertanian vertikal

Pertanian Vertikal
Pertanian Vertikal. Sumber gambar: Google.com

Pertanian vertikal adalah teknologi ramah lingkungan yang dapat memecahkan masalah produksi pangan kita. Idenya adalah agar produk tumbuh dalam lapisan vertikal bertumpuk, bukan horizontal.

Keuntungan dari pertanian vertikal adalah peningkatan keberlanjutan. Beberapa pertanian vertikal bahkan tidak membutuhkan tanah dan secara signifikan mengurangi konsumsi air. Teknologi memungkinkan kita membangun pertanian vertikal di gedung-gedung di sekitar kota dan menyediakan makanan segar dan bergizi bagi orang-orang.

Penemuan terbaru dalam pertanian vertikal, seperti sistem penyiram akar dalam ruangan yang cerdas, memungkinkan pertanian vertikal menggunakan 95% lebih sedikit air daripada ladang tradisional.

Pertanian vertikal dapat memberi makan kota-kota yang penuh sesak dengan menggunakan lebih sedikit tanah dan air. Mereka juga mengurangi emisi gas rumah kaca dengan menghilangkan kebutuhan untuk mengangkut produk jarak jauh.

 

Kesimpulan tentang contoh teknologi ramah lingkungan

Tenaga Surya
Tenaga Surya. Sumber gambar: Google.com

Berinvestasi dalam teknologi sangat penting untuk mengembangkan solusi energi bersih dan juga membuat transisi yang sangat kita butuhkan ke infrastruktur energi berkelanjutan.

Memaksimalkan manfaat konsumen dan ekonomi sambil meminimalkan limbah energi dan dampak lingkungan juga sangat penting untuk melindungi kesehatan dunia. Tidak hanya untuk saat ini tetapi juga untuk generasi mendatang.

Namun, pencapaian di atas, dengan segala potensi yang menjanjikan, hanyalah puncak gunung es teknologi. Banyak perusahaan menyadari bahwa perubahan harus terjadi, dan itu harus segera terjadi.

Saat sumber daya kita berkurang dan permintaan melebihi, maka kita berupaya menemukan contoh teknologi bersih yang berdampak positif.

Kunjungi juga

Download GBWhatsApp

Download GBWhatsApp dan Alasan Mengapa Mesti Menggunakannya

Download GBWhatsApp dan alasan mengapa Anda harus menggunakan GB Whatsapp. Alasan utama adalah adanya beberapa …