Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa
Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa

Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa

Mobil tenaga surya menggunakan sumber tenaga berupa sinar matahari yang diubah menjadi energi listrik. Dengan meningkatnya masalah emisi karbon, maka kebutuhan bahan bakar alternatif telah menjadi perhatian utama sebagian besar peneliti di seluruh dunia.

Mobil tenaga surya menggunakan sumber tenaga berupa

Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa solar-vehicle
Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa solar-vehicle. Sumber Gambar: Google.com

Energi bersih alternatif, salah satu aspek terpenting dalam waktu dekat khususnya, sedang ahli uji sebagai bahan bakar kendaraan utama. Dengan demikian, maka mobil bertenaga surya bisa menjadi pencapaian besar berikutnya dari kemajuan teknologi di masa depan.

Setelah sukses menggunakan energi matahari untuk menghasilkan listrik, maka para ahli di seluruh dunia mencoba menggunakannya lagi untuk menggerakkan mobil. Atau, mobil surya.

 

Pengertian mobil tenaga surya menggunakan sumber tenaga berupa

Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa - Mobil Surya
Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa – Mobil Surya. Sumber Gambar: Google.com

Definisi: Kami mengacu pada kendaraan bertenaga listrik yang mendapatkan listriknya dengan cara mengubah energi matahari menjadi energi yang dapat menggerakkan kendaraan bertenaga surya.

Mobil surya adalah kombinasi aerodinamis yang cerdik, energi yang pembuat transformasikan dengan bersih, dan hukum gerak. Produk akhirnya adalah mobil yang meninggalkan sedikit jejak. Selain itu, mereka menyelamatkan lingkungan serta biaya tunai.

Panel surya dengan sel fotovoltaik internal membantu mengubah energi matahari menjadi listrik yang dapat digunakan yang dapat disimpan dalam baterai. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan baterai ini sebagai bahan bakar yang kita perlukan untuk mengoperasikan kendaraan.

 

1. Perbedaan utama antara mobil surya dan mobil standar

SunSwift
SunSwift. Sumber Gambar: Google.com

Mobil standar datang dengan mesin pembakaran internal untuk menggerakkan mobil. Sebuah mesin pembakaran internal menggunakan jenis bahan bakar seperti bensin, solar, bensin, dll untuk menghasilkan tenaga yang kita butuhkan untuk menggerakkan kendaraan.

Panas dari pembakaran bahan bakar ini menggerakkan piston mesin, menghasilkan gaya dorong. Namun, bensin, solar, dll. adalah bahan bakar fosil yang menghasilkan sejumlah besar gas karbon tambahan seperti karbon monoksida dan nitro oksida.

Residu gas ini, bersama dengan polutan yang kita temukan dalam bahan bakar fosil, bertanggung jawab atas meningkatnya polusi udara di seluruh dunia. Jadi, menimbulkan pencemaran.

Sebuah mobil surya hanya mengandalkan sel fotovoltaik, yang menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi yang dapat kita gunakan untuk menyalakan mesin.

Fotovoltaik melewati prinsip asli energi panas matahari dengan mengubah energi matahari langsung menjadi listrik yang dapat kita gunakan daripada konversi termal.

Dengan demikian, kita dapat dengan mudah menyimpan listrik yang kita ubah dalam baterai dan menggunakannya untuk menyalakan mesin mobil, seperti pada kendaraan listrik konvensional.

 

2. Prinsip kerja mesin surya

Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa - Mobil Surya Honda
Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa – Mobil Surya Honda. Sumber Gambar: Google.com

Mobil surya memiliki panel surya yang pembuat rancang khusus untuk mereka pasang di atap yang menerima sinar matahari paling banyak, biasanya di atap. Sel fotovoltaik di panel surya terdiri dari silikon dan paduan gabungan gas galium, indium, dan nitrogen.

Elemen-elemen ini memiliki sifat penahan alami yang memungkinkan mereka menyerap energi cahaya dari sinar matahari. Energi yang tersimpan kemudian terlepaskan sebagai elektron yang bergerak bebas ke dalam kompartemen penyimpanan yang pembuat rancang khusus.

Atau, kita menyebutnya baterai penyimpanan. Mereka terdiri dari sel-sel khusus seperti lithium-ion, nikel-kadmium, dll. Baterai ini mampu mengubah elektron bebas menjadi energi yang dapat kita gunakan untuk menjalankan mesin mobil.

Keunikan baterai ini adalah kita dapat menggunakannya kembali untuk menyalakan mobil. Kita dapat melakukan ini dengan mengisi ulang mereka dengan energi matahari.

Faktanya, dengan kemampuan menghasilkan daya 80 hingga 150 volt, kendaraan bertenaga surya ini dapat menempuh jarak 60 hingga 90 km dengan sekali pengisian penuh.

Aspek terbaik dari mobil bertenaga surya ini adalah kemampuannya untuk terus-menerus mengisi ulang baterai bahkan ketika mereka terparkir tanpa bergerak di bawah sinar matahari. Oleh karena itu, ini mengurangi biaya pengoperasian kendaraan hingga hampir nol.

 

3. Bagian dari mesin tenaga surya

Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa - Mobil 3 Roda
Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa – Mobil 3 Roda. Sumber Gambar: Google.com

Panel surya – juga terkenal sebagai sel surya, terdiri dari ribuan sel fotovoltaik yang mengubah energi matahari menjadi listrik yang dapat kita gunakan.

Power Trackers – membantu mengarahkan energi matahari yang panel hasilkan ke baterai untuk penyimpanan. Ini juga bertindak sebagai steker untuk mencegah baterai dari pengisian yang berlebihan.

Motor listrik – mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, yang membantu memutar roda. Perangkat navigasi. Kemudi atau remote control membantu mengarahkan mobil surya ke arah yang benar.

Cruise Control Module – Membantu mengontrol kecepatan kendaraan dan mengarahkan mesin dan roda sesuai dengan itu. Juga, sasis adalah rangka luar tempat seluruh bodi mobil bersandar.

Roda – membantu mengarahkan arah dan kecepatan kendaraan. Baterai – menyimpan energi yang mobil butuhkan untuk menjalankan motor dan pengontrol.

 

Manfaat menggunakan mobil tenaga surya

Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa - Lomba
Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa – Lomba. Sumber Gambar: Google.com

Hemat biaya, ramah lingkungan dan juga kemampuan untuk memanfaatkan sepenuhnya energi matahari. Tidak ada emisi karbon karena merupakan mobil tanpa bahan bakar fosil.

Mengurangi polusi suara karena kendaraan bertenaga surya tidak berisik. tambahan lagi, secara signifikan mengurangi polusi udara karena tidak ada sisa polutan seperti karbon monoksida, nitrogen dioksida, dll.

Meningkatkan kesehatan lapisan ozon dengan mengurangi efek rumah kaca sekaligus juga kelimpahan dan ketersediaan tanpa akhir dari sumber daya gratis. Plus, juga menyimpan sisa bahan bakar fosil yang terancam punah. Biaya perawatan rendah dengan umur mesin lebih lama.

 

Penggunaan mobil tenaga surya

Mobil Experimental
Mobil Experimental. Sumber Gambar: Google.com

Kendaraan surya memiliki berbagai aplikasi yang meliputi SUV komersial. juga dapat pengguna gunakan di area di mana ada larangan penggunaan kendaraan bertenaga bahan bakar. Juga, di pesawat ruang angkasa, di mana bahan bakar fosil menghabiskan sebagian besar biaya.

 

Kekurangan mobil tenaga surya

Midnight Sun
Midnight Sun. Sumber Gambar: Google.com

Mobil bertenaga surya bisa mengubah masa depan menjadi lebih baik. Konsep mengubah energi yang sangat besar dari sinar matahari menjadi sumber energi permanen dapat memiliki dampak yang sangat besar pada skenario global.

Namun, karena sebagian besar masih merupakan konsep teoretis, ia memiliki banyak kelemahan seperti, performa menurun jika tidak ada atau kurang sinar matahari. Meningkatkan nilai investasi awal dan juga penurunan signifikan dalam kecepatan kendaraan.

Kurangnya infrastruktur yang memadai untuk membantu dalam perawatan kendaraan. Ini adalah hal lain yang mengurangi minat penggunaan pada kendaraan jenis ini.

Pertanyaan tentang mobil tenaga surya menggunakan sumber tenaga berupa

Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa - Mobil Surya Honda
Mobil Tenaga Surya Menggunakan Sumber Tenaga Berupa – Mobil Surya Honda. Sumber Gambar: Google.com

Pertanyaan 1: Bisakah kita mengisi daya mobil dengan panel surya saat hujan deras?

Jawaban 1: Kehadiran sinar matahari, terlepas dari hujan atau juga awan, cukup untuk menghasilkan listrik dan konversinya untuk baterai mobil surya.

Pertanyaan 2: Apa yang kita gunakan panel surya?

Jawaban 2: Sel surya memiliki berbagai aplikasi seperti kalkulator, panel surya, dll. Ini berisi sel fotovoltaik yang mengubah energi matahari menjadi listrik yang dapat kita gunakan.

Pertanyaan 3: Mengapa tidak ada kendaraan bertenaga surya?

Jawaban 3: Mobil surya masih dalam keadaan konsep. Namun, Lightyear One, salah satu kendaraan bertenaga surya jarak jauh buatan pembuat mobil Norwegia, adalah mobil surya paling dekat dengan mobil keluarga yang ahli kembangkan hingga saat ini.

Kunjungi juga

Piala Dunia 2022 Qatar

Arti MP, W, D, L, GF, GA, GD dan P pada Live Score Piala Dunia, Lengkap Cara Menghitung Poin

Dalam tabel Live Score Piala Dunia terdapat huruf-huruf yang merupakan singkatan dengan pengertian tersendiri. Huruf-huruf itu adalah …