Tips  

Cara Mengedit Video yang Bisa Anda Coba Sekarang

cara mengedit video
cara mengedit video

Di zaman yang serba digital ini, kemampuan mengedit video menjadi sebuah kebutuhan tersendiri, terutama bagi Anda yang bercita-cita ingin menjadi seorang content creator di berbagai media, YouTube misalnya. Hal ini karena ternyata, skill mengedit video ini bisa mendatangkan berbagai hal positif bagi Anda, salah satunya adalah bisa dijadikan sebagai bisnis. Apalagi, peluangnya juga terbilang cukup besar dengan prospek yang sangat tinggi, seiring dengan mulai beralihnya media pemasaran. Dulunya, media marketing yang digunakan para pebisnis hanya mengandalkan door to door atau dari pintu ke pintu, atau dilakukan secara manual. Tentu hal mulai dikurangi. Karena selain memakan waktu dan tenaga, hasilnya juga tidak begitu efektif, sangat berbeda dengan menggunakan media pemasaran online, dengan menggunakan video. Dan hal inilah yang menjadikan Anda harus memiliki skill edit video. Syarat agar bisa mengedit video yang pertama adalah, Anda tahu bagaimana cara mengedit video.

Selain cocok untuk dijadikan bisnis kecil-kecilan, skill ini juga dapat Anda manfaatkan untuk branding diri. Dan bahkan, jika Anda seorang mahasiswa, tentu ada berbagai manfaat yang akan Anda rasakan, seperti akan memudahkan Anda dalam membuat video presentasi yang menarik. Tak hanya itu saja, bahkan hampir semua kampus juga biasanya, mencari mahasiswa-mahasiswa yang memiliki skill di bidang edit video ini untuk dijadikan sebagai tim khusus marketing kampus. Maka, tak ada salahnya bagi Anda untuk terjun ke sana dan mengumpulkan berbagai pengalaman berharga.

Memang, mengedit video menjadi salah satu keahlian yang cukup seksi saat ini dan beberapa tahun ke depan dengan prospek yang tinggi dan sangat jelas, penghasilannya juga besar loh, akan tetapi, hal tersebut tentu seimbang dengan tingkat kesulitan yang akan Anda hadapi. Karena ada berbagai aspek yang harus Anda perhatikan. Tak heran jika kemudian ada yang sudah mulai belajar mengedit video, namun harus mundur karena merasa ngeblank misalnya, ataupun merasa lelah. Hal ini biasa dialami oleh para pemula. Namun, jika Anda terus melakukan pembelajaran dan menikmatinya, maka mengedit video menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan. Maka, bagi Anda yang selama ini bingung hendak memulai dari mana, ada baiknya jika Anda membaca artike cara mengedit video yang satu ini.

Cara Mengedit Video dengan Baik dan Benar

Aktivitas menyenangkan ini dapat kita katakan sebagai sebuah seni. Karena Anda akan mencoba untuk menggabungkan berbagai aspek. Dan harus dapat menghasilkan sebuah maha karya yang indah. Tentu, untuk mendapatkan sebuah hasil editan video yang baik, Anda membutuhkan perelengkapan berupa software.

Jangan khawatir, karena saat ini, sudah banyak sekali software-software yang siap membantu Anda dalam mengedit video, seperti Adobe Premiere, final Cut pro, iMovie, dan Windows Movie Maker, dan lain sebagainya. Ketika akan mengedit, Anda harus memperhatikan yang namanya teknik, mulai dari pemotongan, efek, transisi, dan lain sebagainya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara mengedit video yang dapat Anda perhatikan dan praktekkan.

Menyusun Video Rekaman

Langkah mengedit video pertama ialah menyusun seluruh hasil video yang berhasil Anda rekam. Pastikan juga ya, bahwa seluruh video yang akan Anda edit sudah tersusun dengan sangat rapi di dalam sebuah file. Cukup satu file saja. Hal ini tentu akan sangat memudahkan Anda ketika melakukan proses pengeditan. Selain itu, Anda juga bisa membuat beberapa folder di dalam file tersebut. Agar tidak akan terjadi kendala ketika mengedit. Seperti membuat tiga folder, pertama adalah folder untuk bagian intro atau pembuka, folder kedua untuk bagian inti atau isinya, dan terakhir penutup. Selain memudahkan, cara pertama ini juga tentunya akan membantu Anda dalam memaksimalkan waktu yang ada.

