Karya Seni Aplikasi Adalah
Karya Seni Aplikasi Adalah. Sumber Gambar: Google.com

Karya Seni Aplikasi Adalah

Karya seni aplikasi adalah seni yang diterapkan pada benda sehari – hari yang fungsional. Istilah “seni dan kerajinan” mengacu pada aplikasi (dan produk yang dihasilkan) dari desain artistik untuk objek utilitarian penggunaan sehari-hari. Sementara karya seni rupa tidak memiliki fungsi lain selain rangsangan estetika atau intelektual bagi yang melihatnya, karya seni terapan biasanya merupakan objek fungsional yang telah “mendapat hiasan” atau seniman rancang secara kreatif dengan mempertimbangkan estetika dan fungsionalitas.

Karya seni aplikasi adalah

Seni terapan mencakup berbagai macam produk dan benda, dari teko atau kursi, hingga dinding dan langit-langit stasiun kereta api atau ruang perjamuan, pulpen atau mouse komputer.

Yang termasuk karya seni aplikasi adalah

Definisi karya seni aplikasi adalah
Definisi karya seni aplikasi adalah. Sumber Gambar: Google.com

Untuk penyederhanaan, karya seni terapan terdiri dari dua jenis yang berbeda: produk buatan mesin standar, yang pembuat terapkan dengan desain khusus yang membuatnya lebih menarik dan lebih mudah kita gunakan; dan kerajinan tangan individu, yang secara estetika menyenangkan tetapi sebagian besar praktis, buatan para pengrajin atau pekerja terampil.

Disiplin teknis yang kita klasifikasikan sebagai seni terapan meliputi desain industri, desain mode, desain interior, grafis dan desain (termasuk komputer grafis), dan sebagian besar seni dan kerajinan (seperti furnitur, karpet, tenun, bordir, batik, perhiasan, logam mulia, keramik, pandai emas, pembuatan keranjang, mosaik dan barang pecah belah). Manuskrip iluminasi dan ilustrasi buku selanjutnya juga merupakan seni terapan. Arsitektur juga dipandang sebagai seni terapan. (Lihat juga: Bentuk seni.)

1. Arsitektur

Seni aplikasi arsitektur
Seni aplikasi arsitektur. Sumber Gambar: Google.com

Arsitektur adalah seni terapan pertama yang tersebar luas. Dari piramida Mesir, ziggurat Sumeria, dan Tujuh Keajaiban Dunia Kuno, hingga proporsi rumit kuil Yunani dan kualitas rekayasa yang kokoh dari jembatan dan jembatan Romawi, arsitek menggabungkan estetika dan matematika untuk merancang fungsional namun menyenangkan. Sejak itu, tuntutan dunia modern mencakup proyek perumahan dan komersial, terutama gedung-gedung tinggi dan gedung pencakar langit. Untuk lebih lanjut lihat: Arsitektur Pencakar Langit (1850 hingga sekarang).

2. Desain komersial

Karya seni aplikasi adalah - Arsitektur
Karya seni aplikasi adalah – Arsitektur. Sumber Gambar: Google.com

Selain arsitektur, seni terapan mendapat dorongan terbesar dari pertumbuhan perdagangan di abad ke-19, setelah revolusi industri. Tiba-tiba, produsen dan penyedia layanan yang kompetitif perlu memastikan produk dan layanan mereka “terlihat bagus” dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Tuntutan akan peningkatan estetika ini telah menyebabkan terciptanya beberapa sekolah dan kursus desain yang menjadi tempat tumbuhnya generasi baru desainer industri. Kemudian, ketika rangkaian produk pengguna perluas dan teknologi pencetakan baru muncul, mereka bergabung dengan perancang busana, perancang grafis, dan baru-baru ini, perancang grafis komputer.

Seni adalah ekspresi kreativitas manusia melalui berbagai media, terutama visual. Seni dan Kerajinan adalah bagian dari seni yang mencakup desain dan dekorasi, serta barang-barang praktis untuk membuatnya menarik secara estetika.

Salah satu kritik seni rupa adalah bahwa itu bukan ekspresi kreativitas manusia yang sangat berguna. Ya, lukisan-lukisan itu bagus untuk kita lihat dan patung-patung itu memberi karakter pada sebuah ruangan, tetapi mereka tidak melayani tujuan yang lebih besar. Sebaliknya, mereka hanya hewan peliharaan.

Namun, sementara kritik ini mungkin berlaku untuk lukisan dan gambar. Jadi, seni tidak dapat kita generalisasi menurut stereotip ini.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang seni dengan aplikasi praktis, baca terus untuk menjelajahi dunia seni terapan yang menarik.

Definisi seni terapan

Furniture
Karya seni aplikasi adalah – Furniture. Sumber Gambar: Google.com

Seni dan Kerajinan seniman definisikan sebagai proyek artistik yang seniman buat untuk objek utilitarian sehari-hari.

Karya seni rupa sering seniman definisikan sebagai seni tinggi karena tidak memiliki tujuan lain selain untuk memberikan rangsangan estetis atau intelektual kepada orang-orang yang melihatnya. Dan, juga bertujuan supaya meningkatkan penampilan estetika ruangan tempat mereka ditempatkan.

Tidak seperti seni rupa, seni terapan membuat objek fungsional lebih estetis. Ini berarti bahwa mereka seniman rancang sedemikian rupa sehingga hasilnya bermanfaat dan menyenangkan secara estetika.

Karena perpaduan kreativitas dan fungsi ini, seni dan kerajinan mencakup berbagai produk dan benda, mulai dari gagang pintu, meja, bandara, stasiun kereta api, dinding dan langit-langit gedung konser, pulpen, tongkat, sirene, jam alarm. , atau mouse komputer. . Seni terapan tumpang tindih dengan seni dan kerajinan, dan bentuk kontemporer seni terapan sekarang kita sebut desain.

Mengapa kerajinan disebut seni terapan?

Contoh seni keramik
Contoh seni aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Kerajinan adalah seni terapan karena memenuhi fungsinya dan sekaligus menyenangkan secara estetika. Misalnya, lukisan dekoratif, karpet atau kerajinan logam adalah karya seni dan sekaligus kepraktisan.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …