Berita  

Contoh Karya Seni Aplikasi

Contoh Karya Seni Aplikasi
Contoh Karya Seni Aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Contoh karya seni aplikasi untuk keperluan sehari – hari. Sepanjang sejarah, dan terutama di dunia Barat, seni selalu ada dalam semacam hierarki: lukisan sejarah lebih tinggi dari potret, potret lebih tinggi dari benda mati, puisi lebih tinggi dari prosa, opera lebih tinggi dari lagu rakyat.

Contoh karya seni aplikasi

Seni dan kerajinan, betapapun perlu dan selalu ada, harus selalu berada di belakang rekan-rekan “penting” yang lebih kreatif. Baru pada akhir abad kesembilan belas, dengan munculnya gerakan Seni dan Kerajinan dan Art Nouveau, seni aplikasi / terapan menjadi perhatian publik.

Apa saja contoh karya seni aplikasi

Dalam arti luas, seni aplikasi / terapan adalah seni di mana desain artistik diterapkan pada objek utilitarian dari penggunaan sehari-hari (berlawanan dengan seni rupa, yang tidak memiliki fungsi lain selain untuk merangsang pemirsa secara estetika dan intelektual).

Desain industri, desain grafis, desain busana, desain interior, dan seni dan kerajinan termasuk dalam bidang seni aplikasi / terapan. [2] Seni ini menawarkan kemungkinan tak terbatas untuk orisinalitas, dengan dampaknya yang sangat besar, memperkaya kehidupan kita sehari-hari dan bahkan dapat membuat gadget paling biasa di rumah kita menyenangkan mata.

1. Desain industri

Desain Industri
Desain Industri. Sumber Gambar: Google.com

Dari Volkswagen Beetle hingga iPod terbaru, dari kursi di meja Anda hingga Alpha Romeo baru, desain industri ada di sekitar kita. Berkomitmen untuk membuat hidup kita lebih mudah dengan meningkatkan fungsionalitas, nilai dan penampilan, dipandu oleh persyaratan khusus. [3]

Menggabungkan fungsi dan bentuk, desain bukan hanya seni, tetapi juga bagian dari rekayasa. Ini mengubah objek mekanis murni menjadi elemen estetika yang menyenangkan dan meningkatkan kegunaan dan daya tariknya.

Pilihan bahan harus bijaksana, kaca basah lebih cocok daripada logam atau kayu. Desain dapat membuat produk baru “tenggelam atau mengapung” di pasar – dapat membuatnya menjadi citra kemewahan yang elegan dan aerodinamis atau rasa sakit yang tidak proporsional di mata. Dieter Rams (kerabat dekat Brown), Sir Jonathan Ive (pencipta banyak produk Apple terkenal), dan Richard A. Teague untuk American Motor Company [4], semua tingkat desain industri, betapa pentingnya menggabungkan yang kuat identitas visual dengan produk yang sangat praktis yang dapat (dan sering kali) memiliki kesuksesan yang sama.

BACA JUGA:   Tempat Wisata Terdekat dari Lokasi Saya

2. Desain Grafis

Contoh Karya Seni Aplikasi Desain Grafis
Contoh Karya Seni Aplikasi Desain Grafis. Sumber Gambar: Google.com

Desain grafis muncul sebagai disiplin tersendiri tak lama setelah munculnya mesin cetak pada abad ke-15. Huruf segera menggantikan ilustrasi untuk buku kartun, dan komunikasi melalui gambar visual mulai mendapatkan momentum. Lukisan spanduk adalah bentuk awal lain dari desain grafis, dan lukisan poster segera menyusul pada abad ke-19 (Toulouse-Lautrec dan Mucha muncul dalam pikiran sebagai ahli genre), iklan surat kabar, dan selebaran.

Desain grafis terkait erat dengan pemasaran (dan periklanan) dan selalu digunakan untuk menyampaikan ide secara simbolis dan mudah diingat. Ingatlah pentingnya Royal Dutch Shell Raymond Loewy dan logo British Telecom yang asli. Meskipun kadang-kadang pindah ke bentuk “lebih tinggi” seperti seni pop dan beberapa aspek Americana, desain grafis sebagian besar tetap menjadi sarana komunikasi praktis menggunakan gambar, kata-kata, atau bentuk grafis. Dengan munculnya Internet, itu telah menjadi salah satu bidang dominan politeknik dan bagian integral dari pengembangan web.

3. Desain Busana

Contoh Karya Seni Aplikasi Desain Busana
Contoh Karya Seni Aplikasi Desain Busana

Mungkin yang paling menarik bagi masyarakat umum dan tentu saja yang paling banyak media bicarakan, fashion telah menjadi topik hangat selama berabad-abad. Namun, desain seperti yang kita kenal sekarang dimulai dengan Charles Frederick Worth, yang pertama mendikte gaya daripada mematuhinya. [6] Di hadapannya, kaum borjuis dan rakyat jelata hanya meniru pakaian atasan sosial mereka. Lapangan adalah inspirasi, bukan landasan. Namun, semuanya berubah dengan munculnya rumah mode, seorang desainer yang tahu bagaimana memprediksi dan mendikte tren. Dan segera rumah Prancis Chanel, Dior, Italian Gucci, Versace, dan banyak lainnya muncul.

