Tips  

Cara Memperbaiki HP yang Kena Air

Cara Memperbaiki Hp yang Kena Air
Cara Memperbaiki Hp yang Kena Air

Cara memperbaiki HP yang kena air. Dunia tiba-tiba membeku ketika Anda melihat ponsel Anda terendam air. Apakah itu di kolam renang, di laut, atau di toilet, Anda tidak pernah tahu hal baik akan keluar dalam beberapa detik ke depan. Bagaimanapun, ini adalah perangkat berteknologi tinggi yang bernilai banyak uang dan kemungkinan besar akan kita anggap tidak dapat Anda gunakan. Belum lagi semua file penting Anda mungkin hilang! Anda mungkin ingin tahu cara memperbaiki ponsel yang rusak karena air.

Cara memperbaiki HP yang kena air

Mari kita mulai dengan mengatakan bahwa mencoba menyelamatkan telepon yang rusak karena air adalah semacam koin. Tidak ada yang bisa menjamin hasil positif, tetapi selalu patut dicoba. Kiat kami berikutnya dapat memberi Anda peluang sukses yang lebih tinggi.

Jadilah proaktif dan lindungi ponsel Anda

Tas Tahan Air

Anda mungkin ingin mendapatkan ponsel tahan air dengan peringkat IP yang baik untuk memastikannya akan bertahan. Namun, tidak semua dari kita akan memiliki kemewahan memiliki ponsel tahan air. Jika ponsel Anda tidak dapat menangani cairan dan Anda tahu Anda akan membahayakannya di liburan pantai berikutnya, membeli sesuatu seperti casing ponsel tahan air mungkin sepadan.

Selain itu, selalu ada baiknya untuk mempertimbangkan untuk mendapatkan asuransi telepon, baik dari operator, pengecer tempat Anda membeli telepon, atau pihak ketiga. Kami memiliki daftar pilihan asuransi telepon terbaik yang tersedia. Pastikan untuk membaca cetakan kecil untuk memastikan polis asuransi Anda mencakup kerusakan dan air yang tidak disengaja.

Matikan secepatnya!

Saya tahu sulit untuk bereaksi dengan cepat setelah peristiwa yang menghancurkan seperti itu, tetapi Anda harus keluar darinya! Semakin lama perangkat Anda berada di bawah air, semakin rendah peluangnya untuk bertahan hidup. Anda harus menggali di sana dan segera mengeluarkan ponsel ini dari air. Ya… walaupun itu di toilet!

Setelah telepon keluar dari air, pastikan untuk mematikannya dan tetap seperti itu. Bahkan jika terlihat baik-baik saja … penting untuk menutupnya untuk berjaga-jaga. Jika ponsel masih hidup maka matikan saja. Mereka yang masih memiliki baterai yang dapat dilepas harus melepasnya. Mematikan perangkat memastikan tidak ada air yang masuk dan komponen penting telepon rusak saat elektronik aktif. Air yang mencapai komponen operasi kemungkinan besar akan menyebabkan kerusakan permanen.

Apa yang tidak boleh dilakukan setelah menjatuhkan ponsel ke dalam air?

Tindakan berikut dapat berarti perbedaan antara telepon total atau kisah bertahan hidup. Lebih baik berhati-hati dengan apa yang Anda lakukan. Sebelum kita melanjutkan untuk menemukan solusi, mari kita coba untuk mencegah kegagalan besar yang dapat ditimbulkannya.

  • Jangan nyalakan telepon seperti yang kami sebutkan sebelumnya. Komponen listrik tidak bekerja dengan baik dengan air saat beroperasi.
  • Jangan pasang juga! untuk alasan yang sama.
  • Jangan tekan tombol apa pun. Hal ini dapat mendorong air ke dalam telepon. Lebih baik mengutak-atik telepon sesedikit mungkin.
  • Jangan goyang atau tiup perangkat. Ini juga dapat mendorong air ke area ponsel yang lebih dalam. Terutama cobalah untuk menghindari pengering rambut – bukan hanya karena bagian yang bertiup, tetapi juga karena poin berikutnya.
  • Jangan gunakan panas apa pun di telepon. Ingatlah bahwa panas yang berlebihan juga dapat merusak ponsel.
  • Jangan terlalu banyak menggerakkan ponsel. Kesepakatan yang sama seperti tidak ingin air bergerak di dalam telepon.
  • Bongkar ponsel yang rusak karena air
  • baterai yang dapat kita lepas closeup
BACA JUGA:   Kenapa Facebook Tidak Bisa Dibuka Padahal Kuota Masih Ada

Jangan salah mengartikan langkah ini dengan “Bongkar seluruh telepon!”. Maksud kami adalah Anda harus menghapus apa pun yang dapat pengguna hapus. Jika penutup belakang Anda dapat dilepas, lepaskan. Demikian pula, coba keluarkan baterai (jika mungkin), kartu SIM, dan kartu SD. Letakkan semuanya di atas handuk kertas. Sebagian besar ponsel tidak memiliki sandaran yang dapat dilepas saat ini, tetapi lakukan apa yang Anda bisa.

