Aplikasi Pengolah Kata Adalah

Aplikasi Pengolah Kata Adalah
Aplikasi Pengolah Kata Adalah. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi pengolah kata adalah, definisi dan fungsinya. Perangkat lunak atau perangkat lunak pengolah kata adalah jenis perangkat lunak penulisan tingkat lanjut yang memungkinkan pengguna untuk menuliskan informasi dan kemudian memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak hal lain dengannya.

Aplikasi pengolah kata adalah

Setelah berkembang dan berkembang selama bertahun-tahun, perangkat lunak pengolah kata sekarang mendukung hal-hal seperti membuat, mengedit, mengoreksi, memformat, dan mencetak informasi yang direkam. Secara default, ini akan berupa teks, tetapi dalam versi terbaru perangkat lunak, ini mungkin menyertakan elemen lain yang mendukung hal-hal seperti gambar, grafik, dll.

Contoh aplikasi pengolah kata adalah

Contoh umum program pengolah kata termasuk Microsoft Work, Writer LibreOffice, dan WordPerfect. Pada dasarnya, sebagian besar program memiliki fungsi yang sama. Mereka digunakan oleh hampir setiap perusahaan dan untuk berbagai tujuan. Profesi yang mempekerjakan banyak penulis – editor, penulis, jurnalis, dll. – sekarang semuanya bergantung pada jenis perangkat lunak ini, sebagian besar karena fitur bawaannya.

Fitur paling populer termasuk OLE – penautan dan penyematan objek, tesaurus, pemeriksa ejaan, dan fitur yang kami nantikan sekarang – pengeditan WYSIWYG. Singkatnya, apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan, hampir setiap program dalam kategori ini memungkinkan Anda untuk mengatur hal-hal seperti ukuran font, warna teks, jenis font dan banyak lagi. Pengaturan yang Anda pilih di layar secara sempurna mencerminkan apa yang Anda dapatkan saat mencetak dokumen—dengan kata lain, apa yang Anda lihat di layar adalah apa yang Anda dapatkan dari layar.

Program pengolah kata modern melangkah lebih jauh—mereka bahkan dapat melakukan beberapa tugas penerbitan desktop. Dengan kata lain, mereka dapat merilis file final dalam berbagai format file dan untuk berbagai tujuan.

Penggunaan umum perangkat lunak pengolah kata

Perangkat lunak pengolah kata digunakan di hampir setiap sektor di hampir setiap industri untuk satu tujuan atau lainnya.

Software pengolah kata modern mampu lebih dari sekadar menulis dan mengedit teks.

Perangkat lunak pengolah kata sekarang dapat mengambil alih fungsi penerbitan desktop.

Penyalahgunaan perangkat lunak pengolah kata konvensional

Program pengolah kata digunakan untuk mengubah kata yang diucapkan menjadi teks tertulis.

Microsoft Word setia padanya, tetapi temukan satu orang yang menyukainya dan kemungkinan besar Anda akan menemukan banyak orang yang tidak menyukainya. Dari desain ulang yang menyembunyikan item menu yang familier hingga fitur yang terlalu rumit dan sering tidak digunakan, ada banyak hal yang orang inginkan dalam pengolah kata sederhana yang tidak ditawarkan Microsoft Word karena sifatnya yang kompleks. Selain itu, Microsoft Word dan Microsoft Office lainnya cukup mahal.

BACA JUGA:   HP Android Kecil Canggih

Jika Anda tidak memerlukan semua fitur yang ditawarkan Microsoft Word, mungkin sulit untuk membenarkan harga itu, terutama di lingkungan bisnis kecil di mana yang Anda butuhkan hanyalah pengolah kata. Jangan membayar untuk sesuatu yang tidak akan Anda gunakan – lihatlah salah satu dari lima alternatif gratis kami untuk Microsoft Word.

Contoh terbaru aplikasi pengolah kata adalah

1. Google Documents ( docs.google.com )

Aplikasi pengolah kata adalah - Google Document
Aplikasi pengolah kata adalah – Google Document

Google Documents, alternatif Microsoft Word paling populer dalam daftar ini, gratis untuk siapa saja yang memiliki akun Google.

Jika Anda menginginkan fungsionalitas dasar Microsoft Word, tidak perlu mencari yang lain selain Google Documents – ia menangani semua kebutuhan pengolah kata dasar Anda dan terintegrasi erat dengan Google Drive dan produk lainnya. Karena semuanya disimpan di Google cloud, Anda tidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan Anda – dokumen disimpan secara otomatis setelah setiap klik, jadi jika terjadi kesalahan, Anda dapat melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan. sampai pesan. Google Documents juga mendukung format Microsoft Word. dan dok.

Kolaborasi real time adalah salah satu fitur terbaik untuk pengguna bisnis. Jika Anda berbagi dokumen dengan pengguna Google lainnya, Anda berdua dapat berada di dokumen tersebut secara bersamaan, melihat posisi kursor pengguna lain, melihat apa yang mereka ketik, dan juga berkomunikasi satu sama lain. Ini adalah alat kolaborasi hebat yang menonjol di antara pengolah kata.

