Bisnis  

Cara Mendownload Aplikasi untuk Android dan iPhone

Cara Mendownload Aplikasi
Cara Mendownload Aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Cara mendownload aplikasi untuk Android dan iPhone yang aman dan mudah. Aplikasi atau aplikasi adalah jenis perangkat lunak yang Anda unduh ke tablet atau ponsel Anda.

Cara mendownload aplikasi

Ada ribuan aplikasi yang tersedia, banyak di antaranya gratis, yang memungkinkan Anda melakukan banyak hal berbeda, mulai dari tetap berhubungan dengan teman dan keluarga, membaca berita, bermain game dan teka-teki, perbankan, atau berbelanja online.

 

Cara mendownload aplikasi di ponsel

1. Untuk Android

Google Play
Google Play. Sumber Gambar: Google.com

Ponsel dan tablet dari berbagai merek termasuk dalam kategori perangkat Android. Android adalah nama perangkat lunak yang digunakan perangkat untuk bekerja. Merek-merek ini termasuk Alcatel, Google, HTC, LG, Moto, Samsung dan Sony.

Anda dapat mengunduh aplikasi dari Play Store. Ini adalah perangkat lunak pra-instal resmi pada perangkat Android yang memungkinkan Anda mengakses aplikasidengan aman.

Buka Play Store dari menu ponsel atau tablet Anda dengan mengetuk ikon Play Store. Persiapkan juga akun Google atau masuk dengan akun Google Anda – ini adalah akun yang Anda gunakan untuk mengakses layanan Google lainnya seperti Gmail.

Temukan aplikasi yang ingin Anda unduh dengan mengetik di bilah pencarian di bagian atas atau dengan menjelajahi aplikasi di layar.

Klik pada nama aplikasi. Kemudian klik “Instal” (jika aplikasinya gratis). Namun jika aplikasi berbayar, maka klik harganya. Anda kemudian dapat menambahkan metode pembayaran ke akun Google Anda dan membayar aplikasi.

Aplikasi akan diunduh dan kemudian secara otomatis ditambahkan ke menu dan layar beranda. Jika Anda memiliki banyak aplikasi di layar beranda, Anda mungkin tidak memiliki cukup ruang untuk ikon baru dan Anda harus “menggulir” halaman untuk melihat ikon baru.

Anda juga dapat mengeklik tautan di halaman web organisasi tepercaya untuk mengunduh aplikasi, yang akan membawa Anda langsung ke Play Store.

Ingat: Pastikan Anda terhubung ke internet nirkabel (Wi-Fi) sebelum mengunduh aplikasi apa pun, jika tidak, Anda mungkin menggunakan banyak data, yang dapat mengakibatkan biaya tambahan pada jaringan seluler Anda.

 

2. Untuk iPhone atau iPad

App Store
App Store. Sumber Gambar: Google.com

Jika Anda memiliki iPhone atau iPad, Anda dapat mengunduh aplikasi dari App Store. Ini adalah perangkat lunak resmi yang sudah diinstal sebelumnya pada perangkat Apple yang memungkinkan Anda mengakses aplikasi.

Buka App Store dari menu iPhone atau iPad dengan mengklik ikon App Store.

BACA JUGA:   Telepon Dari 188

Pertama, Anda harus mengatur ID Apple Anda atau masuk ke akun ID Apple Anda, yang merupakan akun yang Anda gunakan untuk mengakses layanan Apple.

Temukan aplikasi yang ingin Anda unduh dengan mengetik di bilah pencarian di bagian atas atau dengan menjelajahi aplikasi di layar.

Klik pada nama aplikasi.

Klik “Dapatkan” (jika aplikasinya gratis).

Jika pesanan dibayar, klik harganya. Anda kemudian dapat menambahkan metode pembayaran ke ID Apple Anda dan membayar aplikasi tersebut.

Aplikasi akan diunduh dan kemudian secara otomatis ditambahkan ke daftar Anda. Jika Anda memiliki banyak aplikasi dalam daftar, Anda mungkin tidak memiliki cukup ruang untuk ikon baru dan Anda harus “menggulir” halaman untuk melihat ikon baru.

Anda juga dapat mengeklik tautan di halaman web organisasi tepercaya untuk mengunduh aplikasi, yang akan membawa Anda langsung ke App Store.

Ingat: Pastikan Anda terhubung ke internet nirkabel (Wi-Fi) sebelum mengunduh aplikasi apa pun, jika tidak, Anda mungkin menggunakan banyak data, yang dapat mengakibatkan biaya tambahan pada jaringan seluler Anda.

 

Cara mendownload aplikasi untuk update?

Setelah mengunduh aplikasi, Anda harus memastikan aplikasi selalu terbarui – yang berarti Anda akan memiliki akses ke fitur terbaru, dan yang terpenting, fitur keamanan terbaru.

1. Di perangkat Android Anda

Cara Mendownload Aplikasi Update
Cara Mendownload Aplikasi Update.

Anda dapat mengatur ponsel agar memperbarui aplikasi secara otomatis saat pembaruan tersedia di Playstore. Dengan pembaruan otomatis tugas untuk update juga lebih mudah.

Buka PlayStore. Kemudian ketuk Menu, lalu Pengaturan. Pilih “Perbarui melalui Wi-Fi saja” atau “Perbarui melalui jaringan apa pun”. Yang terbaik adalah memilih Wi-Fi saja untuk menghindari biaya jaringan seluler tambahan.

