Tips  

Cara Pindah Aplikasi ke Kartu SD Termudah Tahun 2022

Cara Pindah Aplikasi ke Kartu SD
Cara Pindah Aplikasi ke Kartu SD. Sumber Gambar: Google.com

Cara pindah aplikasi ke kartu SD yang mudah tahun 2022. Meskipun ponsel terbaru hadir dengan banyak penyimpanan, semakin banyak foto, musik, dan aplikasi yang Anda simpan, semakin sedikit ruang penyimpanan yang Anda miliki.

Cara pindah aplikasi ke kartu SD

Cara Pindah Aplikasi ke Kartu SD Kartu SD Android
Cara Pindah Aplikasi ke Kartu SD Kartu SD Android. Sumber Gambar: Google.com

Jika Anda memiliki perangkat lama, ruang penyimpanan akan lebih sedikit. Namun, hanya karena Anda kehabisan memori tidak berarti Anda harus mencari telepon baru. Beberapa aplikasi Anda dapat pindahkan ke kartu memori eksternal.

Faktanya, beberapa perangkat Android bahkan memiliki slot kartu micro SD untuk memberi Anda lebih banyak ruang penyimpanan. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat memindahkan aplikasi Anda ke kartu SD di Android dan bagaimana Anda dapat mengosongkan ruang di iPhone Anda dengan memindahkan file tertentu.

Tips cara pindah aplikasi ke kartu SD

1. Untuk HP Android

Micro SD Card
Micro SD Card. Sumber Gambar: Google.com

Cara untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan Android faktanya tidak terlalu sulit. Pertama, masukkan kartu SD ke ponsel Anda. Kemudian, pergi ke “Pengaturan” dan kemudian pilih “Aplikasi”, selanjutnya klik pada aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu microSD.

BACA JUGA:   Aplikasi Musik Gratis

Kemudian, Anda harus berpindah ke penyimpanan. Jadi, pergi ke penyimpanana. Kemudian buka Penyimpanan dan ketuk Edit (Anda mungkin tidak melihat opsi Edit, yang berarti Anda tidak dapat memindahkan aplikasi tertentu).

Namun, jika terdapat opsi edit, langkah selanjutnya adalah klik Transfer. Jika Anda membuat opsi ini, Anda dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD. Klik Transfer dan kemudian aplikasi akan pindah ke kartu SD eksternal Anda. Kemudian, ulangi proses ini untuk sisa aplikasi yang ingin Anda pindahkan.

 

2. Untuk HP iPhone

Cara Pindah Aplikasi ke Kartu SD Kartu SD iPhone
Cara Pindah Aplikasi ke Kartu SD Kartu SD iPhone. Sumber Gambar: Google.com

Meskipun iPhone tidak memiliki slot microSD, Anda masih dapat mentransfer file ke kartu SD jika Anda memiliki adaptor microSD. Namun, Adaptor ini harus terhubung ke iPhone dan kartu SD Anda agar dapat mentransfer file.

Panduan singkat ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat mentransfer file seperti foto dan video, yang akan membebaskan banyak ruang di ponsel Anda. Jadi, langkah yang perlu untuk Anda lakukan Pertama, masukkan kartu SD ke adaptor dan sambungkan adaptor ke iPhone Anda.

Kemudian, silahkan membuka galeri Anda dan klik “Pilih”. Atau, pilih foto / video dan kemudian klik foto atau video yang ingin Anda transfer. Selanjutnya adalah Transfer Berkas. Jadi, setelah Anda memilih item, ketuk ikon Tranfer yang terletak di sudut kiri bawah layar ponsel Anda.

BACA JUGA:   Cara Mengambil Sound dari Tiktok

Kemudian, Anda perlu untuk menyimpan file tersewbut. Caranya adalah pilih Simpan ke File dari menu yang muncul dan Anda akan dapat melihat kartu SD Anda di daftar drop-down. Kemudian klik dan pilih “Simpan”, maka item akan tersimpan ke kartu SD Anda.

 

Pikiran terakhir cara pindah aplikasi ke kartu SD

SD Card
SD Card. Sumber Gambar: Google.com

Mengetahui cara mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel Anda sangat penting agar tetap berfungsi dengan baik karena ponsel Anda dapat mulai mogok jika terlalu penuh, terutama pada model lama. Jadi, untuk ponsel Android, selama kompatibel dengan kartu MicroSD, maka semua aplikasi dapat Anda pindahkan.

Jadi, dalam hal ini, memindahkan beberapa foto dan video akan mengosongkan sebagian ruang. Hal yang sama berlaku untuk iPhone dan file yang dapat Anda transfer. Ingatlah bahwa Anda akan membutuhkan adaptor.

 

Apa itu kartu SD?

Sandisk
Sandisk. Sumber Gambar: Google.com

Kartu SD adalah kartu kecil yang kita gunakan untuk menyimpan data dari berbagai perangkat elektronik. Kartu SD paling sering kita gunakan di kamera dan perangkat elektronik lainnya, sedangkan kartu Micro SD kita gunakan di telepon dan perangkat elektronik kecil.

Jadi, kartu SD ini sangat berguna untuk mentransfer data jika Anda perlu mengosongkan ruang di perangkat Anda. Namun, penting juga untuk kita catat bahwa tidak semua ponsel Android memungkinkan kita untuk melakukan transfer ini.