Pengguna yang berpengalaman mungkin menemukan bahwa ia tidak memiliki fitur – itu benar-benar hanya pengolah kata biasa.

Link Website:

Google Docs

2. Apache OpenOffice Writer ( openoffice.org )

OpenOffice Writer
OpenOffice Writer

Jika Anda membenci Microsoft Word, maka Apache OpenOffice Writer adalah  yang Anda butuhkan di tahun ini. Ini memiliki antarmuka klasik yang, meskipun mungkin terlihat sedikit berantakan, mengemulasi menu yang mirip Microsoft ketika Office 2007 pada saat rilis. Pasti akan terasa akrab bagi pengguna Office 2003, dengan manfaat tambahan mendapatkan pembaruan dan perbaikan keamanan, yaitu penting untuk paket bisnis.

OpenOffice Writer memiliki format dokumen sendiri tetapi juga mendukung .doc dan . docx dan melakukan pekerjaan yang baik untuk menjaga format saat mengimpor jenis file ini. Banyak fitur canggih Microsoft Word juga tersedia dalam OpenOffice Writer, jadi mengedit dokumen Word yang rumit tidak akan menjadi masalah.

Jika kolaborasi online atau dukungan cloud merupakan keuntungan, Anda mungkin ingin mengabaikan OpenOffice Writer karena OpenOffice Writer tidak menyertakan keduanya. Anda dapat menyimpan file di drive cloud dan mengaksesnya menggunakan OpenOffice. Tetapi Anda harus menginstal klien desktop Google Drive, Microsoft OneDrive, atau Apple iCloud untuk membuka penyimpanan cloud sebagai folder lokal di komputer.

BACA JUGA:   Menghilangkan Tulisan Tik Tok

Link Download:

Open Office

3. Zoho Writer ( zoho.com )

Zoho Writer
Zoho Writer

Alternatif MS Word sebagai aplikasi pengolah kata adalah Zoho Writer. Ini adalah aplikasi pengolah kata gratis dengan antarmuka penulisan yang bersih dan fitur bawaan yang canggih. Menulis dokumen di Writer hampir bebas gangguan, dan alat teks penting selalu tersedia.

Fitur asli Writer, banyak di antaranya memanfaatkan aplikasi Zoho lainnya, benar-benar membuatnya menonjol dari yang lain. Gunakan alat kecerdasan buatan bawaan Zia untuk konten yang lebih baik dan juga koreksi tata bahasa yang cepat. Kemudian juga analisis keterbacaan dokumen untuk audiens yang berbeda. Alat Penandatanganan Dokumen menempatkan alat tanda tangan elektronik langsung pada dokumen. Sehingga, tim dapat beralih dari draf hingga persetujuan dan menandatangani semuanya di satu tempat. Dan penampung dokumen menempatkan formulir tepat di dokumen Anda. Kemudian, juga memberi mereka tampilan profesional yang dapat Anda sematkan di mana pun Anda membutuhkan formulir.

Dan untuk mengikuti Google Documents atau Microsoft Word, kolaborasi waktu nyata Zoho Writer memiliki kontrol terperinci. Jadi, kontrol ini termasuk komentar, saran, penyembunyian teks untuk menyembunyikan beberapa elemen dari kolaborator. Dan, bahkan juga pemblokiran konten untuk blok teks. Zoho Writer pabrik rancang untuk kolaborasi perusahaan, persetujuan hukum, dan tim kreatif.

4. Microsoft Office Word online ( microsoft.com )

Aplikasi pengolah kata adalah - MS Office Online
Aplikasi pengolah kata adalah – MS Office Online

Jenis lain aplikasi pengolah kata adalah MS Word online. Dan, ini gratis Microsoft untuk versi berbayar Word: Office Online. Seperti Google Docs, Microsoft Word Online adalah versi sederhana dari Word yang berbasis cloud. Ini tidak memiliki banyak fitur lanjutan dari versi Word yang kita instal secara lokal, tetapi bagi pengguna yang menginginkan versi gratis Word, itu sedekat yang bisa mereka dapatnya.

Kesamaan antara Google Documents dan Word Online ada pada antarmuka. Tetapi dengan beberapa perubahan yang membuatnya terlihat seperti Microsoft daripada menu tarik-turun yang biasa pengguna Google Documents gunakan. Dokumen yang kita buat di Word Online tersimpan ke Microsoft OneDrive. Dan fitur kolaborasi waktu nyata seperti Google Documents juga tersedia. Salah satu keuntungan besar Word Online adalah memformat. Jadi, jika Anda membuat dokumen di Word Online dan kemudian mengimpornya ke Microsoft Word versi lokal, maka format akan lebih baik daripada jika Anda buat di Google Documents.

Link Website:

MS Office Online