Fashion telah dipengaruhi oleh norma dan harapan sosial dan budaya, dan untuk sementara mempengaruhi cara kita melihat diri kita sendiri dan satu sama lain. Itu adalah outlet kreatif serta cara untuk memperkuat atau menantang status quo.  Apakah itu fashion mahal atau pasar massal yang terjangkau, itu seni untuk dipakai.

4. Desain interior

Desain Interior
Desain Interior. Sumber Gambar: Google.com

Desain interior terkait erat dengan arsitektur, tetapi sangat berbeda dari itu. Jadi, desain interior memenuhi kebutuhan kita untuk tinggal di lingkungan yang indah. Ini adalah profesi multi-segi, dan harus mempertimbangkan segala sesuatu mulai dari batas arsitektur hingga masalah praktis seperti masalah kesehatan dan keselamatan, dan (idealnya) tujuan estetika murni untuk menciptakan lingkungan hidup yang nyaman dan menyenangkan.

Desain interior dapat kita terapkan pada ruang residensial dan komersial, serta struktur sementara seperti panggung teater, dekorasi acara, dll. [8] Tujuan estetikanya dapat berubah dalam gaya – ketakutan Victoria tergantikan oleh keanggunan Art Deco dan juga kesederhanaan yang mencolok dari De Stijl, visi modernitas yang utopis tetapi terkadang naif, dan baru-baru ini, pengaruh Skandinavia dari Skandinavia. Saat ini, cahaya dan bahan alami, ventilasi dan rasa ruang, serta warna-warna halus sangat penting. [9] Namun, siapa yang tahu apa yang mungkin terjadi selanjutnya…

BACA JUGA:   Cara Menambah Followers IG dengan Aplikasi

6. Seni dan Kerajinan

Seni dan Kerajinan
Seni dan Kerajinan. Sumber Gambar: Google.com

Setiap era, dari kemewahan Barok hingga kejujuran Bauhaus, telah meninggalkan jejaknya pada berbagai seni aplikasi / terapan. Bahan yang seniman gunakan bervariasi karena tujuannya dapat, pada gilirannya, menjadikan barang tersebut sebagai barang rumah tangga yang terjangkau atau karya seni permata yang bagus. Sering kita sebut hanya sebagai “kerajinan”, seni dekoratif melayani tujuan khusus untuk mempercantik barang sehari-hari dan meningkatkan fungsinya. Praktek ini telah ada sejak zaman dahulu dan termasuk tembikar, barang pecah belah, keranjang, perhiasan, logam, furnitur, kaca patri, tenun, dan tekstil. [10] Seni dekoratif juga termasuk kategori “benda berharga atau buatan tangan” dengan penggunaan praktis yang terbatas. [11] Telur Paskah Fabergé adalah contohnya. Namun, dalam banyak kasus, karya seni dan kerajinan yang umum akan memiliki kegunaan yang sangat praktis, seperti untuk makan atau tidur.

Seni aplikasi / terapan – seni atau kerajinan?

Contoh Karya Seni Aplikasi Handicraft
Contoh Karya Seni Aplikasi Handicraft. Sumber Gambar: Google.com

Selama berabad-abad, melalui semua perubahan selera, pertanyaannya tetap ada – apakah ini seni? Bagaimana kita melihatnya, berbahaya atau sekali pakai? Atau, bagaimanapun juga, apakah hanya penting untuk memenuhi tujuan praktis dan duniawinya? Seni dan Kerajinan selalu menjadi subyek kontroversi. Tetapi berkat itu, itu tetap menjadi bagian integral dari keberadaan kita, cara kita untuk menentukan tempat kita di dunia dan membuat hidup kita senyaman mungkin. Jadi, ada kemungkinan bahwa mereka akan tetap demikian untuk waktu yang lama.

Kesimpulan contoh karya seni aplikasi

Batas antara seni rupa, kerajinan, dan teknologi modern telah kabur dan juga terdistorsi. Jadi, kabur, dan bersilangan berkali-kali selama satu atau dua abad terakhir. Dengan demikian, itu membuat penentuan menjadi tidak mungkin. Namun, Peter Dormer sedang mencoba hal itu.

Dalam serangkaian diskusi dan artikel, ia mencoba menjelaskan peran teknologi dalam estetika dan desain kontemporer. Cara di mana inovasi dan fungsionalitas dapat berjalan seiring dengan ekspresi artistik dan kreativitas, bahkan di dunia utilitarian abad ke-21 kita. Bacaan yang bagus untuk siapa saja yang tertarik pada bagaimana seni dan kerajinan memengaruhi persepsi kita tentang lingkungan.