Buka Aplikasi yang Akan digunakan

Cara mengedit video yang kedua adalah dengan membuka aplikasi edit video. Anda bisa menggunakan aplikasi edit video apa saja ya. Karena pada umumnya, nyaris seluruh aplikasi menyediakan fitur yang sama. Dan yang paling penting Anda ketahui terlebih dahulu adalah tekniknya.

Jika aplikasi sudah terbuka, Anda bisa membuka atau membuat lembar kerja yang baru. Sebelum memulai proses editing, Anda dapat mengatur ukurannya terlebih dahulu, bisa menggunakan ukuran 720 x 480 atau pun 1080 x 720.

Memasukkan Video

Apabila lembar kerja yang baru sudah sudah terbuka, selanjutnya silakan masukkan video yang akan Anda edit ke lembar kerja yang baru tadi. Caranya mudah, cukup klik bagian menu file, lalu cari tulisan import,  klik, dan pilih semua video yang ingin Anda edit. Pilih oke ataupun gunakan teknik menarik file seperti biasa.

BACA JUGA:   Kenapa Download di Playstore Tertunda

Menyusun Gambar

Selanjutnya, Anda bisa menyun urutan gambar sesuai dengan urutan yang telah Anda siapkan. Caranya, Anda tinggal menggeser saja videonya, dan lepaskan ke posisi yang Anda inginkan di lembar kerja tersebut. Anda harus hati-hati dalam menyusun ya, pastikan bahwa urutannya benar sebelum melakukan cara mengedit video berikutnya.  Hal ini untuk menghindari Anda dua kali kerja.

Memotong Gambar

Bagian teknik yang cukup penting adalah teknik cutting atau memotong. Anda sudah bisa mulai memotong bagian video yang tidak dibutuhkan jika memang urutan video sudah pas. Misal, jika ada bagian yang salah di satu video, ataupun ada satu rekaman yang kondisinya goyang, tidak stabil, maka Anda bisa memanfaatkan fitur yang ada, yakni cut ataupun razor. Agar dapat membuat satu klip video Anda menjadi beberapa bagian, dan di sana, Anda bisa menghapus yang tidak berguna, atau yang goyang tadi.

Memberikan Efek Transisi

Apabila proses cut selesai, Anda bisa mulai menambahkan transisi. Efek satu ini berguna agar membuat video Anda terlihat lebih halus ketika beralih dari scane yang pertama ke scane berikutnya. Efek yang sering dan banyak digunakan ialah fade-in fan fade-out. Efek ini adlaah efek yang akan membuat gambar dari satu klip munculnya perlahan dan menghilangnya juga perlahan. Sehingga membuat penonton tidak menyadari adanya perpindahan tersebut.

Menyesuaikan Warna dan suara

Cara mengedit video yang selanjutnya ialah menyesuaikan berbagai hal, seperti warna dengan suara. Cara mengedit video yang satu ini tidak berlaku untuk semua proses pengeditan video ya. Hanya saja agar hasilnya maksimal, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Anda harus menyeimbangkan terlebih dahulu bagian audio dengan video, agar tidak ada audio yang akan mengganggu videonya. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan auto solor-correct dengan volume equalizer. Hampir seluruh software memiliki fungsi ini. Manfaatkan saja.

Menyaksikan Ulang

Cara mengedit video terakhir, tonton video yang sudah Anda buat. Bagi pemula, Anda bisa melakukan cara mengedit video terakhir ini dengan menonton sebanyak-banyaknya. Temukan dimana letak yang harus Anda perbaiki. Jika sudah menemukannya, Anda bisa revisi.

Demikian cara mengedit video yang bisa Anda coba. Semoga bermafaat.