Bisnis  

Cara Agar Foto Menjadi HD

Cara agar foto menjadi HD dengan menggunakan editing gambar. Cara membuat gambar resolusi tinggi untuk cetak atau web. Jika kita perbesar gambar maka gambar itu menjadi sekelompok kotak. Nah, kotak ini adalah piksel.

Cara agar foto menjadi HD

Cara Membersihkan Cache Browser
Cara Membersihkan Cache Browser. Sumber Gambar: Google.com

Gambar yang tercetak dengan buruk membuatnya tidak berguna, itulah sebabnya gambar beresolusi tinggi sangat penting. Ada banyak hal yang perlu kita ketahui tentang membuat gambar beresolusi tinggi untuk mencetaknya dengan benar atau menampilkannya di halaman web. Seperti, apa itu 300dpi dan mengapa ini merupakan contoh resolusi tinggi? Apakah ada ukuran cetak resolusi tinggi tertentu? Dan apa perbedaan antara DPI dan PPI?

Jangan khawatir, kami punya jawaban, solusi, dan tipsnya.

Apa itu gambar resolusi tinggi ?

Aplikasi Video-Compressor
Aplikasi Video-Compressor. Sumber Gambar: Google.com

Gambar beresolusi tinggi adalah gambar dengan resolusi minimal 300 dpi, atau “dpi”. Misalnya, printer Anda menghasilkan 300 titik tinta kecil per inci foto Anda. Kami menggunakan DPI ketika kami berbicara tentang resolusi printer, tetapi ketika kami berbicara tentang monitor, kami beralih ke PPI atau “piksel per inci”. Ini karena layar tidak berfungsi dengan titik tinta. Sebaliknya, mereka memiliki piksel yang menyala untuk membuat gambar Anda di layar.

Untuk mencetak gambar pada resolusi setinggi mungkin, file Anda harus memiliki jumlah piksel per inci yang sama dengan yang akan dicetak printer Anda.

Apa perbedaan antara gambar cetak dan web?

Edit Foto Wajah HD
Edit Foto Wajah HD. Sumber Gambar: Google.com

Monitor dan display menggunakan piksel lebih ekonomis daripada printer. Sementara printer Anda menghabiskan 300 piksel yang diperoleh dengan susah payah, layar Anda yang menyedihkan hanya dapat menggunakan 72 piksel. Ini berarti bahwa gambar 2400 x 3000 piksel yang Anda gunakan untuk membuat cetakan berukuran 8 x 10 inci akan tampil menjadi sekitar 2 kaki (ya, yang kita bicarakan di sini, bukan inci) pada layar 72 PPI.

BACA JUGA:   Cara Mendapat Poin Telkomsel

Ukuran web akan cukup sederhana jika semua layar berukuran 72 piksel per inci. Masalahnya adalah tidak. Mereka dulu 72 PPI dan 72 PPI masih menjadi referensi untuk desainer, tetapi kebanyakan monitor komputer modern memiliki 96 PPI. Retina display bisa sekitar 220 PPI. Hal ini membuat sulit untuk memilih ukuran gambar untuk web.

Cara mengoptimalkan ukuran gambar untuk Web

Perbandingan PPI
Perbandingan PPI. Sumber Gambar: Google.com

Saat menyimpan gambar untuk situs web atau blog, tata letak situs sering kali menentukan jumlah piksel tinggi dan lebar yang kita perlukan untuk ukuran gambar. Di blog kita, misalnya, lebar gambar dalam postingan sekitar 600 piksel. Gambar header yang menjangkau seluruh halaman bisa jauh lebih besar, sekitar 1200px, yang membiarkannya ke browser meregang jika jendela browser lebih besar.

Jika Anda meng-host layar besar dengan ukuran gambar yang terlalu besar dan membutuhkan waktu lama untuk memuat, Anda akhirnya akan menampilkan gambar yang memperlambat situs Anda. Ini adalah keseimbangan. Anda menginginkan file terkecil yang sesuai dengan tujuan Anda. Saat Anda tidak mengatur gambar ke tata letak tertentu, Anda dapat memilih ukurannya dengan cukup bebas. Kebanyakan orang menganggap bagian “resolusi tinggi” dari web memiliki lebar antara 1200 dan 1600 piksel.

Cara agar foto menjadi HD 300 dpi

Pebandingan DPI
Pebandingan DPI. Sumber Gambar: Google.com

Kecuali Anda mencetak sesuatu yang besar, seperti poster, spanduk pameran dagang, atau papan reklame, Anda hampir pasti akan mencetak pada 300dpi, hanya karena itulah resolusi sebagian besar printer.

Karena sekarang kita tahu bahwa printer akan mencetak pada 300dpi, yang harus kita lakukan adalah mencari tahu berapa banyak piksel yang harus kita berikan pada printer.

Untuk melakukan ini, cukup kalikan 300 dengan jumlah inci yang akan Anda cetak. Artinya, untuk membuat cetakan 4×6 pada printer 300dpi, maka Anda memerlukan resolusi 1200×1800 piksel.

Jika matematika adalah mimpi buruk Anda, maka Anda tidak sendirian. Berikut adalah tabel yang berguna untuk membantu:

Piksel ke inci.

( Sebagai catatan, 1 inchi adalah 2,54 cm ).

Ukuran dalam inci   Ukuran dalam piksel

3×5 inchi   900×1500 pixel

4 x 6 inchi   1200 x 1800 pixel

BACA JUGA:   Cara Melihat Nomor Kartu Smartfren

5 x 7       1500 x 2100

8 x 8       2400 x 2400

8 x 10    2400 x 3000

8,5 x 11   2550 x 3300

9 x 16    2700 x 4800

11 x 14 3300 x 4200

11 x 16 3300 x 4800

Cara agar foto menjadi HD dengan PicMonkey

Cara Agar Foto Menjadi HD Video Konverter HD
Cara Agar Foto Menjadi HD Video Konverter HD. Sumber Gambar: Google.com

Anda dapat menggunakan alat PicMonkey untuk mengukur gambar dengan benar untuk Anda cetak atau untuk penggunaan web. Harap Anda catat bahwa gambar Anda harus memiliki rasio aspek (bentuk) yang sama dengan kertas yang Anda cetak, jika tidak maka semuanya akan terdistorsi atau terpotong.

Jika gambar Anda sudah memiliki bentuk yang sama dengan kertas, gunakan alat pengubahan ukuran kami. Sebagian besar waktu, gambar Anda akan memiliki tampilan yang berbeda dari tampilan cetak yang Anda rencanakan untuk Anda buat. Dalam hal ini, kembali ke Crop Canvas di tab Edits (akan tampilkan di atas) untuk memilih rasio crop yang telah Anda tetapkan.

Lihat bagaimana panel kosong melakukan perhitungan untuk Anda. Kami senang mempersiapkan orang untuk sukses.

Link Unduh:

PicMonkey

Langkah dan cara agar foto menjadi HD

Edit Foto Wajah HD
Edit Foto Wajah HD. Sumber Gambar: Google.com

Pertama buka kanvas kosong. Pilih ukuran cetak yang Anda inginkan dan kemudian klik “Make it!”.

Klik pada tab “Photo and Video” di bilah alat kiri.

Unggah foto Anda dengan mengklik tambahkan foto atau video.

Kemudian sesuaikan foto Anda di tab Edit dengan opsi dasar atau lanjutan.

Unduh versi web atau cetak dan bagikan karya Anda!

Tips Tambahan: Untuk versi web, selalu pilih resolusi dan jenis file yang lebih tinggi – PNG, JPG, atau PDF untuk pelanggan Pro. Anda juga akan melihat ukuran file.

Untuk versi cetak, Picmonkey ini akan menunjukkan kepada Anda ukuran inci, piksel, dan juga file. Plus, 300 dpi kami yang kuat faktanya muncul dengan sendirinya. Ah, edit foto tidak pernah semenyenangkan ini.

Sekarang setelah Anda memahami semua istilah dengan baik, Anda dapat berbagi pengetahuan dengan orang lain yang masih bertanya-tanya apa itu fotografi resolusi tinggi? Ini adalah hal yang baik Anda tidak bisa tahu apa yang Anda tahu. Nikmati kreasi Anda!

Link Unduh:

PicMonkey