Aplikasi Pengolah Angka Adalah
Aplikasi Pengolah Angka Adalah. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi Pengolah Angka Adalah

Aplikasi pengolah angka adalah program komputer yang dapat mengumpulkan, menampilkan, dan memanipulasi data dalam susunan baris dan kolom. Biasanya aplikasi pengolah angka kita sebut juga Spreadsheet dan Spreadsheet adalah salah satu alat paling populer yang tersedia di komputer pribadi.

Aplikasi pengolah angka adalah

Spreadsheet biasanya pengembang rancang untuk menyimpan data numerik dan string teks pendek. Dalam program spreadsheet, maka spasi yang berisi elemen data kita sebut sel spreadsheet. Jadi, itu dapat kita ganti namanya untuk lebih mencerminkan data yang ada, dan dapat kita referensikan dengan nomor baris dan huruf kolom.

Satu lembar bentang dapat juga kita gunakan sebagai lembar kerja untuk mengumpulkan data untuk tujuan tertentu, atau beberapa lembar dapat kita gabungkan untuk membuat seluruh buku kerja.

Setiap kolom atau sel dalam satu baris mengacu pada suatu nilai dan juga kita beri nama sesuai dengan posisinya (misalnya: A1, A2, A3). Data juga dapat kita ekspor sebagai file CSV dan kita impor ke program lain, atau sebaliknya.

Mari kita lihat lebih dekat beberapa fitur spreadsheet.

Apa fungsi spreadsheet yang paling sering digunakan?

Definisi Spreadsheet
Definisi Spreadsheet. Sumber Gambar: Google.com

Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia di sebagian besar program spreadsheet.

Format sel

Dalam spreadsheet, sel yang kita pilih dapat kita format untuk mewakili nilai numerik yang berbeda. Misalnya, laporan keuangan mungkin memiliki format akuntansi yang menggunakan tempat desimal dan koma untuk mewakili dolar dan sen.

Rumus

Di bilah rumus, pengguna dapat melakukan penghitungan pada konten sel pada konten sel lain. Misalnya, jika seseorang menggunakan spreadsheet untuk menyelesaikan transaksi, mereka dapat menyorot semua sel yang perlu kita tambahkan dan menyisipkan fungsi penjumlahan.

Tabel pivot

Dengan PivotTable, pengguna dapat menyusun, mengelompokkan, menggabungkan, rata-rata, atau mengurutkan data menggunakan toolbar.

Penting untuk kita catat bahwa alat dan fitur khusus akan bervariasi tergantung pada aplikasi yang pengguna pilih.

Beberapa jenis aplikasi pengolah angka adalah

 

Daniel Bricklin dan Bob Frankston menciptakan aplikasi spreadsheet pertama yang mereka sebut VisiCalc, yang berarti “Kalkulator Visual”. Itu populer di Apple II, salah satu komputer bisnis pertama.

Lotus 1-2-3 mengambil alih VisiCalc untuk menjadi perangkat lunak yang mengukuhkan PC IBM sebagai komputer pribadi yang unggul dalam bisnis pada 1980-an dan 1990-an. IBM mengakuisisi Lotus pada tahun 1995 dan terus menjual Lotus 1-2-3 hingga 2013 ketika menghentikan aplikasi spreadsheet yang tertinggal di belakang Microsoft Excel pada 1990-an dan tidak pernah pulih.

Link Download:

MS Excel

Yang populer untuk jenis aplikasi pengolah angka adalah

1. Microsoft Excel ( microsoft.com )

Aplikasi pengolah angka adalah - Ms Office Online
Aplikasi pengolah angka adalah – Ms Office Online

Microsoft Excel adalah bagian dari suite Microsoft Office dan juga layanan cloud langganan Microsoft 365 (resmi Office 365). Ini tersedia untuk Windows, macOS, Android, dan juga iOS.

Link Download:

MS Excel Google Android

2. Google Spreadsheet ( google.com/sheets/about )

Google Spreadsheet
Google Spreadsheet

Aplikasi Google Spreadsheet: Bagian dari rangkaian aplikasi web Google, Google Workspace. Jadi, Google Spreadsheet gratis dan juga tersedia sebagai aplikasi desktop untuk Google Chrome OS dan banyak sistem operasi seluler seperti Android dan iOS.

Link Download:

Google Online Google Android Google iPhone

3. Apache Open Office ( openoffice.org )

Open Office Calc
Open Office Calc

Apache Open Office Calc: Untuk Linux, macOS, dan Windows, port Apache Open Office gratis juga tersedia untuk sistem operasi lain. Ini pertama kali rilis pada 2012, tetapi akarnya kembali ke 2002.

Link Download:

Open Office

4. LibreOffice.Org

Aplikasi LibreOffice
Aplikasi LibreOffice

LibreOffice Calc: Aplikasi spreadsheet berfitur lengkap yang pengembang sertakan dalam rangkaian aplikasi LibreOffice gratis. Namun, LibreOffice dan Apache Open office keduanya kembali ke kode sumber yang sama, maka nama yang sama untuk aplikasi spreadsheet mereka.

Link Download:

LibreOffice

5. Thinkfree Office ( Office.Hancom.Com )

Aplikasi pengolah angka adalah - - ThinkfreeOffice
Aplikasi pengolah angka adalah – – ThinkfreeOffice

Thinkfree Office: Paket spreadsheet berfitur lengkap gratis yang pengembang rancang untuk memberikan pengalaman yang sama di seluruh perangkat. Versi ini tersedia online dan juga dengan penyimpanan cloud.

Sementara Lotus 1-2-3 adalah yang pertama memperkenalkan nama sel dan makro.

Spreadsheet Microsoft Excel menyediakan antarmuka pengguna grafis dan kemampuan untuk menunjuk dan mengklik dengan mouse.

Sebagian besar aplikasi spreadsheet profesional menawarkan tutorial dan template untuk membantu pengguna memulai dengan alat ini.

Link Download:

ThinkFree

Apa itu kontrol spreadsheet?

Kontrol spreadsheet adalah ukuran yang tim akuntansi organisasi gunakan untuk memastikan integritas dan akurasi praktik akuntansi dan pelaporan keuangannya. Jadi, ini adalah upaya berkelanjutan untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan dengan cepat dan menjaga semua data tetap aman. Maka, pelatihan yang komprehensif sangat penting untuk keberhasilan perangkat lunak manajemen spreadsheet.

Fungsionalitas perangkat lunak manajemen spreadsheet harus mencakup hal-hal berikut:

Kontrol akses (login, kata sandi, biometrik)

Daftar pengguna resmi saat ini

Pembatasan akses pada sel yang melakukan perhitungan penting

Enkripsi yang kuat

Validasi data keluar

Periksa keakuratan data yang kita terima

Pemeliharaan peralatan jaringan secara terus menerus

Mencegah kehilangan/korupsi data karena referensi silang dalam operasi checksum.

Pengujian komprehensif dari fitur/fitur terbaru dari spreadsheet

Pencadangan terjadwal / pencadangan tambahan

Kondisi penyimpanan di luar lokasi

Cadangan/Arsip, Beberapa Jenis Media

Prosedur pemulihan data saat ini

Kemudahan penggunaan dan fleksibilitas

Kunjungi juga

Adobe Lightroom Mod

Adobe Lightroom Mod Apk Link Unduh Aman Paling Update

Adobe Lightroom Mod Apk dan link unduhan yang aman paling update. Ketika memasuki alur kerja …