Anda juga dapat memperbarui aplikasi secara manual dari menu Play Store dengan mengklik Aplikasi & game saya. Aplikasi akan ditandai sebagai ‘Pembaruan’ jika tersedia dan cukup ketuk ‘Perbarui’.

 

2. Perbarui aplikasi Apple

Cara Mendownload Aplikasi Aman
Cara Mendownload Aplikasi Aman. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi yang Anda unduh dari App Store secara otomatis diperbarui secara default. Tetapi Anda juga dapat memperbarui aplikasi secara manual jika Anda ingin. Caranya juga mudah sebagai berikut.

Pertama buka Toko Aplikasi. Kemudian klik pembaruan. Untuk memperbarui aplikasi tertentu, maka ketuk Perbarui di sebelah aplikasi itu, atau ketuk Perbarui Semua.

Namun, jika Anda hanya dapat memperbarui aplikasi saat terhubung ke Wi-Fi: Maka, buka Pengaturan > pilih iTunes & App Store > pilih Data seluler dan nonaktifkan pengaturan ini.

 

Cara mendownload aplikasi aman?

Cara Mendownload Aplikasi Aman
Cara Mendownload Aplikasi Aman. Sumber Gambar: Google.com

Sebagian besar aplikasi di Play Store atau App Store akan aman untuk pengguna unduh, dan toko cenderung menghapus semua aplikasi yang tidak aman. Namun, sayangnya, beberapa dari mereka menyusup ke jaringan.

Jadi, mereka mungkin membawa virus komputer atau mencoba mengakses informasi pribadi atau keuangan Anda. Ada juga aplikasi palsu yang mirip dengan aplikasi populer seperti WhatsApp.

BACA JUGA:   Aplikasi Translate Bahasa Banjar

Ini membuat orang mengunduhnya dan kemudian aplikasi membombardir telepon dengan iklan atau virus komputer. Jadi, ikuti tips di bawah ini untuk mengetahui apa yang harus dicari untuk menjaga ponsel dan informasi Anda tetap aman:

Periksa berapa banyak orang yang telah mengunduh aplikasi. Di sebelah aplikasi di Play Store atau App Store, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang telah mengunduhnya.

Jika sebuah aplikasi telah pengguna unduh jutaan atau miliaran kali, kemungkinan besar aplikasi tersebut aman. Waspadalah terhadap aplikasi dengan beberapa ratus atau ribuan unduhan – itu mungkin bisa berbahaya.

Baca ulasan dan lihat ulasan. Setiap aplikasi memiliki peringkat dan ulasan pengguna yang dapat Anda baca. Berhati-hatilah saat mengunduh aplikasi dengan ulasan negatif.

Baca deskripsinya. Perhatikan kesalahan ejaan atau apa pun yang terdengar tidak benar. Jika ada sesuatu yang tidak terlihat orisinal, maka mungkin memang demikian. Ulasan ini palsu.

Periksa kembali sumbernya. Unduh aplikasi hanya dari sumber tepercaya (perusahaan yang membuat aplikasi). Di bawah nama aplikasi, Anda dapat mengeklik sumbernya, melihat aplikasi lain yang mereka tawarkan, dan melihat peringkatnya.

 

Cara mendownload aplikasi tanpa biaya tambahan

Cara Mendownload Aplikasi Gratis Apps
Cara Mendownload Aplikasi Gratis Apps. Sumber Gambar: Google.com

Anda mungkin harus membayar untuk beberapa aplikasi, meskipun Anda dapat menggunakan banyak aplikasi secara gratis. Pertimbangkan pembelian dalam aplikasi.

Setelah menambahkan metode pembayaran ke Akun Google atau ID Apple, Anda dapat membeli aplikasi atau membeli barang di dalam aplikasi tanpa menambahkan informasi tambahan apa pun.

Namun, ada juga model pembayaran otomatis atau terpotong dari kartu kredit. Dan, pengeluaran Anda mudah hilang. Jadi, pelajari cara menghentikan ini di perangkat Android dan Apple.

 

Apa yang terjadi jika perangkat saya kehabisan memori?

Memory HP
Memory HP. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi memakan ruang, dan beberapa ponsel dan tablet memiliki jumlah memori yang terbatas. Ini kita ukur dalam megabyte (MB) dan gigabyte (GB). Jika ponsel Anda kehabisan ruang kosong, Anda tidak akan dapat mengunduh aplikasi baru atau memperbarui aplikasi yang sudah ada.

 

Tips untuk mengosongkan ruang penyimpanan

Cara Mendownload Aplikasi Cara Hapus Memory HP
Cara Mendownload Aplikasi Cara Hapus Memory HP. Sumber Gambar: Google.com

Copot pemasangan aplikasi yang tidak Anda gunakan secara teratur. Anda dapat melakukan ini dengan membuka aplikasi di Play Store atau App Store dan mengklik Hapus.

Bukan hanya aplikasi yang menghabiskan ruang. Foto, video, dan pesan lama menggunakan ruang penyimpanan, sehingga Anda dapat menghapus apa yang tidak Anda perlukan lagi.

Anda dapat mencadangkan foto dan video ke layanan “cloud” seperti Google Foto. Ini berarti bahwa mereka tersimpan dalam folder di Internet sehingga Anda dapat menghapusnya dari ponsel Anda tanpa kehilangannya.