Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus
Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi translate Bahasa Jawa krama alus terbaru dan akurat. Saat ini masih banyak orang yang menggunakan bahasa Jawa. Namun memang tidak semua orang Jawa mampu berbahasa dengan benar. Apalagi berbahasa Jawa dengan Jawa krama alus atau bahasa Jawa halus.

Aplikasi translate Bahasa Jawa krama alus

Bahasa Jawa halus ini masih dipergunakan di daerah Jawa juga. Masih banyak fungsinya terutama untuk hal-hal yang resmi dan penting seperti pernikahan atau minimal untuk pertemuan dan berbicara dengan dan orang tua.

Karena itulah pada saat ini semakin banyak juga orang yang mencari kamus bahasa Jawa krama alus.

Jadi, inilah aplikasi translate bahasa Jawa Krama Alus yang paling sering orang pergunakan.

Aplikasi translate Bahasa Jawa krama alus akurat

1. Kamus Bahasa Jawa Halus Offline

Pada zaman dahulu kamus bahasa Jawa dan juga kamus yang lain biasanya tebal dan berat. Namun sekarang bentuknya adalah aplikasi di gadget.

Aplikasi kamus bahasa Jawa ini biasanya offline. Jadi kita tidak perlu khawatir jika internet hilang.

Untuk penggunaannya juga mudah karena sudah berdasar dalam urutan abjad. Bahkan untuk pencariannya juga lebih mudah karena tidak perlu membalik banyak halaman untuk menemukan satu kata.

Anda bisa mendownload disini.

2. Translator Jawa

ini adalah aplikasi kedua yang kami rekomendasikan untuk Anda pergunakan.

Berbicara menggunakan bahasa Jawa memang ada aturan penggunaannya.

BACA JUGA:   Sistem Operasi dan Aplikasi dari Suatu Komputer Disebut dengan Istilah

Ada aturan penggunaan untuk Bahasa Ngoko atau bahasa pergaulan biasa hingga Krama Alus atau bahasa resmi.

Setiap tingkatan maka penggunaannya berbeda-beda. Untuk Bahasa Ngoko atau bahasa pergaulan biasanya kita pergunakan untuk berbicara dengan orang yang seumuran. Atau yang setara.

Untuk bahasa krama adalah bahasa untuk bercakap dengan orang yang kedudukannya lebih tinggi. Misalnya saja untuk anak yang berbicara dengan orang tua.

Untuk bahasa Krama Alus adalah tingkatan yang tertinggi. Bahasa ini kita pergunakan untuk berbicara kepada orang yang kedudukannya jauh lebih tinggi. Misalnya seorang kecil kepada kakeknya. Atau bisa juga bahasa pengantar dari MC pada saat acara pernikahan.

Atau yang paling sering adalah bahasa untuk pertemuan para pejabat Jawa dan pertemuan dengan pemuka masyarakat di Jawa.

Banyaknya tingkatan ini terkadang masih banyak orang Jawa sendiri yang bingung untuk membedakannya. Secara umum memang bahasa Krama Alus adalah bahasa yang yang tidak semua orang Jawa tahu untuk menggunakannya. Meskipun saat mendengarnya orang akan paham.

Jadi translator ini bisa menterjemahkan bahasa dari ngoko ke bahasa krama dan Krama Alus atau sebaliknya.

3. Kamus Jawa

Kita bisa belajar bahasa Jawa dengan menggunakan kamus Jawa. Aplikasi ini bisa menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa. Selain itu banyak juga fitur yang bermanfaat bagi penggunanya.

Fitur-fitur tersebut antara lain.

Yang pertama adalah fitur favorit. Fitur ini bisa menyimpan hasil terjemahan jadi kita bisa mencarinya lagi kemudian saat membutuhkan.

Yang kedua adalah fitur catatan. Jadi ini adalah fitur untuk membuat catatan sendiri tentang bahasa Jawa yang sudah kita pelajari.

Salah satu fitur yang menarik bahwa aplikasi ini sudah terhubung ke Google secara online. Jadi saat anda gunakan maka aplikasi ini bisa tersambung dengan Google Translate dan menerjemahkan ke Bahasa Jawa.

BACA JUGA:   Kenapa Laptop Tidak Bisa Nyala

4. Pepak Bahasa Jawa lengkap

Kita bisa belajar bahasa Jawa yang kita lakukan di aplikasi bahasa Jawa lengkap ini. Atau dengan kata lain pepak (lengkap) dalam bahasa Jawa.

Untuk aplikasi ini kita tidak hanya bisa belajar mengenai kosakata dan penerjemahan Bahasa Jawa saja.

Namun Kita juga bisa belajar mengenai aksara Jawa atau huruf jawa. Kemudian kita juga belajar tentang Pariban atau peribahasa. Ada juga pelajaran mengenai wayang Purwa atau pewayangan.

Selain itu kita juga bisa mendapatkan kasusastraan dan sebagainya. Jadi kita juga bisa mengenal budaya Jawa yang lebih luas dengan menggunakan aplikasi ini.

Untuk rating dari pengguna bagus dan jumlah penggunanya juga lebih dari 100 ribu orang. Jadi kami merekomendasikan aplikasi ini.

5. Aplikasi Translate Bahasa Jawa, Kamus Bahasa Jawa Online

Ini adalah aplikasi penerjemahan Bahasa Jawa kelima yang menjadi rekomendasi kami.

Bahasa Jawa memang memiliki kosakata yang lebih banyak dari bahasa-bahasa lainnya. Kemudian juga memiliki tingkatan penggunaan mulai dari bahasa Ngoko krama inggil Krama Alus.

Dengan menggunakan bantuan aplikasi bahasa Jawa online ini, maka kita bisa lebih mudah untuk menterjemahkan berbagai jenis dan dan tingkat bahasa Jawa tersebut.

Kesimpulan aplikasi translate Bahasa Jawa krama alus

Jadi itulah rekomendasi kami untuk aplikasi translate bahasa Jawa Krama Alus. Belajar bahasa Jawa memang tidak hanya menambah pengetahuan namun juga untuk melestarikan budaya. Semoga aplikasi-aplikasi di atas juga bisa tetap Lestari dan berkembang sepanjang masa.