Sekarang, jika Anda seorang teknolog berpengalaman, mengetahui seluk beluk telepon, dan tidak keberatan membatalkan garansi Anda, Anda dapat melanjutkan dan membongkar telepon sepenuhnya. Ini dapat membantu setiap bagian lebih cepat kering. Berhati-hatilah, jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, itu bisa lebih berbahaya daripada kebaikan.

Cobalah untuk mengeringkan permukaan luar

Pertama kita harus mencoba membuang semua kelebihan air di bagian luar ponsel Anda. Gunakan lap atau handuk kertas untuk mengeringkan semuanya sebanyak yang Anda bisa. Pastikan Anda tidak bermain-main dengan telepon terlalu banyak. Keringkan semuanya dengan lembut tanpa terlalu banyak memindahkan barang. Semua air itu bisa masuk ke dalam telepon, yang bukan kabar baik.

Anda dapat mencoba penyedot debu

Perbaikan telepon yang rusak karena air

Tentu saja, ada area yang tidak bisa dijangkau oleh handuk kertas. Dan sementara kami memberitahu Anda untuk tidak meledakkan apa pun ke telepon, kami tidak memberitahu Anda untuk tidak mengisap air. Faktanya, penyedot debu dapat menyedot sedikit air dari telepon tanpa banyak risiko. Pastikan hisapannya tidak membuat ponsel bergerak berlebihan.

Saatnya mengeringkan ponsel yang rusak karena air

Bagian tersulit adalah sekarang, karena melibatkan meninggalkan telepon sendirian untuk beberapa waktu. Kita tahu bahwa menunggu itu tidak mudah, tetapi itu perlu. Jika Anda memiliki telepon lain atau yang dapat Anda pinjam, pastikan kartu SIM benar-benar kering dan tempelkan ke telepon yang berfungsi. Jika tidak, gunakan sinyal asap, telepon umum, dan semua barang lama itu.

BACA JUGA:   Cara Memperbesar Ukuran Foto di HP

Jadi bagaimana Anda mengeringkan ponsel Anda? Anda dapat meninggalkan telepon di meja atau di laci, tetapi beberapa orang suka memberikan sedikit bantuan. Idenya adalah untuk menempatkannya di lingkungan yang memfasilitasi proses pengeringan. Di dekat jendela berfungsi dengan baik, udara yang bergerak (jika jendela terbuka) dan sinar matahari mungkin sedikit membantu. Menempatkannya di sebelah kipas angin atau ventilasi AC juga dapat membantu.

Cara memperbaiki HP yang kena air dengan kantong

Praktik lain yang sangat umum adalah memasukkan telepon ke dalam kantong Ziploc yang berisi nasi dan diamkan selama sekitar dua atau tiga hari. Kenapa nasi? Pada dasarnya karena itu adalah sesuatu yang mudah tersedia di sebagian besar rumah. Beras kering dan karena itu sangat baik dalam menyerap kelembapan di udara, yang membuat lingkungan ponsel lebih kering dan membantu mengeringkan perangkat.

Dengan itu, jika Anda dapat pergi ke toko, ada alternatif yang lebih baik. Di antara pilihan yang lebih baik adalah paket gel silika, yang merupakan paket kecil yang sering Anda temukan di kotak sepatu atau barang elektronik (dan tidak bisa dimakan). Ini tidak seperti kita semua memiliki hal-hal ini, tetapi jika Anda berpikir ke depan, Anda bisa mendapatkan penawaran bagus di Amazon.

Dan sementara kita semua siap – Anda juga dapat membeli kit penyelamat air. Saya menyukai paket EVAP dari Kensington, yang mencakup tas khusus dan paket gel silika. Kensington menyatakan bahwa ini 700% lebih efektif dalam mengeringkan kelembaban daripada beras, meskipun sulit untuk mengatakan seberapa benar klaim mereka. Namun, itu mungkin bernilai investasi.

Kesimpulan cara memperbaiki HP yang kena air

Jadi Anda melakukan semua yang Anda bisa dan beberapa hari berlalu. Saatnya untuk melihat apakah semua upaya Anda membuahkan hasil. Keluarkan telepon dari tempat Anda meninggalkannya dan satukan. Kemudian sambungkan telepon dan coba hidupkan. Jika Anda berhasil, Anda berhasil! Tetap di atas setiap perilaku aneh, setidaknya selama beberapa hari. Juga, uji semua bahan. Lakukan panggilan untuk melihat apakah mikrofon dan earphone berfungsi, uji earphone, dll.

Sekarang, jika telepon tidak berfungsi, saatnya untuk menerima kekalahan dan membawanya ke profesional dan melihat apakah itu dapat mereka selamatkan. Anda juga dapat mengklaim asuransi jika Anda memilikinya. Itu tidak terlihat seperti seorang dokter, tetapi setelah titik ini kami melakukan semua yang kami bisa. Terkadang Anda harus melepaskan ponsel.

Apakah ponsel Anda mati? Biarkan kami membantu Anda menemukan yang baru. Lihatlah daftar ponsel Android terbaik dan ponsel Android anggaran terbaik kami. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan telepon bekas atau rekondisi untuk menghemat uang.